kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
Inilah Cinta Negara Yang Sebenarnya, Rakyat Ramai Ramai Bayar Hutang Negara

Hai Gan Sist, pasti semuanya di sini sudah pada Kamis, 10 Mei 2018 yang lalu, negara tetangga kita resmi memiliki Perdana Menteri yang baru? Yes, kini Malaysia punya Perdana Menteri Baru, yang sebelumnya udah pernah memerintah cukup lama, Mahatir Mohamad.

Tapi kali ini ane ngga membahas mengenai Mahatir Mohamad atau Najib Razak yang kini tengah tersandung kasus korupsi. Tapi kali ini ane mau membahas sikap patriotisme rakyat malaysia yang patut diancungi jempol nih Gan Sist.


Lepas pelantikan Mahatir Mohamad, rakyat Malaysia ribut-ribut soal hutang negaranya yang dikabarkan mencapai lebih RM 1 triliun. Dan kabarnya nilai tersebut melebihi 50% dari GDP Malaysia loh! 

Apabila jumlah hutang tersebut dibagi rata, maka setiap warga negara Malaysia harus membayar sebesar RM 32.000, termasuk yang baru lahir loh Gan Sist. 

Spoiler for "hutang Malaysia":


Di Malaysia perdebatan ngga hanya mengenai besaran hutang tersebut, tapi juga bagaimana cara menyelesaikannya. Bahkan kini ramai-ramai rakyat Malaysia saling bergotong royong menyisihkan uang mereka untuk mambantu negara membayar hutang tersebut.


Berawal dari kebijakan yang dibuat oleh PM Mahatir Mohamad yang memotong gaji seluruh menteri di kabinetnya sebesar 10% untuk membantu melunasi hutang negara, lalu disusul oleh empat wakil rakyat DAP Perak yang menyumbangkan RM 16.000 dari gajinya di bulan ini untuk negara.

Spoiler for "perwakilan DAP Perak":


Nga Kor Ming, selaku perwakilan DAP Perak yang turut menyumbangkan gajinya mengatakan bahwa tindakan ini diambil berdasarkan semangat solidaritas dan semangat patriotik untuk membantu bangsanya membayar hutang negara.

Tidak hanya wakil rakyat dari DAP Perak, anggota parlemen yang lainpun  turut menyumbangkan gajinya sebesar RM 8.000 per orang untuk membantu melunasi hutang.

 

Bagaimana dengan rakyat Malaysia sendiri?

Nah Gan Sist, sebagai rakyat, mereka tidak tinggal diam loh untuk membantu negaranya. Ramai-ramai mereka juga mengumpulkan uang untuk membantu negara melunasi hutang. Adalah Nik Shazarina Bakti yang berinisiatif menggalang dana untuk melunasi hutang negara.

Nik Shazarina yang berusia 27 tahun ini merasa prihatin dengan keadaan bangsanya yang memiliki hutang yang sangat besar hingga RM 1 triliun, dan karena merasa memiliki tanggung jawab sebagai warga negara serta rasa cintanya kepada Kerajaan Malaysia, maka Nik Shazarina ingin mengumpulkan dana bersama-sama kerabat dan rakyat Malaysia lainnya.

Menurut Nik Shazarina, gerakan ini akan melibatkan seluruh rakyat Malaysian, ngga pandang agama, suku bangsa, usia ataupun latar belakang lainnya. Intinya mereka bersatu saling bekerja sama untuk mengumpulkan dana guna melunasi hutang negara. Dan semuanya atas dasar cinta negara dan semangat nasionalisme.

Spoiler for "Nik Shazarina":


Duh, keren banget semangatnya kan Gan Sist?

Seandainya saja bangsa kita memiliki semangat nasionalisme seperti bangsa Malaysia. Tanpa perlu ribut-ribut saling menebar fitnah, mereka bergotong royong menyisihkan sebagian dari pendapatan mereka untuk membantu negara melunasi hutang. Padahal Indonesia dengan Malaysia memiliki kultur budaya yang hampir, seharusnya Indonesia memiliki semangat yang sama dengan bangsa Malaysia.


Nah Gan Sist, menurut ane semangat nasionalisme dan patriotisme rakyat Malaysia inilah yang patut dicontoh oleh kita, terutama kaum mudanya. Stop menebar fitnah dan kebencian. Stop saling menyalahkan. Yuk mari kita bersama-sama menebarkan kebaikan dan semangat kesatuan. Bersama-sama kita membangun bangsa ini, serta ciptakan persatuan dan kesatuan.

Ane yakin banget kok, kalau pemuda kita bersatu dan saling membangun, Indonesia bakalan lebih maju daripada Singapura. 

Gimana menurut Agan Sista?


Spoiler for "bocor bocoor":


Spoiler for "jan dibuka!":


0
37.6K
465
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan