kangmontir78Avatar border
TS
kangmontir78
Beda Ganti dan Kuras Oli Transmisi Otomatis
Beda Ganti dan Kuras Oli Transmisi Otomatis

Kalo diliat secara harfiah, antara ganti dan kuras oli punya kemiripan makna. Padahal kedua perawatan pada mobil itu punya fungsi dan peruntukkan yang berbeda. Bahkan effort dan dana yang Agan keluarin bedanya lumayan jauh.

Ganti oli

Dalam perawatan berkala, setiap mobil transmisi otomatis sebisa mungkin mengganti oli transmisi setiap 15.000 km - 20.000 km. Menurut mekanik, hal ini patut dilakukan untuk menjaga keenceran dan kualitas oli tetap baik. Sehingga pelumasan pada sistem transmisi tetap terjaga dan berumur panjang.

Proses ganti oli transmisi biasanya membutuhkan 4 liter saja. Buat estimasi, oli matic Avanza yang 4 liter itu Rp 380.000. Kalo Agan ganti di kedai oli biasanya jasa udah termasuk di pembelian oli alias gratis jasa ganti oli.

Pengerjaannya tidak lama dan tidak dibutuhkan alat khusus. Cukup buka baut pembuangan oli transmisi, semprot pake angin di lubang pengisian biar olinya turun. Setelah itu tutup baut pembuangan, isi oli sesuai kapasitasnya.



Kuras oli

Nah, berbeda dengan kuras oli Gan. Perawatan berkala yang satu ini dilakukan setiap mobil udah menempuh jarak 100.000 - 150.000 km, atau sudah berumur 3 tahun.

Proses ini punya cakupan yang luas ke semua sistem transmisi. Fungsinya jelas menjaga keawetan komponen secara menyeluruh serta membuang semua kotoran yang mengendap di beberapa tempat terkecil.

Berbeda dengan ganti oli, proses kuras ini membutuhkan alat khusus yang memiliki tekanan besar untuk mendorong oli serta sirkulasi hingga ke tempat-tempat terpencil. Pengerjaannya pun cukup lama dibanding proses ganti oli.



Oli yang digunakan pun lebih banyak, biasanya sampai dengan 12 liter. Jadi sekali melakukan proses kuras oli, Agan harus merogoh kocek 3 kali lebih besar dari ganti oli.

Biasanya mekanik akan menyarankan proses ini ketika transmisi matik mobil Agan dah mulai lemot atau ndut-ndutan. Nah, pas bayar Agan jangan kaget kalo harganya cukup mahal dan menggunakan oli 3 kali lebih banyak dari proses ganti oli.

Nah, jadi jangan sampe salah order ke mekanik ya Gan, mau ganti atau kuras oli?
azid12353
azid12353 memberi reputasi
3
24.1K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan