Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ronzstagramAvatar border
TS
ronzstagram
Saat Traveling Jangan Pelit Keluarkan Uang untuk Hal-hal!


Walaupun Jakarta hingar-bingar dengan berbagai macam hiburan, sebagian besar orang justru sekarang lebih memilih untuk keluar dari Ibukota demi menenangkan diri. Berlibur dari segala macam penat yang diberikan Jakarta setiap harinya. Liburan ke luar kota atau ke luar negeri pun jadi opsi yang sering diambil. Traveling pun kini jadi gaya hidup anak-anak muda. Bisa melepas stres, di saat yang sama juga bisa menambah foto-foto bagus di Instagram. Hehe...

Ketika liburan biasanya kita akan lebih perhitungan soal uang dan apa-apa yang harus dikeluarkan sebelum dan selama proses perjalanan. Kadang-kadang sebagian dari kita bisa jadi lebih pelit dari biasanya. Kita jadi lebih banyak pertimbangan dalam mengeluarkan uang. Enggak salah sih memang. Karena tentu saja kamu nggak mau mendadak miskin usai liburan kan. Tapi, ada beberapa hal yang kamu enggak boleh pelit ketika melakukan perjalanan.

emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller


Apa aja kira-kira? Dilansir dari TIME.com, coba dibaca dulu sampai habis:

1. Koper



Ketika merencanakan perjalanan, kita bebas memilih penerbangan yang kita inginkan. Beberapa orang ada yang lebih nyaman bepergian dengan maskapai nomor satu dengan membeli kursi di kelas bisnis misalnya. Beberapa yang lain nggak masalah kalau harus melakukan perjalanan dengan kelas ekonomi di maskapai low-fare. Demikian juga halnya dengan hotel, semuanya optional. Tapi untuk urusan koper, sepertinya kamu memang harus mengeluarkan lebih untuk membeli satu yang awet sehingga bisa digunakan selama beberapa tahun ke depan.

Barang yang harganya agak mahal tentunya punya kualitas yang lebih bagus. Cari brand koper yang sudah terkenal ketahanannya sehingga ketika kamu gunakan dan diajak jalan tidak akan menimbulkan masalah. Membawa satu koper kecil ke dalam kabin pesawat akan membuat perjalanan kamu juga lebih mudah dibandingkan harus menenteng tas besar lho!

2. Sepatu yang nyaman



Kamu bukan manusia purba yang ke mana-mana tanpa alas kaki. Karena kamu sedang traveling, tentunya waktu kamu akan banyak dihabiskan di luar ruangan alias berjalan. Enggak ada salahnya kok boros sedikit untuk membeli sepatu yang nyaman dan enak digunakan untuk seharian berkeliling kota ketika liburan ke Inggris atau ke New York. Banyak sepatu yang menawarkan pijakan tebal yang ringan dan enak dibawa berjalan. Dengan membeli sepatu yang nyaman dan sedikit mahal, kamu sudah menyayangi kesehatan kaki kamu sendiri lho! Jadi after effect-nya nggak akan parah setelah pulang nanti.

3. Keselamatan diri sendiri



Ketika mengarungi tempat baru, kadang-kadang kita lebih memilih berjalan dari satu tempat ke tempat yang lain. Memang nggak ada salahnya tapi harus lihat-lihat waktu juga. Nggak semua tempat di dunia aman untuk berjalan kaki terutama di jam-jam malam. Meski lokasi yang kamu tuju dekat dengan lokasi tempat kamu saat ini misalnya, namun kalau sudah lewat tengah malam atau jelang tengah malam, sebaiknya hindari berjalan sendirian. Keluarkan uang lebih untuk bayar taksi, daripada kesalamatan kamu jadi taruhannya.

4. Pengalaman tak terlupakan di lokasi



Ketika liburan, kadang-kadang ada tempat yang menawarkan sebuah pengalaman berbeda tapi harus membayar sejumlah uang untuk bisa merasakannya. Banyak yang "Ntar dulu deh" dan berpikir dua kali untuk melakukan ini. Padahal seharusnya kamu jajal aja. Sebuah pengalaman baru memang kadang-kadang harus dibayar mahal kan? Nggak semua pengalaman di tempat liburan kamu bisa dapatkan dengan gratis. Pikirkan bahwa kamu mungkin nggak bisa ke tempat itu lagi, jadi kalau nggak sekarang kapan lagi!

Sebenarnya ini bisa juga diakali dengan perhitungan budget yang teliti. Kalau kamu sudah memangkas biaya penerbangan dan penginapan seminimal mungkin, kelebihan budget itu bisa kamu alokasikan untuk masuk ke atraksi wisata misalnya atau menyaksikan sebuah pertunjukan teater. Kalau perhitungan kamu sudah benar, nggak akan nyesel deh!

5. Asuransi perjalanan



Kamu memang sedang dalam perjalanan untuk bersenang-senang. Tapi bukan berarti kegiatan ini akan berlangsung seperti yang kamu harapkan. Ada hal-hal yang mungkin nggak terduga terjadi dalam perjalanan kamu. Nah di sinilah kamu membutuhkan asuransi. Banyak produk asuransi perjalanan yang menawarkan penggantian mulai dari kecelakaan di lokasi tujuan sampai kehilangan koper. Harganya sebenarnya tidak lebih mahal dari makan tiga kali di Singapura sih, jadi jangan ragu untuk membelinya. Dengan mengantongi asuransi perjalanan kamu juga bisa menjamin bahwa liburan kamu akan terjamin dan bersenang-senangnya bisa lebih maksimal.

6. Vaksin



Ada beberapa negara yang rawan virus dan membutuhkan vaksin sebelum mengunjunginya. Jangan ambil risiko dan keukeuh mau hemat sampai akhirnya kamu menolak melakukan vaksin. Ingat, kalau kena penyakit nanti biaya penyembuhannya akan jauh lebih mahal. Kalau memang kamu enggan melakukan vaksin karena harganya yang mahal misalnya, hindari negara-negara yang memang sedang rawan virus dan mengharuskan kamu suntik vaksin sebelum berangkat. Sekali lagi, ini masalah kesehatan. Masalah hidup dan mati.

7. Paket data ponsel



Siapa sih yang sekarang enggak butuh smartphone? Ralat: Siapa sih sekarang yang enggak butuh smartphone dengan paket data untuk internetan?

Pnya paket data internet sepanjang perjalanan sangat membantu dalam banyak hal. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang paling males nanya sama masyarakat sekitar dan lebih percaya pada Google Maps untuk urusan mencari tempat atau lokasi tertentu (dengan catatan sedang melakukan perjalanan di kota besar, walaupun di Seoul misalnya, Google Maps nggak berfungsi dengan baik karena kebanyakan mereka pakai Naver Maps). Paket data selama perjalanan adalah penyelamat deh. Kalaupun nggak digunakan buat Maps, paling enggak bisa dipakai buat menerjemahkan apapun. Ya tentu saja ini juga bisa dipakai buat eksis di media sosial sih. hihihi...

Paket data seharusnya ada di daftar teratas sebelum koper. Jadi jangan pelit-pelit mengeluarkan uang lebih untuk ini ya!

8. Air mineral



Walaupun di beberapa negara bisa minum langsung dari keran, tapi nggak semua orang bisa menoleransi air ini karena punya perut yang sensitif misalnya. Jadi jangan pelit untuk beli air minum kemasan botol. Air minum kan penting buat tetap membuat cairan tubuh kamu tercukupi selama perjalanan. Nggak mau dong kamu mendadak dehidrasi karena mau sok hemat? Kalau memang mau lebih hemat, beli satu kemasan yang jumbo lalu bisa kamu tuang ke botol kecil yang kamu bawa ke mana-mana di hari pertama kamu tiba di lokasi tujuan.

Nah, itu dia beberapa daftar pengeluaran saat traveling yang nggak boleh terlalu ditahan-tahan untuk dilakukan. Selamat liburan!

emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller


Spoiler for foto:


vinividiviciiii
vinividiviciiii memberi reputasi
1
9.8K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan