methadone.500mgAvatar border
TS
methadone.500mg
Trump Beri Warning Perang Dagang, RI 'Ancam Balik' AS
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberi warning perang dagang ke Indonesia terkait hubungan dagang.

AS saat ini tengah mengevaluasi produk asal Indonesia yang selama ini diberi perlakuan khusus.

Menanggapi hal tersebut Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjelaskan, jika Indonesia mendapat tekanan tersebut maka RI akan melakukan 'serangan balik'.

Enggar menjelaskan 'serangan balik' pernah dilakukan saat sawit RI diancam dilarang masuk Eropa, maka RI 'mengancam balik' akan melarang produk eropa masuk ke Indonesia.

"Kalau kita dapat tekanan per sektor, seperti halnya sawit, saya bilang saya akan lakukan retaliasi, yaitu saya juga bisa menghentikan (impor dari AS)," papar dia di Kementerian Perdagangan, Kamis (5/7/2018).

Kala itu, RI mengancam akan menghentikan impor ikan dan sejumlah produk lain dari Eropa bila pemerintah di kawasan tersebut masih melarang minyak sawit RI masuk.

"Saya bilang saya hentikan impor ikan anda, dia bilang itu dari parlemen, saya pun ditekan parlemen saya, kemudian menterinya datang katanya pemerintah menolak. Saya bilang bikin surat kalau itu nolak. Jadi GSP ini kita masih dalam pembicaraan untuk tidak masuk dalam watch list itu, dan nanti kita akan bahas," papar dia.

Meski begitu Enggar mengaku saat ini pihaknya masih melakukan perundingan dengan pemerintah AS.

"Kami juga lakukan pendekatan dan lobi, dubes kita di Amerika juga menyampaikan pendekatan, dan saya sendiri melakukan komunikasi dengan Amerika untuk meyakinkan, sebab pada dasarnya kita tidak setuju dengan perang dagang, semua pihak akan dirugikan, kita lebih senang dengan kolaborasi," jelas dia.
Sebagai informaaj GSP (The Generalized System of Preferences/Sistem Preferensi Umum) Indonesia sedang di-review, dan ada sekitar 124.

Dari 124 produk asal Indonesia yang sedang di-review Trump diantaranya kayu plywood, cotton, dan lain sebagainya.
https://finance.detik.com/berita-eko...ancam-balik-as
nona212
nona212 memberi reputasi
1
8.1K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan