Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dreamcity75Avatar border
TS
dreamcity75
Anies Bilang 12 Tahun Tidak Ada Penambahan Pipa Air Bersih Di Jakarta
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbicara tentang penyediaan air bersih di Ibu Kota. Anies menyebut tak ada penambahan pipa air bersih dalam 12 tahun terakhir.

Anies menyampaikan itu dalam sambutan acara rapat koordinasi Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) di Ruang Pola, Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (5/9/2018).

Baca juga: Anies Audit Fasilitas Asian Para Games agar Ramah Difabel


Sebelum berbicara tentang perpanjangan pipa air bersih, Anies lebih dulu berbicara kemampuan Pemprov DKI menyediakan kebutuhan warga Ibu Kota. Anies menyebut salah satu tantangan Pemprov DKI adalah penyediaan kebutuhan air.

"Kita semua menyadari bahwa, misal, di Pemprov DKI Jakarta, salah satu tantangan besar kita adalah memastikan basic services di perkotaan itu tertangani dengan baik," kata Anies.

Anies kemudian mengumbar data soal akses pipa air bersih untuk warga. Menurutnya, hanya 50 persen warga yang memiliki akses pipa air bersih.

"Mengapa ini penting? Sebagai ilustrasi di Jakarta, warga DKI yang memiliki akses pada air pipa di Jakarta, angkanya kalau tidak salah 57 persen. Jadi, hampir separuh itu tidak punya akses pada air bersih," ujar Anies. 

"Kalau pemerintah ditanya, what is your main job? Provide basic services. Air itu adalah hal yang paling dasar," imbuhnya.

Baca juga: Anies: Tantangan Unik Investasi di DKI dari Korupsi-Premanisme


Padahal, menurut Anies, salah satu syarat sebuah daerah bisa menjadi kota adalah adanya sumber daya air. Mantan Mendikbud itu lalu mencontohkan Kota Mekah.

"(Jakarta) kita ini jadi kota karena apa? Karena ada sumber air. Tidak ada kota di Pulau Jawa yang sungainya sebanyak Jakarta. 13 sungai melewati kota ini. Kota-kota lain tidak ada sungai yang sebanyak ini. 13 sungai melewati tempat ini dan Mekah juga tidak jadi Mekah kalau tidak ada air zamzam di situ. Sungai, air, awalnya dan kita di sini yang punya akses," terang Anies.

Saat inilah Anies menyinggung perpanjangan pipa air bersih di Ibu Kota. Dia menuturkan selama belasan tahun terakhir tidak ada perluasan akses pipa air bersih di Ibu Kota.

"Nah, sekarang kita cek bagaimana kinerja kami? Ternyata, dalam 12 tahun terakhir ini, tidak pernah ada proses penambahan pipa kepada masyarakat. 12 tahun!" tutur Anies.

"Jadi, lalu uang kita ke mana? Mana yang monitoring? Kalau kita berjanji melaksanakan basic services, beres nih. Where are we? AIIPI tidak menjadi yang menyalakan tombol, makin macet nanti ke depan. Kami mohon bantuan ini, basic services," sambungnya.

Brarti kinerja gubernur dan wakilnya jakarta sd saat pa anis baswedan menjabat krg bagus dong utk pengadaan penambahan pipa air bersih?

Sumber : detik.com

emoticon-Bingung

1
1.8K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan