Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Sundang Majapahit, Bela Diri Asli Nusantara Yang Kini "Dikuasai" Filipina

HOT THREAD KE 268
*03 September 2018*





Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Sudah pada tahu kan kalau Indonesia menjadi juara umum cabang olah raga pencak silat Asian Games 2018 ini? Berkat pencapaiannya ini, Indonesia bahkan mengusulkan agar cabor ini bisa masuk pada ajang Olimpiade yang akan berlangsung di Tokyo, Jepang pada tahun 2020 mendatang.


Meski berat, namun jika usul ini di terima, maka Indonesia bisa berbagga karena salah satu bela diri asli Nusantara dan sangat populer di Indonesia ini bisa di pertandingkan di kancah dunia. Tak hanya bangga, peluang Indonesia untuk bisa menyabet emas dari cabor ini pun terbuka lebar, karena kalau di lihat dari prestasi kontingen pencak silat Indonesia di Asian Games 2018, belum ada negara yang kuat yang akan menjadi saingan Indonesia di cabor ini.

Namun tahukan GanSis, kalau bela diri asli Nusantara itu tak hanya pencak silat saja? Masih ada bela diri lain yang asli Nusantara tapi di Indonesia kini justru tak di kenal. Bela diri itu bernama Sundang Majapahit. Bela diri ini di ketahui usianya lebih tua jika di banding dengan pencak silat. Yang lebih mengejutkan, bela diri ini sekarang ini justru populer dan di kembangkan di Filipina? Kok bisa?


Nama Sundang Majapahit sendiri di sinyalir berasal dari nama kerajaan yang dulunya bercokol di Nusantara, Majapahit. Bela diri Sundang Majapahit ini sendiri merupakan bela diri yang di ajarkan pada pasukan elit Kerajaan Majapahit. Namun setelah Kerajaan Majapahit mengalami kehancuran, bela dirinya pun ikut menghilang di telan bumi. Pun begitu juga dengan kerajaan di bawah Majapahit yang sebelumnya di ajarkan bela diri ini juga mengalami nasib yang sama.

Tinggal tersisa satu kerajaan saja yang masih bertahan, yaitu Kerajaan Sulu di Filipina. Kerajaan ini lah yang di duga mengembangkan bela diri Sundang Majapahit di Filipina, hingga akhirnya bela diri ini terus di kembangkan di sana hingga sekarang. Di Filipina, Sundang Majapahit lebih di kenal dengan nama Kali Majapahit. Dan lebih hebatnya lagi, Kali Majapahit merupakan bela diri yang wajib di pelajari pasukan khusus militer dan kepolisian di Filipina.


Seni bela diri yang satu ini merupakan salah satu ragam kesenian yang memadukan pertahanan, perlindungan, serta pembelaan diri dan merupakan perpaduan antara seni bela diri militer Kerajaan Singosari di Jawa Timur dan Kerajaan Dharmasraya di Sumatera Barat.

Menurut sejarah, Kali Majapahit ini awalnya di perkenalkan oleh Mahesa/ Lembu Anabrang. Ia adalah laksamana Singosari yang pada akhirnya bernaung di bawah panji Majapahit. Bela diri ini kemudian di ajarkan pada pasukan elite Majapahit. Bela diri ini sendiri di klaim sebagai bela diri yang mematikan, apalagi jika di kombinasikan dengan penggunaan keris dan pedang.






Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini dan Ini
Sumur Gambar : Om Google






Diubah oleh powerpunk 04-09-2018 13:15
0
15K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan