Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tehhangat2100Avatar border
TS
tehhangat2100
Pengalaman Rekrutmen PT. Bukalapak.com
Hai guys, selamat datang lagi di tulisan gw. Semoga kalian masih tetap bahagia yaa, dan salah satu cara untuk selalu merasa bahagia adalah dengan sering-sering mampir ke Tulisan gw. Hehehe.
Kali ini gw mau sharing pengalaman gw sewaktu ikut seleksi karyawan baru di Bukalapak. Siapa yang gak kenal perusahaan market place ini coba? CEO-nya aja emoticon-Lempar Bata asli pribumi, bukan naturalisasi. Ditambah lagi dengan konsep dekorasi, fasilitas, dan layout kantornya yang dibuat mirip ala suasana kantor pusat Google di Amerika.
Bukalapak sendiri memiliki kantor pusat di Plaza City View, Kemang, Jakarta Selatan, tepatnya ada di lantai 1 dan 2. Karyawan di Bukalapak juga bebas banget mau pake baju apa setiap harinya, celana pendek boleh, celana jeans boleh, pake singlet doang juga boleh, lo mau tampil ganteng atau cantik boleh, maksain buat jelek juga boleh, mungkin dari rumah gak sempet dandan kan. Hahaha. Maaf becanda.

Saat itu gw lagi jadi jobseeker, setelah gw memutuskan resign dari pekerjaan gw yang lama di salah satu lembaga pemerintah di bawah Kementerian yang ngurusin beasiswa studi lanjutan. Walaupun banyak yang menyayangkan keputusan gw saat itu, karena gaji yang gw terima setiap bulannya udah lumayan bikin comfort zone banget, ditambah gak ada pengeluaran untuk makan dan transport harian karena gw disiapin mess/wisma untuk tinggal sehari-hari, tapi itu cuma pemanis cerita aja karena sebenarnya pekerjaan gw berat banget dan super duper tinggi ritme kerjanya. Maklum, kerja di pemerintahan harus selalu bisa memberikan hasil yang sesuai harapan, atau bahkan harus melampaui harapan, terserah deh prosesnya lo mau jungkir balik gimana, pokoknya hasil kerja harus perfect.

Balik lagi ke rekrutmen Bukalapak, gw memutuskan untuk melamar kerja ke Bukalapak. Gw ngerasa tertarik banget buat kerja di bidang ecommerce, alasannya karena gw tertantang aja buat kerja di dunia itu. Akhirnya gw apply lamaran ke Bukalapak, waktu itu gw apply via web karir Bukalapak dan gw pilih bagian yang sesuai dengan kapabilitas gw. Ini tipsnya, jangan sekali-kali ngelamar ke perusahaan dengan posisi yang elo gak punya pengalaman atau background di dalamnya. Mungkin elo bisa beralibi, kan kita bisa beradaptasi sama kerjaan disana, elo salah total, man. Gak ada perusahaan yang mau ngegaji karyawan yang gak bisa kerja, dan harus ngajarin ulang semuanya dari nol. Kalaupun ada yaaa mungkin bukan perusahaan besar, rugi banget kalo perusahaan ngebayar gaji satu bulan untuk ngajarin orang baru kerja. Itu mah anak SMP juga bisa diajarin teknis ngerjainnya, tapi bukan itu yang perusahaan mau.

Setelah gw pilih dan baca requirement dari setiap posisi, akhirnya gw memilih untuk apply bagian Reconcile Finance. Gw ngerasa cocok untuk posisi ini karena pengalaman gw yang hampir selama 2 tahun di Kemenkeu selalu berkutat soal pendanaan atau anggaran pemerintah. Jadilah gw apply untuk Reconcile Finance. Gak lama sekitar 4 hari setelah apply, gw diundang untuk Psikotest. Hasil review gw di tulisan-tulisan sebelah, banyak yang bilang mereka gak dipanggil-panggil sama Bukalapak. Alhamdulillah, nasib gw lagi bagus berarti.
Singkat cerita, gw dateng ke Bukalapak di hari senin pada waktu itu, dengan pakaian khas ala jobseeker, kemeja, celana bahan, dan sepatu pantofel hitam. Kebanyakan jobseeker memilih kemeja warna putih atau biru saat menghadiri seleksi karyawan, tapi gw selalu tampil beda dengan kemeja warna ungu dan jam tangan Expedition coklat gw. Alasannya, biar penampilan kita eye catching, penguji jadi aware dan selalu merhatiin dengan hasil kita. Lain cerita kalo dresscode kita sudah ditentukan sama panitia rekrutmennya, biasanya di perusahaan BUMN atau di Airline. yaudah kalo itu mah ikutin aja.
Setelah gw sampai di kantor pusat, gw lapor ke security di Bukalapak kalo mau psikotest. Gw disuruh nunggu sambal diminta mengisi form pendaftaran calon karyawan Bukalapak. Selama gw ngisi, gw perhatiin orang-orang yang baru dateng, dan ternyata ada sekitar 17 orang yang juga mau psikotest.

Waktunya tiba, HRDnya meminta semua yang mau psikotest untuk menuju ke sebuah ruangan di seberang kantor Bukalapak yang ternyata ruko-ruko yang udah gak dipake disewa sama Bukalapak untuk dipake buat kantor HRD mereka.
Akhirnya semua udah siap buat mulai psikotest. Semua yang datang diminta mengisi presensi berjalan sambil ingat-ingat nomer urut absennya karena untuk dipakai di setiap lembar jawaban test.

Eng ing eeeeeeeeng…….Psikotest pun dimulai!

Di sesi pertama, semua peserta langsung dihadapkan sama tes koran ala Pauli. Weeew…gw gak nyangka bakalan Pauli karena prediksi gw perusahaan market place paling cuma pake Krapelin, ternyata zonk. Untungnya gw sadar bakalan ada tes Koran, jadi sejak nyampe di Bukalapak gw udah ngelemesin jari-jari tangan gw. Semacam pemanasan gitu lah. Hahaha.
Test Pauli bisa menghabiskan waktu sekitar 30-50 menit, pokoknya kurang dari 1 jam. Selesai dari tes Pauli, lembar jawaban kita dikumpulkan dan langsung diperiksa di tempat lain. Kok gw bisa tau? Iya karena gw lihat lembar jawabnya langsung dibawa turun ke bawah, prediksi gw tim Rekrutmennya langsung mengoreksi hasil pengerjaan peserta. Sementara tes dilanjutkan dengan sesi Psikotes pada umumnya, ada test bangun ruang, deret angka, soal cerita, persamaan makna, lawan makna, dll. Testnya umum dan terbilang mudah dibanding soal-soal psikotest lain. Feeling gw siih, ini cuma formalitas dan wasting time aja sambil nunggu hasil pengoreksian yang test Pauli tadi, karena tolok ukur Psikotes yang sebenarnya ada di Test Koran. Semua calon karyawan harus diuji bila seandainya mereka bekerja di bawah tekanan dan dituntut bekerja super cepat dengan deadline waktu yang singkat. Makanya Test Koran selalu jadi ukuran keberhasilannya.

Singkat cerita, Psikotesnya selesai, dan HRDnya bilang akan ngasih kabar buat yang lolos Psikotes paling lambat 2 hari sejak tes yang pertama, paling cepatnya bisa sore hari setelah tes, dan kalo gak dihubungi lagi berarti belum bisa lanjut ke tahap berikutnya.
Psikotest selesai tepat pas waktu dzuhur, jadi sebelum pulang gw sengaja sholat dzuhur disana dulu sambil gw mau tau ruang sholatnya, apakah sebagus ruang kerjanya. Ternyata Musholahnya kecil dan biasa aja, letaknya ada di basement di dekat parkiran mobil (motor gak boleh masuk ke area gedung dan harus parkir di lapangan parkir sebelah Plaza City View). Gw bisa simpulkan kalo sebagus-bagusnya kantor, tapi ruang ibadahnya kecil, bahkan kurang terawat iyaaa sama aja sebenarnya gak bagus-bagus amat berarti.
Gw sholat dzuhur disana, dan gak lupa selesai sholat, gw sholawatin itu musholah 100 kali, abis itu berdoa supaya diterima bekerja disana. Penting nih Bro and Sis, usahain tiap abis Test dimanapun, sempetin buat sholat di masjid atau musholah kantornya, khusunya buat yang muslim. Karena sehebat-hebatnya kita selama seleksi berlangsung, tetep karena Ridho-Nya kita bisa berhasil atau enggak, maka dari itu penting bagi kita buat minta yang terbaik, apalagi sambil Riyadhoh di kantornya langsung.

Setelah sholat dhuzur dan zikir, gw pulang ke rumah. Santai aja sambil pasang headset dan nyetel mp3 di handphone gw pulang ke rumah karena lumayan jauh juga Kemang-Bekasi sekitar 1,5 jam perjalanan motor. HP masih gw silent, sengaja supaya notifikasi dari medsos gak ganggu telinga gw buat dengerin music, kecuali kalo ada email penting atau telefon masuk, itu pasti bunyi. Dan bener aja, sebelum gw nyampe di rumah ada email notifikasi penting yang masuk. Gw belum baca, baru ngecek pengirimnya aja yang ternyata itu dari Bukalapak. Barulah setelah nyampe di rumah gw baca email yang masuk. Alhamdulillah ternyata gw lolos Psikotest, dan diundang untuk dateng lagi buat Interview sama HRD 2 hari setelahnya.

Dua hari kemudian gw dateng lagi ke kantor Bukalapak buat Interview HRD. Seperti biasa gw lapor ke security dan bilang mau ketemu sama mbak ****** buat interview, gw nunggu di lobi kantor sampai bagian HRDnya dateng. Setelah dateng dan ketemu, gw langsung diajak ke sebuah meeting room yang ukurannya kecil, mungkin kapasitas 4 orang, dan kita langsung wawancara disana. Yang bikin gw sebel, bagian HRD ini ternyata salah ngirim email, dia ngatur jadwal interview untuk bagian Customer Support dan sementara untuk bagian Finance bukan dia yang handle. Terpaksa kita cuma ngobrol-ngobrol aja dan dia bilang akan dihubungi lagi sama bagian rekrutmen yang arrange jadwal finance, jadi bukan dia lagi yang nanti hubungin gw. Akhirnya gw langsung pulang karena menurut gw itu absurd banget HRD salah ngasih jadwal dan follow up, weeew. Sekitar 2 hari kemudian gw dapet email lagi dari bukalapak. Kali ini benar, gw diundang lagi untuk interview HRD yang ngelola bagian finance untuk hadir di hari selasa yang akan datang.

Dua hari kemudian gw memenuhi undangan HRD kemarin untuk hadir interview. Begitu tiba di kantor Bukalapak, gw bilang mau ketemu sama Mbak *****, mau interview. Gw diminta nunggu, dan akhirnya bagian HRD yang jadi interviewer dateng. Seperti biasa gw diajak ke meeting room kecil. Yang gw suka dari Bukalapak yaitu cara mereka melayani setiap calon karyawan yang dateng interview, kita disiapin minum pake gelas goblet. Sekali lagi, gelas goblet. Gelas yang biasa dipake buat tamu yang dihormati dateng kalo kita nyuguhin minum. Umumnya paling dikasih aqua gelas, tapi ini enggak, dan masih fresh karena gw ngeliat langsung pas si HRD minta diambilin air minum segelas ke OB disana. Akhirnya wawancara dimulai, pertanyaannya juga umum aja, seperti perkenalan diri, latar belakang, terus dia nanya pengalaman kerja, job descnya apa aja, sama gaji di tempat sebelumnya dan ekspektasi gaji di Bukalapak.
Terakhir dia bilang, kita langsung interview sama User aja yaa, tapi saya lihat dulu Usernya ada gak terus bersedia untuk interview sekarang gak, kalo gak bisa hari ini berarti interview User nanti dijadwalin lagi. Akhirnya gw nunggu di ruangan, sementara si HRDnya keluar buat ngecek kesediaan User bagian Finance. Pas HRDnya keluar, gw lihat sekeliling ruangan, ada CCTV gak yaa, jangan-jangan dipantau nih aktivitas gw selama nunggu ngapain aja, atau juga ada cermin dua arah di ruangan itu (Gw parno sama film Fast and Furious 6 yang si Dwayne Johnson mukulin musuh di ruang sidang sambil diliatin pake cermin dua arah). Hahaha. Dan ternyata Usernya bersedia.

User bagian Finance yang dateng ada 2 orang, ibu-ibu dua-duanya. Mulailah sesi interview User. Dimulai dengan memperkenalkan diri dan menceritakan tentang diri gw, terus mereka mulai bertanya tentang pengalaman yang tercantum dari CV gw. Menurut gw pertanyaan juga sama aja kayak HRD, padahal interview user harusnya tanya jawab yang berfokus pada teknis pekerjaan dan bukan lagi soal kepribadian. Tapi pada saat itu justru hampir gak ada pertanyaan tentang bidang pekerjaan, justru gw dibanding-bandingkan soal job desc pekerjaan di bagian itu sama pekerjaan lama gw. Dari situ gw langsung ngerasa kayaknya User kurang butuh juga sama orang baru, dari cara mereka mewawancarai gw kelihatan mereka kurang memperkenalkan bidang pekerjaan dan gak menguji sama sekali soal pekerjaan Finance. Singkat kata, selesailah interview User, mungkin cuma sekitar 20 menit. Setelah itu gw pulang. Sebelum pulang gw tanya sama Usernya, nanti informasi berikutnya dari siapa, mereka bilang dari HRD lagi yang ngasih kabar.
Gw tungguin sampe 3 hari, 4 hari gak ada kabar, sampe seminggu gak ada kabar juga. Akhirnya gw kirim email ke HRD yang handle bagian finance buat nanyain hasil seleksi interview gw sama User, respon dari mereka lama banget. Baru 2 hari kemudian email gw dibales sama HRDnya dan ngasih tau kalo Bukalapak “Cannot accept you”. Konyol banget menurut gw bahasa yang mereka pake, seakan-akan nunjukin kalo mereka juga kurang professional dalam hal rekrutmen. Gw kasih tau buat elo yang sering ngelamar kerja via online, pihak perusahaan kalo menolak calon karyawan mereka sering memakai bahasa “masih belum memenuhi kualifikasi yang perusahaan butuhkan saat ini”. Jadi gw yang baca pun enak dan ngerasa “Oh oke, gw bisa terima keputusannya dengan baik”. Tapi HRD mereka pake kata-kata yang menurut gw agak sarkas dan kurang bertutur bahasa yang bagus. Tapi okelah, gw harus terima keputusan itu dengan baik bahwa gw masih belum diterima bekerja di SENSOR.

Saran gw buat yang mau seleksi kerja di SENSOR:
1. Persiapkan diri menghadapi tahapan pertama disana, yaitu Psikotest. Tolok ukur keberhasilan Psikotest disana yaitu pada tes Koran yang pake metode Pauli, sering-sering latihan biar tangan jadi lemes dan lentur dan gak mudah lelah saat menghadapi tes Pauli yang agak menghabiskan banyak energi. Setelah itu model tes berikutnya cuma untuk formalitas aja sambil HRD mereka ngoreksi hasil tes Koran.
2. Kalo lolos Psikotest, jangan lupa banyak-banyak bersyukur, karena yang diambil sama Bukalapak itu gak banyak. Sistem kerja mereka, kalo yang satu udah ditolak, mereka akan menghubungi orang setelahnya yang rankingnya di bawah yang pertama, asal perbedaan hasil tesnya gak beda jauh. Kalo udah beda jauh, mereka akan buka seleksi baru untuk calon karyawan lainnya.
3. Pada saat interview, jawablah setiap pertanyaan dengan penuh keyakinan, dan santai aja jangan terlalu kaku. Karyawan disana terbiasa santai tapi tetap bekerja dengan target, suasana kerjanya santai, interaksi antar karyawannya juga santai, jadi jangan terlalu kaku pada saat interview, banyak-banyak senyum dan jangan ngeluarin jokes yang garing. Hahaha
4. Ketika interview, pastikan CV yang lo bawa dan setiap jawaban yang lo kasih itu sesuai dengan posisi dan job desc yang lo lamar. Kasih penekanan dan banyakin cerita soal pengalaman kerja yang menyangkut ke posisi yang lo lamar. Itu penting banget buat ngasih gambaran ke HRD atau User yang meng-interview lo kalau lo itu emang jago di bidang tersebut, lo punya pengalaman yang baik untuk bagian itu, dan lo terbiasa dengan pekerjaan itu.
5. Negosiasi soal gaji jangan takut untuk nyebutin gaji yang lo mau, selama masih worth it, sebutin aja. Misal lo mau gaji disana 5 juta dan itu udah nett. Maka lo harus berani bilang ekspektasi salary lo 5 juta dengan rincian untuk transportasi kesana berapa selama sebulan, untuk makan selama sebulan, ngasih untuk orang tua per bulan, bayar-bayar tagihan per bulan, tabungan, dll.

Oke segitu aja yang bisa gw bagikan tentang pengalaman rekrutmen di Bukalapak.
Selamat berjuang buat lo yang bakalan ikut seleksi karyawan baru di sana, ikutin saran-saran gw, insyaa Allah lo bisa lebih baik dari gw.
Diubah oleh tehhangat2100 22-09-2017 17:11
1
24.9K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan