carrpiratesAvatar border
TS
carrpirates
Mau beli monitor ? Pertimbangkan Hal Berikut
Halo agan dan sista sekalian, semoga yang sedang beribadah puasa mendapatkan berkah Ramadhan. Bentar lagi mau lebaran dan semoga kita semua mendapat THR yang layak, amiinn. Ngomong - ngomong soal monitor, monitor itu berguna banget untuk nambah produktifitas buat kita yang kesehariannya bekerja menggunakan komputer atau laptop. Nah, bagi agan dan sista yang ingin menggunakan uang THR untuk beli monitor yuk simak tips - tips dalam memilih monitor.



1. Pilih panel yang sesuai

Spoiler for Mulus:


Ada beberapa pilihan panel yang populer untuk kita pilih diantaranya TN, VA, dan IPS. Semua ada kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Panel TN memiliki response time paling cepat diantara panel - panel lainnya dan harganya relatif lebih murah. Karenanya, panel TN masih menguasai segmen pasar gaming monitor. Sedangkan panel IPS memiliki harga relatif lebih mahal tetapi mempunyai kelebihan diantaranya viewing angel dan reproduksi warna yang lebih baik. VA panel memilik kelebihan warna kontras yang lebih tajam dari keduanya.

Jika agan ingin menggunakan monitor untuk pekerjaan harian, panel IPS merupakan pilihan yang cocok. Jika monitor hanya dipakai untuk gaming, maka panel TN bisa dijadikan pilihan. Dan jika agan mengingikan monitor sebagai media multimedia, panel VA bisa menjadi opsi menarik.

2. Resolusi

Spoiler for Mulus:


HD, Full HD, 2K, 4K, mungkin menjadi hal yang sering agan dan sista temui ketika ingin memilih monitor. Saat ini, monitor Full HD sudah menjadi mainstream dan bisa dijadikan pilihan dengan budget yang pas di kantong. Jika agan punya rejeki lebih, agan bisa membeli monitor dengan resolusi 2K atau 4K untuk lebih memanjakan mata agan dan sista.

3. Ukuran

Spoiler for Mulus:


Tentu saja ukuran menjadi salah satu aspek yang dipertimbangkan. Ukuran monitor yang besar akan memberikan kepuasan tersendiri. Tetapi perlu agan dan sista ingat. Ukuran yang besar jika resolusi kecil juga akan membuat mata tidak nyaman. Sesuaikan ukuran dengan resolusi sehingga menghasilkan kerapatan pixel yang nyaman untuk mata agan. App*e memiliki sebutan retina display sebagai ukuran kerapatan pixel yang optimal.

4. Aspek rasio

Spoiler for Mulus:


Aspek rasio bisa dijadikan salah satu parameter untuk memilih monitor. Ada sebagian orang yang lebih nyaman menggunakan ultra wide monitor dibandingkan dengan menggunakan dua monitor secara berjajar. Monitor dengan aspek rasio ultra wide juga memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk bermain game. Apalagi sekarang ada monitor ultra wide yang juga melengkung. Tentu saja pengalaman surround gaming akan lebih menyenangkan.

5. Refresh rate

Spoiler for Mulus:


Rata - rata, monitor memiliki refresh rate sebesar 60Hz. Itu artinya kita bisa memainkan game dengan frame rate maksimal sebesar 60FPS. Kalau memaksa menaikkan frame rate, maka bisa terjadi screen stuttering dan screen tearing. Nah, agan dan sista bisa memilih monitor dengan refresh rate lebih besar dan tentunya dengan konsekuensi harga yang relatif lebih mahal.

6. Fitur - fitur tambahan

Spoiler for Mulus:


Fitur - fitur tambahan bisa jadi merupakan aspek yang paling krusial. Seperti port input apa saja yang tersedia, kemudian adanya kompatibilitas vesa mount atau tidak. Bagi ane pribadi, fitur - fitur yang harus diperhatikan adalah kompabilitas vesa mount, input yang tersedia dan interface yang mudah. Bagi agan dan sista bisa jadi memerlukan fitur lain seperti G-Sync, Free-Sync, built in speaker, daisy chain dan lain sebagainya.

7. Estetika bentuk dan built quality

Spoiler for Mulus:


Selain kegunaan utamanya, monitor juga bisa menjadi salah satu faktor yang memperindah setup agan. Monitor dengan bezel tipis, berbentuk minimalis dan memiliki cable management tentu akan menjadikan set up agan menjadi lebih indah. Disamping estetika, built quality juga menjadi faktor yang penting. Agan dan sista tentu tidak mau monitor agan cepat rusak bukan.

***


Mungkin thread ini membuat agan dan sista lebih bingung dalam menentukan pilihan monitor idaman emoticon-Peaceemoticon-Peace . Tetapi pencarian hal yang diinginkan juga merupakan proses yang menyenangkan bukan ? Sekian dulu dari ane, mohon maaf jika ada salah tutur dan kata. Kalau ada salah - salah tolong ane dibetulin mengingat pengetahuan ane yang terbatas. Kalau agan dan sista punya monitor rekomendasi atau ada aspek lain yang perlu diperhatikan, silahkan sampaikan di kolom komentar.

Ane dangan senang hati menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh carrpirates 30-05-2018 19:17
0
40.6K
356
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan