pastibisadongAvatar border
TS
pastibisadong
Baterai Pertamina-UNS, Cukup Ngecas Rp 5 ribu untuk 100 Km


Solo - Motor listrik yang menggunakan baterai buatan Pertamina-Universitas Sebelas Maret (UNS) biaya pengisian baterainya sangat murah. Untuk menjangkau 100 km, cukup menghabiskan biaya listrik Rp 5.000 saja. 

Dari mana dapat angka Rp 5.000 per 100 km? Senior Vice President Research & Technology Center Pertamina Herutama Trikoranto mengatakan satu unit battery pack nantinya akan memiliki kapasitas 3 kWh. 

Dengan tarif listrik tertinggi saat ini Rp 1.644,52 per kWh, maka tinggal kalikan saja 3 kWh dengan Rp 1.644,52 maka total biaya pengecasan sekitar hampir Rp 5.000, tepatnya Rp 4.933,56.

Perbandingannya, lanjut Herutama sama dengan jarak tempuh sepeda motor dengan pembakaran internal (ICE, internal combustion engine) yang membutuhkan BBM 2-3 liter, jadi lebih murah menggunakan motor listrik ini.

"Maka untuk jarak tempuh lebih jauh dengan biaya lebih murah. Kendaraan listrik yang didesain menggunakan battery pack itu cukup 2-3 kali pengisian ulang per minggu untuk pemakaian normal di dalam kota," jelasnya.

Untuk performa, battery pack memiliki kekuatan 5 kW atau lebih kurang setara dengan mesin motor dengan pembakaran internal berkapasitas 125-150 cc. 

sumber

Boleh juga nih
0
2.5K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan