Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tritmaker.copasAvatar border
TS
tritmaker.copas
Preman, Modal Rusuh Jadi Uang




Hello Juragan..
Met Page , siang , sore , malam
Welkom Di trid Ane Nih Gan..



Semua kaskuser pasti tau dengan namanya Preman, dari kamus bahasa Indonesia arti Preman juga beragam, dan lebih kerennya ternyata Kata "Preman" ini berasal dari Bahasa Belanda yaitu "Vrijman"yang maknanya adalah orang bebas atau merdeka (keren cuy bahasa belanda emoticon-Leh Uga)
Ada pula yang berpendapat kalau kata Preman berasal dari bahasa Inggris yaitu "Free & Man" yang berarti orang yang diberikan kebebasan atau penghargaan atas perkerjaan atau jasa yang telah mereka lakukan.

Namun kata preman di Indonesia secara umum berkonotasi negatif yang artinya sekelompok atau orang yang mendapatkan penghasilannya terutama dari pemerasan masyarakat lain.



Baru-baru ini sekitar awal bulan Juli 2018 berbagai macam media mengangkat pemberitaan dari sebuah video yang terlihat sesosok preman yang dikabarkan adalah pentolan terminal merak bernama "Geesper" sedang mewek dengan muka babak belur setelah dihajar aparat karena menantang aparat tersebut.

Dan di akhir bulan Agustus 2018 viral sebuah video penangkapan preman berkedok security oleh Tim Jatanras Satreskrim Polres Metro Jakbar. Dalam video tersebut terlihat kelompok preman berpakaian security merusak dan menghancurkan bangunan warga, dan di akhir video tampak petugas aparat berpakaian preman datang dan menangkap para preman yang sangat meresahkan warga masyarakat.



Dari beberapa contoh di atas terlihat bahwa pemberantasan preman oleh petugas berwajib masih sangat sulit untuk diberantas dan tetap tumbuh di berbagai tempat, walaupun upaya kepolisian melalui Operasi Pekat (Penyakit Masyarakat) rutin dilakukan.


Namun tak sedikit pula jasa - jasa preman digunakan oleh pengusaha untuk melancarkan bisnis dan usahanya agar berjalan mulus dan lancar, seperti beberapa usaha berikut ini :


Jasa Penagihan



Jasa penagihan ini kerap sekali digunakan oleh lembaga keuangan, rata-rata pekerjaan sebagai debt collector dilakukan oleh seorang preman. Bermodalkan tampang sangar dan seram serta berpostur tubuh gede lumayan efektif membuat ciut nyali kreditur yang menunggak atau mengemplang pembayaran kredit.

Mungkin salah satu selebritis di dunia premanisme ibu kota yaitu Jonh Refra atau Jonh Kei dan Hercules. Sudah tak diragukan lagi prestasinya di dunia premanisme, dengan ratusan hingga ribuan anggota yang ia pimpin, Jonh Key dan Hercules sukses membuat usaha jasa penagihan.


Jasa Kawalan Truk Ekspedisi



Seperti pada trit ane sebelumnya yaitu Menguak Keseraman Jasa Kawalan Truk Ekspedisi dimana para anggota yang tergabung dalam jasa kawalan truk sebagian besar adalah preman, para anggota harus bisa memastikan truk yang melakukan perjalanan terbebas dari aksi bajing loncat, perampokan ataupun pemalakan saat dijalan.

Dengan jaringan yang tersebar di berbagai wilayah/daerah kelompok jasa pengawalan yang juga dipimpin oleh preman yang cukup disegani, bisnis pengawalan kerap di gunakan oleh pengusaha bisnis angkutan barang.


Keamanan Tempat Hiburan Malam



Bagi pecinta dunia hiburan malam tentu tidak asing dengan wajah petugas keamanan di tempat hiburan, walau sebagian ada yang merupakan petugas resmi namun tak sedikit dari mereka yang merupakan preman-preman bayaran yang ditugaskan untuk melerai perkelahian antar pengunjung atau yang bikin onar.

Tak jarang juga preman tersebut digunakan untuk menghalau aparat berwenang yang hendak melakukan razia di tempat yang ia jaga.


Petugas Parkir Liar



Petugas parkir liar ini biasanya beraksi atas perintah si Boss preman atau atas kemauan sendiri. Dimana ada sedikit lahan dan keramaian disitu pasti ada petugas parkir ini.

Aksi mereka cukup meresahkan bagi sebagian besar masyarakat karena mereka kerap meminta uang parkir dengan nominal yang tidak masuk akal, jika kita menolak mereka tak segan-segan mengancam/mengintimidasi kita.

Uniknya petugas parkir liar ini kerap muncul secara ghoib, pas kita datang mereka gak ada, pas kita mau cabut baru nongol.
emoticon-Cape deeehh

===

Dari beberapa contoh di atas terlihat bahwa menjadi seorang preman tidaklah sulit dan tidak perlu keahlian khusus, cukup punya nyali dan keberanian saja sudah cukup untuk preman kelas ecek-ecek. Namun juga diperlukan preman yang cukup pintar untuk beberapa tugas penting karena ada beberapa tugas yang membutuhkan pengetahuan/wawasan dan strategi yang wajib dimiliki oleh preman itu sendiri.

Mungkin masih banyak lagi bentuk preman yang tidak ane tulis di atas dengan berbagai macam modus operandi untuk mendapatkan uang. Yang jelas aksi premanisme cukup merugikan masyarakat dan hanya menguntungkan kelompok tertentu.

Kira-kira apa penyebab dari maraknya aksi premanisme dan apa solusinya? Atau kaskuser punya cerita maupun pengalaman tentang aksi preman/isme ?


Sumber : Tulisan Sendiri
Ilustrasi : Google Images


Diubah oleh tritmaker.copas 06-09-2018 13:49
1
11.4K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan