Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kingtacchanAvatar border
TS
kingtacchan
Kepribadianmu Menurut MBTI
WELCOME TO MY THREAD

semoga nggak emoticon-Blue Repost

Ane yakin sebagian besar di antara agan kaskuser pernah ada yang coba tes kepribadian, baik dengan empat temperamen (sanguinis-melankolis-koleris-pleghmatis), golongan darah, dll. Kali ini yang akan ane bahas adalah Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

APA ITU MBTI?
MBTI adalah suatu kuesioner psikometri yang dirancang untuk mengetahui preferensi seseorang tentang bagaimana ia mempersepsikan dunianya dan mengambil keputusan. MBTI dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan anaknya Isabel Briggs Myers menggunakan referensi dari buku karangan Carl Gustav Jung tahun 1921 yang berjudul Psychological Types. Menurut Jung, terdapat empat fungsi psikologi yang prinsipal yang digunakan manusia untuk merasakan dunianya:
- Sensation (S)
- Intuition (N)
- Feeling (F)
- Thinking (T)
Nah, dari fungsi tersebut, nanti fungsi-fungsi tersebut digolongkan menjadi fungsi yang introverted dan extraverted. Jadi ada introverted sensing dan extroverted sensing, introverted perceiving dan extroverted perceiving, dst.
Dikotomi
- Extraversion (E) - (I) Introversion
- Sensing (S) - (N) Intuition
- Thinking (T) - (F) Feeling
- Judging (J) - (P) Perceiving
Attitudes: extraversion/introversion (E/I)
Extraversion berarti sikap yang lebih mengutamakan tindakan, lebih menyenangi interaksi dengan orang lain (karena mereka memperoleh tenaga dari interaksinya dengan orang lain) dan mencari keluasan dari ilmu pengetahuan dan pengaruh. Sementara tindakan introversion lebih mengutamakan pemikiran, menginginkan interaksi yang substansial bukannya sering, memperoleh energi dari kesendirian, dan mencari kedalaman dari ilmu pengetahuan dan pengaruh.
Fungsi: sensing/intuition (S/N) dan thinking/feeling (T/F)
Jung mengatakan terdapat dua pasang fungsi psikologis yang dimiliki manusia:
- dua fungsi persepsi, sensing dan intuition
- dua fungsi judging, thinking dan feeling
fungsi persepsi, sensing dan intuition digunakan untuk memperoleh informasi dari luar, sedangkan fungsi judging (thinking dan feeling) digunakan untuk membuat keputusan.

MBTI ADALAH PREFERENSI
MBTI bukanlah penentu kepribadian seseorang secara absolut. Seperti disebutkan di atas, terdapat empat fungsi yang dapat digolongkan menjadi extraverted dan introverted. Interaksi dari preferensi-preferensi tersebut disebut type dynamics dan terdapat 16 tipe, yaitu:

Deskripsi dari personalitypage.com

ISTJ-The Duty Fulfiller (Sang Penunai Kewajiban)
Serius dan pendiam, tertarik pada keamanan hidup dan kedamaian hidup. Sangat menyeluruh, bertanggung jawab, dan dapat diandalkan. Mempunyai tingkat konsentrasi yang sangat baik. Biasanya suka mendukung tradisi dan hal-hal yang sudah paten sejak dulu. Sangat terorganisasi dan pekerja keras, mereka bekerja perlahan tapi pasti mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Mereka biasanya bisa melaksanakan tugas apa saja yang telah mereka tetapkan.

ISFJ-The Nurturer (Sang Pengasuh)
Pendiam, baik hati, dan hati-hati. Bisa diandalkan. Biasanya lebih mementingkan kepentingan orang lain daripada dirinya sendiri. Stabil dan praktis, mereka menyenangi keamanan dan tradisi. Mereka mempunyai sense of space dan function yang baik (artinya apa yak? emoticon-Hammer2). Mempunyai kemampuan observasi yang mendalam terhadap orang lain. Sangat perseptif terhadap perasaan orang lain. Sangat senang melayani sesama.

INFJ-The Protector (Sang Pelindung)
Diam-diam pemaksa, orisinil, dan sensitif. Biasanya akan menjalani suatu hal sampai selesai. Sangat intuitif terhadap orang lain, dan sangat memperhatikan perasaan mereka sendiri. Mempunyai sistem nilai yang sangat mereka patuhi. Mereka biasanya dihormati karena memiliki kesabaran untuk melakukan hal yang benar. Biasanya individualistis, bukan pemimpin ataupun pengikut.

INTJ-The Scientist (Sang Ilmuwan)
Independen, orisinil, analitis, dan serius dalam mencapai tujuannya. Mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam mengubah rencananya menjadi tindakan. Sangat menghargai ilmu pengetahuan, kompetensi, dan struktur. Sangat ingin mengetahui arti-arti dari pandangan mereka. Pemikir jangka panjang. Mempunyai standar yang tinggi tentang kinerja dirinya dan orang lain. Pemimpin yang alami, namun mau mengikuti pemimpin yang mereka percayai.

ISTP-The Mechanic (Sang Mekanik)
Pendiam dan menahan dirinya, tertarik dengan mengapa dan bagaimana suatu hal bekerja. Mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam hal mekanis. Pengambil risiko yang hidup untuk saat ini. Biasanya tertarik dan berbakat dalam olahraga ekstrem. Tidak memiliki hasrat yang muluk-muluk. Setia kepada teman mereka dan sistem nilai internal mereka, namun tidak terlalu memikirkan tentang menghormati hukum dan peraturan kalau itu menghambat pekerjaan mereka. Jauh dari orang lain dan analitis, mereka sangat lihai dalam menemukan jawaban dari masalah praktikal.

ISFP-The Artist (Sang Seniman)
Pendiam, serius, sensitif, dan baik hati. Tidak menyukai konflik, dan biasanya tidak akan melakukan hal yang akan menyebabkan konflik. Setia. Memiliki daya estetika yang sangat baik. Tidak tertarik untuk memimpin atau mengontrol orang lain. Fleksibel dan punya pikiran yang terbuka. Biasanya orisinil dan kreatif. Menikmati masa sekarang.

INFP-The Idealist (Sang Idealis)
Pendiam, reflektif, dan idealis. Senang melayani sesama. Memiliki sistem nilai yang sangat ia junjung tinggi. Sangat setia. Mudah beradaptasi dan santai kecuali sistem nilainya diganggu. Biasanya jago menulis. Cepat secara mental, dan dapat melihat berbagai kemungkinan. Senang mengerti dan membantu orang lain.

INTP-The Thinker (Sang Pemikir)
Logis, orisinil, pemikir yang kreatif. Seringkali sangat tertarik dengan teori dan ide. Sangat mumpuni dalam mengubah teori menjadi sesuatu yang dapat dimengerti. Sangat menilai tinggi ilmu pengetahuan, kompetensi, dan logika. Pendiam dan menahan dirinya, sulit dikenal. Individualistis, tidak memiliki keinginan untuk dipimpin atau memimpin orang lain.

ESTP-The Doer (Sang Pelaksana)
Ramah, mudah beradaptasi, dan berorientasi terhadap tindakan.Pelaksana yang berfokus pada hasil yang langsung. Hidup di masa sekarang, mereka pengambil risiko yang hidup dengan tempo yang cepat. Tidak sabar dengan penjelasan yang panjang. Sangat loyal pada teman-temannya, namun tidak menghormati hukum atau peraturan jika menghambat dirinya. Kemampuan bergaulnya sangat baik.

ESFP-The Performer (Sang Pementas)
Berorientasi kepada orang lain dan menyukai kesenangan, mereka senang membuat hal menjadi lebih menyenangkan bagi orang lain. Mereka hidup untuk saat ini, mereka menyukai pengalaman baru. Mereka tidak menyukai teori dan analisis yang impersonal. Mereka senang melayani sesama. Biasanya menjadi pusat perhatian dalam situasi sosial. Memiliki akal sehat dan kemampuan praktis yang baik.

ENFP-The Inspirer (Sang PEnginsiprasi)
Antusias, idealis, dan kreatif. Bisa melakukan segala hal yang menarik bagi mereka. Mereka jago bergaul. Perlu hidup menurut nilai-nilai diri mereka. Senang dengan ide baru, namun bosan dengan detilnya. Pikirannya sangat terbuka dan fleksibel, dengan ketertarikan dan bakat yang luas.

ENTP-The Visionary (Sang Visioner)
Kreatif, banyak idenya, dan cepat secara intelektual. Pandai dalam banyak hal. Sangat senang berdebat. Mereka senang dengan ide dan proyek baru, namun seringkali melupakan aspek rutin dalam hidup. Biasanya asertif dan menyuarakan pikirannya. Mereka menyenangi orang lain. Memiliki kemampuan yang baik dalam mengerti konsep dan menggunakan logika dalam mencari penyelesaian masalah.

ESTJ-The Guardian (Sang Pelindung)
Praktis, tradisional, dan sangat teroganisasi. Biasanya atletis. Tidak tertarik pada teori dan abstraksi kecuali mereka melihat penggunaan praktisnya. Mempunyai pemikiran yang jelas mengenai bagaimana sesuatu itu seharusnya. Setia dan pekerja keras. Senang memimpin. Sangat jago dalam mengorganisasi dan menjalankan kegiatan. Warga negara yang baik yang menyenangi kehidupan yang aman dan tenteram.

ESFJ-The Caregiver (Sang Penyayang)
Hatinya hangat, populer, dan hati-hati. Biasanya lebih memikirkan kebutuhan orang lain daripada kebutuhan dirinya sendiri. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Menghargai tradisi dan keamanan. Senang melayani sesama. Perlu mendapatkan masukan positif agar mereka menyenangi dirinya sendiri. Memiliki sense of space yang baik.

ENFJ-The Giver (Sang Pemberi)
Populer dan sensitif, dengan kemampuan bergaul yang baik. Berfokus kepada dunia luar, sangat memikirkan bagaimana pemikiran dan perasaan orang lain. Biasanya tidak senang sendirian. Mereka melihat segalanya dari sisi manusiawi, dan tidak menyenangi analisis yang impersonal. Sangat efektif dalam mengatur masalah orang-orang dan memimpin diskusi kelompok. Senang melayani sesama, dan biasanya akan meletakkan kebutuhan orang lain di atas dirinya sendiri.

ENTJ-The Executive (Sang Eksekutif)
Asertif dan menyuarakan pikirannya-mereka senang memimpin. Mereka memiliki kemampuan yang baik untuk mengerti masalah organisasi yang rumit dan membuat pemecahan yang solid. Cerdas dan biasanya mereka jago berbicara di depan umum. Mereka sangat menghargai ilmu pengetahuan dan kompetensi, namun mereka tidak suka ketidakefisienan dan organisasi yang tidak rapi.

BAGAIMANA CARA MENGETAHUI TIPE MBTI ANE?
Silakan tanya mbah Google yah... He-he-he. Instrumen untuk mengetahui tipe MBTI cukup banyak, baik yang gratis maupun yang berbayar.

TERUS APA GUNANYA MENGETAHUI TIPE MBTI ANE?
Agan akan lebih mengenal mengenai diri dan kepribadian agan. Waktu ane pertama kali ikutan tes MBTI dan baca-baca deskripsinya, ane merasa, "ini ane banget! kok bisa tahu ya ane sering berpikir begini?" Apalagi ane punya teman anak psikologi, kami jadi bisa tambah mengerti tentang diri masing-masing serta orang lain.

Semoga thread ini bisa bermanfaat bagi agan semua.

Spoiler for tidak menolak:

Spoiler for menolak:


Sumber: Wikipedia,personalitypages.com
Diubah oleh kingtacchan 04-02-2013 08:32
0
10.1K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan