ary63Avatar border
TS
ary63
Wow, 4 Mahasiswa Luar Negeri Ini Paham 'Cerita Panji'
Indonesia yang ragam akan budaya dan masyarakatnya memiliki banyak kisah-kisah sejarah yang menarik dipahami. Selain mengandung nilai sejarah, tentunya memiliki pesan-pesan moral. Salah satu kisah masa lalu itu adalah Cerita Panji.


Cerita Panji adalah karya sastra dan budaya Indonesia yang pengaruhnya hingga ke luar negeri. Kisah tersebut memiliki banyak versi, dan telah menyebar ke seluruh jazirah Nusantara seperti Jawa, Bali, Kalimantan, Malaysia, Thailand, Kamboja, Myanmar, dan Filipina.




Kampung Budaya Polowijen (KBP) sebagai salah satu kampung yang melestarikan budaya panji pada hari Minggu (8/7) mendapatkan tamu istimewa kunjungan mahasiswa dari luar negeri. Mahasiswa-mahasiswa tersebut berasal dari Thailand, Vietnam dan Kamboja yang diantarkan langsung ke KBP oleh Ulfatul Ma'rifah Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas Muhammadiyah Gresik. Menariknya, mereka ternyata fasih bertutur tentang Cerita Panji.



"Kunjungan ke KBP merupakan kegiatan Culture Visit Unmuh Gresik yang berkepentingan untuk mempertemukan kesamaan budaya antar bangsa melalui mahasiswa luar negeri ini dan salah satunya cerita panji yang di kembangkan oleh KBP melalui tari Topengnya,” tutur Ulfa.


Kumpulan Cerita Panji sejatinya dituturkan sejak jaman Kerajaan Majapahit. Seiring berjayanya kerajaan itu, Cerita Panji pun menyebar ke berbagai daerah.


"Cerita Panji populer sejak abad ke-13 kemudian menyebar ikut dengan Majapahit ke Bali, Lombok, dan Sulawesi Selatan. Cerita itu lalu menyeberang ke Malaysia. Di sana namanya hikayat. Kemudian cerita itu sampai ke Thailand, namanya Inao," ujar Ki Demang selaku Pemangku dan Penggagas Kampung Budaya Polowijen.


Dalam kesempatan culture visit tersebut mahasiswa luar negeri selain berturur tentang budaya, mereka diajak menari topeng bersama-sama. Antusias mereka terlihat saat mengikuti tiap gerakan mulai dari tari topeng bapang, sabrang,  jowo dan ragil kuning, termasuk tari beskalan putri.



Selain itu para mahasiswa itu juga diajak nyekar ke makam empu topeng malang Buyut Reni untuk mengenal situs cagar budaya di Kota Malang.



Sumber: [url=https://akuraS E N S O Rid-249261-read-wow-4-mahasiswa-luar-negeri-ini-paham-cerita-panji]>>>Disini Gan<<<[/url]

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

Diubah oleh ary63 09-07-2018 08:28
0
1.8K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan