exorioAvatar border
TS
exorio
Prosedur Pembayaran Tilang

Photo : RTMC Ditlantas Polda Jatim


Emang engga enak ditilang gan, makanya kalo berkendara itu lebih tertib jangan cuma kalo ada yang jaga aja baru tertib emoticon-Big Grin

Tapi kadang suka lengah jadi rambu ga perhatiin atau emang pas lagi nyasar jadi kurang familiar sama daerah yang lagi ditelusuri.

Bolehlah agan jarang kena tilang, tapi biasanya kalo udah kejadian baru nyari-nyari solusinya.

Jadi pertama-tama kita bahas dulu soal jenis slip tilang.

Nah gini gan, ada 2 slip tilang. Slip merahdan biru. Kebalikan dengan apa yang selama ini beredar, warna slip ini bukan masalah ngakuin kesalahan atau tidak, tapi soal penggunaan prosedur e-tilang.



Perbedaan Surat Tilang Merah dan Biru


1. Surat tilang merahdiberikan untuk pelanggar yang tidak mau menggunakan sistem e-tilang. Surat agan disita dan hanya bisa diambil setelah memenuhi denda/dakwaan hakim.

2. Surat tilang biru diberikan untuk pelanggar yang menitipkan denda tilang dengan sistem e-tilang. Surat agan bisa langsung dibawa, namun agan harus membayar denda maksimum di depan sesuai dengan pelanggaran yang agan lakukan dan mengambil kembalian/kelebihan pembayaran setelahnya.



E-Tilang (Surat tilang biru)


Prosedurnya agan membayar denda maksimumdi BRI, kemudian ambil kembaliannya setelah dakwaan dijatuhkan/vonis ditetapkan.

Proses pengembalian kembalian denda ini cenderung rumit dan berbelit. Karena agan harus minta surat dakwaan/surat kelebihan pembayaran, dan mengambil kembaliannya di BRI lagi.



Mengikuti Sidang


Sidangnya dimana ya? Tanya petugas yang nilang agan, tapi biasanya di pengadilan negeri tempat agan kena tilang, kalo ga yakin ya apa salahnya nanya. Kapan tanggal sidangnya? Biasanya tempat dan waktu dituliskan di surat tilangnya.



Nah kalo ikutin sidang, baiknya dari pagi aja gan. Ambil nomer antrian di loket, tanya di ruang sidang yang mana. Kalo udah dapet nomer antrian dan udah tau ruang sidang yang mana, tunggu sampai nomer agan dipanggil.

Kalo udah dipanggil agan duduk di kursi terdakwa, hakim jatuhin besaran nominal denda, langsung bayar di meja pembayaran, ambil barang sitaan, beres.



Melewati Sidang


Mulai tahun lalu (2017), pelanggar boleh tidak mengikuti sidang. Prosedurnya gimana? Tunggu seminggu atau dua minggu (ane waktu itu malah lewat beberapa bulan), sampai barang sitaan sempat diproses dan dikirimkan ke kantor kejari tempat agan ditilang.

Kalo udah, langsung datang ke lokasi, minta nomer antrean (kalo ga salah KTP agan juga diminta untuk mencocokkan barang sitaan berupa SIM). Begitu nomer agan dipanggil, bayar sebesar nominal denda yang dijatuhkan ke agan, ambil KTP dan SIM agan, beres.



Cash on Delivery


Ini entahlah ane belon cobain. Dan semoga aja ga perlu sampe nyobain emoticon-Embarrassment

Tapi kemaren baca-baca, ada prosedur ini. Intinya ntar barang sitaan dianterin ke rumah agan, dan agan bayar ditempat. Kemungkinan besar ada tambahan biaya untuk deliverynya gan.

Intinya, ane gelap soal yang satu ini, jadi monggo research sendiri.



Nominal Besaran Denda


Spoiler for Tanya-Jawab:




Penutup


Semoga jelas ya. Ya paling bagus jangan sampe ditilang deh gan. Kalo kena tilang, ya itu coba baca pelan-pelan diatas cara pembayarannya. emoticon-Toast

Mungkin bisa dibeberin pengalamannya? Atau mau koreksi? Boleh, taro aja di reply di bawah ya gan emoticon-Toast
Diubah oleh exorio 23-08-2018 03:21
antonisalim007
antonisalim007 memberi reputasi
3
18.7K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan