Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rizkalailianaAvatar border
TS
rizkalailiana
Pernah Merasa Terjatuh Saat Tertidur? Ternyata Ini Sebabnya Gan!


Pernah gaksih Gan, merasa seolah-olah terjatuh dari ketinggian saat Agan2 tertidur nyenyak?? Tenang-tenang, hal tersebut biasa dialami banyak orang kok Gan, Biasanya kalian yang mengalami hal ini akan terbangun secara tiba-tiba (kaget) karena merasa seakan-akan terjatuh dari gedung tinggi atau jurang yang dalam. Ternyata ada penjelasan ilmiah dan cara pencegahannya nih gan, cekidot ya!


Fenomena terjatuhnya Agan2 saat tertidur disebut juga "Hypnic Jerk", yaitu kondisi dimana tubuh Agan mengalami kejang/kaget secara tiba-tiba. Hypnic Jerk terjadi pada tahapan Polisomnografi, yaitu tahapan sebelum masuk ke dalam tahap mimpi. Hypnic Jerk merupakan hal yang biasa terjadi pada orang banyak tetapi jangan sampai hal ini disepelekan jika terjadi terus menerus.


Penyebab umum dari fenomena Hypnic Jerk ini disebabkan oleh banyak hal meliputi rasa lelah, stress, rasa cemas, serta perasaan tidak nyaman termasuk juga konsumsi dari kafein. Perlu Agan ketahui bahwa saat tertidur, gelombang otak akan bekerja lebih lambat dan gerakan tubuh yang secara tiba-tiba bangun/tersentak itu merupakan akibat dari tubuh lelah sehingga tidak melalui tahapan tidur yang normal pada semestinya.




Nah, untuk menghindari Hypnic Jerk agar tidak sering terjadi, Agan perlu mengatur dosis kafein pada tubuh Agan, selain itu kurangnya tidur yang cukup, stress secara berlebihan, serta aktivitas fisik yang terlalu berat juga perlu diperhatikan agar Agan tidak terlalu sering mengalami Hypnic Jerk.


Kemudian ada baiknya sebelum Agan tidur, gunakanlah teknik relaksasi untuk tubuh Agan agar dapat tidur dengan nyaman dan tenang. Hal terpenting lagi sebelum tidur, Agan jangan lupa doa ya hehe...



emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Sumber :


- http://wow.tribunnews.com/2017/12/31/sering-merasa-terjatuh-saat-tidur-ternyata-itu-hal-alami-terjadi-begini-penjelasan-ilmiahnya?page=3


0
1.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan