mundirasrorAvatar border
TS
mundirasror
anak terlambat bicara
ane cuma mau share aja gan pengalaman ane sama jagoan ane. namanya ibra. sekarang usia 3,5 tahun.
dulu waktu ibra usia 2 tahun ada sedikit keanehan yaitu dia belum bisa manggil ayah atau ibu. padahal fisikly dia terlihat normal dan sehat.
disarankan oleh keluarga cek ke dokter barangkali bisu atau tuli, ternyata normal semua (yaiyalah.. ada gledek aja dia ketakutan minta peluk).
akhirnya ibra didiagnosa speech dellay / keterlambatan bicara, penyebabnya (kata dokternya) banyak banget gan, tapi untuk ibra kemungkinan karena kegagalan imunisasi saat usia 6 bulan (dia sampe gak nafas beberapa menit :'( ...) dan kurang dilatih bicara dan yg terakhir yg paling penting, ibra terlalu banyak nonton tv. maen gadget. dan nonton film di hp.
dokter ngasih solusi agar diterapi wicara dan okupasi. wuih. sumpah. saat pertama kali ane terapiin ibra. ane bawaannya marah2 dan sebel, soale anak ane nangis teriak2 muntah dan kayak disiksa habis2an (nb: dia ditaruh didalam ruangan tertutup dan tdk boleh didampingi ortu)
ane ngambek setahun stop terapi
terus setelah didesak berbagai pihak. ane tekatin lagi mulai terapi pas ibra udah 3th
jadi sekarang udah jalan 6bln
alhamdulillah
dia udah bisa manggil ayah dan ABUK. Emoh. Dan berbagai suku kata yang pengucapannya agak cadel
catatan selain speech dellay. anak ane juga gak pernah bisa duduk diam gan. lari larian terus. dan gak pernah takut ama siapapun juga selain ayahnya :-(
bagi agan aganwati yang punya pengalaman masalah yang mirip ane silahkan share dimari ya. buat pembelajaran dan pengetahuan bagi yang lain dan juga agar tidak sampai terlambat dalam mengantisipasi
1
2.7K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan