granitydavidAvatar border
TS
granitydavid
Berkenalan dengan haemodialisa(cuci darah)
Hai agan dan sista, emoticon-Hai
kenalin ane salah satu penderita gagal ginjal, dan kini sedang rutin menjalani proses cuci darah 2x seminggu.
nah disini ane mo jelasin beberapa hal tentang cuci darah ini, soalnya mayoritas orang yang ane temui pasti mengira kalo cuci darah itu proses yang menyakitkan dan seram. Padahal mah enggak gitu. mulai aja ya gan.

1.Apa itu Gagal Ginjal dan Akibat yang ditimbulkan
Gagal ginjal itu suatu kondisi dimana kinerja ginjal agan sudah menurun atau bahkan berhenti total, sehingga mempengaruhi proses metabolisme tubuh dimana racun tidak dapat dikeluarkan sepenuhnya dan akhirnya menumpuk di dalam tubuh manusia. selain proses pengeluaran racun, ginjal juga berperan dalam pembentukan sel darah. jika seseorang menderita gagal ginjal maka kadar racun (kreatinin dan ureum, yang secara alami ada di dalam semua makanan yang kita konsumsi) akan naik dalam tubuh dan mengakibatkan beberapa gejala seperti mual, tidak nafsu makan, berat badan menurun, pusing, gatal disekujur tubuh, halusinasi, brain fogging. Jika tidak segera ditangani bisa berakibat fatal. 
Selain itu gagal ginjal juga akan mengakibatkan penurunan kadar Hemoglobin dalam darah, hal ini dapat mengakibatkan halusinasi(ini pengalaman pribadi gan, hehe).
selain kadar kreatinin dan ureum yang naik, kadar fosfor dan kalium juga akan naik, kalium akan mengakibatkan jantung berdebar-debar dan sesak nafas, sedangkan fosfat akan mengikat kalsium dan mengurangi penyerapan kalsium dalam tulang sehingga akan terasa nyeri sendi. dan juga kadar fosfor yang tinggi akan mengakibatkan gatal gatal di sekujur tubuh.
selain itu, karena ginjal juga sudah tidak bisa mengeluarkan air dengan maksimal, maka air akan menumpuk ditubuh dan mengakibatkan bengkak di kaki dan sesak nafas.

2. Penyebab Gagal Ginjal
Dari yang ane diberitahu sama dokter ane, penyebabnya ada beberapa nih gan,
a. Diabetes
b.Hipertensi
c.Faktor genetik(keturunan)
d.Mengkonsumsi Alkohol/pengawet

3. Penanganan Gagal Ginjal
Untuk penanganannya ada 2 cara nih gan, yang pertama itu adalah cangkok ginjal. Namun biaya untuk cangkok ginjal ini sangat besar gan, bisa mencapai 1 Miliar Rupiah, belum lagi donor yang susah dicari, dan untuk mencari donor yang tepat itu butuh usaha yang tidak mudah, karena kalau kurang tepat sedikit saja, maka ginjal tersebut bisa ditolak tubuh dan malah menimbulkan komplikasi.
cara berikutnya adalah dengan proses cuci darah gan. ada proses cuci darah yang dilakukan di rumah sakit dan ditangani oleh perawat, atau ada juga yang bisa dilakukan dirumah sendiri atau lebih dikenal dengan nama CAPD (Continous Ambulatory Peritonal Dialisis). namun CAPD ini rentan terkena infeksi gan apabila tidak diperhatikan kebersihannya.

4. Proses Cuci Darah
Nah sampe nih gan di topik yang mo ane bahas. jadi gini gan, banyak yang berpikir kalo cuci darah itu darah kita dikeluarkan trus diganti darah baru, trus prosesnya sakit. padahal mah g gitu gan. 
jadi proses cuci darah itu, dimulai dengan mengakses pembuluh darah kita dengan menusukkan jarum di titik tertentu, kalo baru mulai cuci darah biasanya jarumnya ditusukan ke lengan dan ke pangkal paha gan. setelah itu darah akan mengalir melalui selang yang di pangkal paha ke mesinnya, di mesin itu ada satu tabung yang namanya dialiser, nah tabung ini yang menjadi pengganti ginjal untuk menyaring zat berbahaya yang ada di dalam darah gan. setelah itu dari tabung itu darah akan mengalir melalui selang lagi menuju ke lengan untuk masuk lagi ke tubuh. proses ini biasanya berlangsung sekitar 4,5 jam, jadi darah agan dialirkan terus ke mesin itu untuk disaring. proses ini tuh g sakit sama sekali gan. bisa disambil makan, main atau tidur. jarum yang digunakan seukuran jarum yang biasanya pas mo donor darah gan. dibawah ini ada gambar mesinnya nih gan 

nah setelah beberapa kali cuci darah biasanya dokter akan menyarankan agan melaksanakan operasi memasang sebuah selang di leher untuk akses yang lebih baik agar tidak perlu menggunakan jarum lagi. namun cara ini hanya bisa untuk maksimal 6 bulan, setelah itu harus diganti lagi selangnya, dan biaya operasinya cukup mahal gan, 7 Juta Rupiah.
namun ada cara satu lagi gan yaitu operasi cimino, operasi ini untuk menggabungkan pembuluh vena dan arteri yang ada di lengan agan, agar pembuluh darah agan menjadi tebal dan tidak gampang rusak jika ditusuk dengan jarum. setelah agan menjalani operasi ini akses cuci darahnya hanya akan melalui lengan seperti gambar diatas gan. namun ada pantangannya gan, tangan yang ada ciminonya tidak boleh mengangkat beban berat, tidak boleh ditensi dan tidak boleh ditindih. tapi ini adalah cara yang paling umum dipilih sama pasien gagal ginjal gan soalnya tidak merepotkan dan ini permanen jadi g usah operasi lagi, kecuali jika agan melanggar pantangannya trus pembuluh darahnya g bisa dipakai lagi, itu harus operasi ulang.

nah gitu gan proses cuci darah, g seram kan? malah asik loh gan bisa sambil ngecengin suster cantik emoticon-Hammer2

jadi agan sista sekalian jagalah kesehatannya, karena kesehatan itu mahal walaupun sudah ada bpjsemoticon-Wakaka

bagi cendolnya ya gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
kalo mo nanya soal cuci darah silahkan aja gan, ane jawab semampunya.

Spoiler for Sumber:


0
3.1K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan