rickyandriandraAvatar border
TS
rickyandriandra
Negara - Negara Yang Beruntung Bisa Melihat Gerhana Bulan Total


Sabtu, 28 Juli 2018 akan menjadi momen bersejarah Gerhana bulan total terlama abad ini. Gerhana bulan adalah sebuah fenomena alam yang terjadi jika sebagian atau seluruh penampakan bulan tertutup oleh bayangan bumi. Diperkirakan fenomena alam ini akan berlangsung selama 103 menit.


Dilansir dari bmkg.go.id, gerhana bulan mulai berlangsung pada pukul 00.13 WiB hingga mencapai dimulainya Gerhana Total pada pukul 02.29 WIB

Sedangkan puncaknya akan berlangsung pada pukul 03.21 WIB dan berakhir pada 06.30 WIB. 

Total durasi dari gerhana bulan total adalah 1 jam 43 menit. Wah lama banget ya gan  emoticon-Bingung (S)



Beruntung, Indonesia menjadi salah satu negara yang bisa menyaksikan langsung momen langka ini.


Namun bukan hanya Indonesia, ada beberapa negara yang juga dapat melihat gerhana bulan total dengan mata telanjang.


Sebagian besar negara di Afrika Utara, Timur Tengah, dan Asia Tengah juga berkesempatan menikmati momen gerhana bulan total apabila kondisi cuaca mendukung dan bersih dari polusi.


Selain itu, Antartika, Eropa, Asia Timur, dan Australia juga bisa melihat fenomena Gerhana Bulan. Namun sayangnya hanya Gerhana bulan sebagian yang dapat terlihat di negara - negara tersebut.


Sayangnya, negara-negara di Amerika Utara seperti Amerika Serikat, Meksiko, Kanada tidak bisa menyaksikan fenomena gerhana bulan sama sekali dikarenakan disana bulan tidak melewati sebagian bayangan bumi.


Namun, TimeAndDate.com menyediakan layanan live streaming untuk masyarakat yang ingin melihat secara detail bagaimana proses terjadinya gerhana bulan total maupun untuk masyarakat yang tidak berkesempatan melihat gerhana bulan total.



Gerhana bulan total akan membuat bulan menjadi berwarna kemerahan. Selanjutnya terjadi Gerhana bulan total sebagian saat bulan mulai keluar dari bayangan bumi dan terus menjauh dari bayangan bumi hingga seluruh fase Gerhana selesai pada pukul 06.30 WIB


Gerhana bulan tidak beresiko bagi mata, sehingga tidak diperlukan kacamata pelindung atau alat lainnya. Selain itu, gerhana bulan juga lebih mudah dilihat daripada Gerhana matahari.


LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) mengatakan akan membuka beberapa titik untuk menyaksikan secara langsung fenomena langka satu ini.


Berhubung fenomenanya di malam minggu, ga ada salahnya sedikit begadang untuk menyaksikan fenomena alam yang cantik ini ya gan hehe. Apalagi ajak doi nobar gerhana bulan total, so sweet tuh gan hehehe


emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka

0
15.3K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan