Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Tanggung Jawab, Sesuatu Hal yang Sering Terlupa
Hidup yang kita jalani tak lepas dari aturan-aturan yang mengikat, hidup manusia tentunya selalu berkaitan dengan satu sama lain karena manusia adalah makhluk sosial. Dalam menjalani kehidupannya tentu manusia tak bisa sepenuhnya bebas sebebas-bebasnya, akan tetapi kebebasan yang dimilikinya memiliki batas dan seringkali terhalang oleh aturan-aturan yang dibuat oleh manusia itu sendiri. Hidup manusia tentunya tak lepas dari hak dan kewajiban, setiap manusia tentunya memiliki hak untuk mendapatkan hal-hal penting dalam dirinya, namun disisi lain tentu manusia punya kewajiban yang harus ditunaikan, seperti hubungan kita dan negara, kita memiliki hak untuk dilindungi negara, namun disisi lain kita memiliki kewajiban harus ikut membantu membangun negeri ini dengan berbagai hal seperti membayar pajak dan lain sebagainya.


Credit : tribunnews.com


Tanggung jawab, sesuatu yang selalu ada dalam kehidupan kita. Setiap manusia tentunya punya tanggung jawab tersendiri yang harus ditanggungnya. Dalam lingkup pribadi tentunya kita bertanggung jawab akan kesehatan dan keselamatan diri kita sendiri. Dalam konteks luas seperti dalam rumah tangga pastinya setiap pasangan memiliki tanggung jawab masing-masing, begitu juga dalam urusan perusahaan, organisasi hingga pemerintahan tentunya ada tanggung jawab yang harus dipikul saat seseorang menduduki jabatan tertentu.

Sifat tanggung jawab tentunya harus dimiliki oleh setiap orang agar senantiasa bertanggung jawab tentang tugas atau beban yang diterima olehnya untuk bisa dijalankan sebaik mungkin. Tak dapat dipungkiri memang setiap manusia dalam hidupnya memiliki peran masing-masing yang tak sama, tentunya untuk bisa memainkan peran dalam kehidupannya secara baik tentu harus memiliki sifat tanggung jawab dalam dirinya. Setiap ada tugas atau jabatan, orang yang bertanggung jawab tentunya akan melaksanakan dan menyelesaikan tugasnya dengan baik, tak ada setengah hati dalam melaksakan tugasnya karena itu sudah merupakan kewajibannya.

Bagi bangsa ini tentunya orang-orang yang memiliki sikap tanggung jawab sangatlah diperlukan, terutama bagi para wakil rakyat dan pemerintah yang menjalankan tugasnya untuk membangun negeri ini menjadi lebih baik lagi. Dalam realitanya memang seringkali ada para wakil-wakil rakyat di pemerintahan yang tak bertanggung jawab dan mengabaikan tugas yang diembannya hingga tak jarang mereka terjerat tindak pidana seperti kasus suap, kasus korupsi dan lain sebagainya.


Credit : beritatransparansi.com


Tanggung jawab, sesuatu hal yang berharga namun seringkali dilupakan dan dikesampingkan dalam hidup oleh sebagian orang, padahal setiap orang pasti punya tanggung jawabnya masing-masing. Andai setiap orang bertanggung jawab akan setiap tugas dan beban yang dimilikinya tentu kehidupan ini akan terasa lebih indah untuk dijalani. tanpa adanya rasa tanggung jawab dalam setiap orang tentu hidup ini akan terasa carut marut untuk dijalani dan mungkin akan menimbulkan banyak problema kehidupan.

Janganlah ragu untuk menjadi seseorang yang memiliki rasa tanggung jawab, karena setiap tugas atau jabatan adalah amanah yang harus ditunaikan dan diselesaikan dengan baik. Belajar untuk bertanggung jawab tentunya bisa dimulai dari hal kecil dan sederhana sebelum memangku tanggung jawab yang besar. Lantas bagaimana dengan kita? sudahkan memiliki sifat tanggung jawab dalam setiap diri kita? demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber 1
Sumber 2
Sumber gambar via google images
2
14.5K
166
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan