Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

konektyAvatar border
TS
konekty
Survei: Jokowi Unggul di Jakarta, Jabar, dan Banten


Koran Sulindo – Survei lembaga penelitian Alvara Research Center menunjukkan elektabilitas Presiden Joko Widodo di tiga provinsi lebih unggul dibandingkan pesaingnya Prabowo Subianto. Survei dilakukan sebelum pendaftaran capres-cawapres.

“Joko Widodo lebih unggul dibandingkan Prabowo masing-masing di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten,” kata CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali, di Jakarta, Kamis (23/8/2018), melalui rilis media.

Di Jakarta, elektabilitas Jokowi sebesar 55,6 persen dan Prabowo Subianto mendapat 25,4 persen. Di Jawa Barat, elektabilitas Joko Widodo 47,7 persen dan Prabowo 34,4 persen. Sedangkan di Banten elektabilitas Joko Widodo 56 persen diikuti Prabowo 28,7 persen.

Di Jawa Barat dengan selisih hanya 13,2 persen, elektabilitas kedua kandidat akan semakin ketat seiring dengan berlangsungnya berbagai kampanye dari kedua pasang kandidat.

“Dibandingkan DKI Jakarta dan Banten, masyarakat Jawa Barat memiliki tingkat kepuasan publik yang rendah terhadap kepemimpinan Jokowi-JK. Hal ini menjadikan wilayah tersebut akan menjadi ladang pertempuran yang sangat sengit diantara kedua pasang kandidat,” katanya.

Survei di DKI Jakarta menggunakan multistage random sampling dengan melibatkan responden berusia 17 tahun ke atas. Sampel tersebar di DKI Jakarta sebanyak 1.237 responden. Rentang margin of error sebesar 2,84 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei di Jawa Barat juga menggunakan multistage random sampling dengan melibatkan responden berusia 17 tahun ke atas. Sampel diambil di Jawa Barat sebanyak 1.200 responden. Rentang margin of error sebesar 2,88 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara survei di Banten menggunakan multistage random sampling dengan melibatkan responden berusia 17 tahun ke atas. Sampel tersebar di Banten sebanyak 1.201 responden. Rentang margin of error sebesar 2,88 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Jabar
Hasil survei menunjukkan dari aspek popularitas, Joko Widodo meraih 98,7 persen, dengan top of mind 61 persen, sementara popularitas Prabowo Subianto mengikuti dengan popularitas 97,2 persen dan top of mind 34,9 persen.

“Kekuatan Prabowo masih cukup terlihat di Jawa Barat sebelum penetapan paslon dengan top of mind beliau yang cukup besar,” katanya.

Pada simulasi terbuka, elektabilitas Joko Widodo (47,7 persen) dan Prabowo (34,4 persen) masih lebih unggul dibanding nama tokoh lain di Jawa Barat. Secara wilayah, elektabilitas Joko Widodo unggul di Bandung Raya, Bekasi Raya dan Cirebon Raya serta Bogor Raya. Sementara Prabowo unggul di Tasikmalaya Raya.

“Meskipun saat ini di sebagian besar wilayah Jawa Barat, Jokowi unggul. Di Tasikmalaya Raya, Prabowo lebih unggul. Dan di Bogor Raya, wilayah dengan jumlah pemilih yang cukup besar di Jawa Barat, selisih elektabilitas kedua tokoh tersebut pada simulasi terbuka tidak berbeda signifikan,” katanya.

Secara head-to-head, Joko Widodo unggul dengan elektabilitas sebesar 49,5 persen dibandingkan Prabowo (36,3 persen) dan yang belum memutuskan (14,2 persen).

Menurut Hasanuddin, Jokowi yang merupakan petahana seharusnya memiliki elektabilitas yang melebihi 50 persen. Di sisi lain, tingkat elektabilitas Prabowo di Jawa Barat ini sebelum penetapan capres-cawapres sehingga diprediksi selisih elektabilitas akan sangat dinamis seiring dengan masa kampanye. Menurut Hasanuddin, persaingan ketat antara Jokowi dan Prabowo ini terjadi karena kepuasan Jawa Barat Jokowi-JK hanya mencapai 67,5 persen.

“Hal ini bisa menjadi salah satu faktor pergerakan elektabilitas kedua tokoh di Jawa Barat masih dapat terus berubah. Hal ini, menjadikan wilayah tersebut akan menjadi ladang pertempuran yang sangat sengit diantara kedua pasang kandidat,” katanya.

Baca Selengkapnya : https://koransulindo.com/survei-joko...ar-dan-banten/
0
1.5K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan