Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.hadesAvatar border
TS
.hades
Perlukah Anak Berprestasi Sedini Mungkin?
Selamat pagi,
Apa kabar kaskuser semua? Mudah-mudahan kabarnya menyenangkan karna bisa sejenak bersantai menikmat hari libur di (agak) tengah minggu ini emoticon-Big Grin

Jadi gini; saya sedang menemani anak saya ikut suatu pertandingan ketika tiba-tiba kepikiran, untuk apa sih ini semua? Apakah anak memang perlu berprestasi sedini mungkin?
Spoiler for anak berpresatsi:

sumber: klikdokter.com

Tidak bisa dipungkiri kita hidup di era kompetitif. Sumber daya semakin langka sehingga persaingan semakin ketat. Kita sudah mendengar doktrin, anak-anak perlu dipersiapkan sedini mungkin untuk menghadapi kerasnya dunia di luar sana. Orang tua pun berlomba-lomba mempersiapkan anaknya mempunyai bekal sebanyak mungkin, mengukir prestasi sedini mungkin. Tapi apakah itu benar diperlukan? Sebenarnya apa sih pro kontranya kalau kita mendidik anak untuk memperoleh achievement?
Kalo menurut TS sih, ini kelebihan dan kekurangannya:

Pro
1. Anak memperoleh banyak pengalaman
Spoiler for lomba:

sumber: infopublik.id
Ikut lomba nari, lomba gambar, tanding taekwondo dsb, untuk apa? Sebenarnya saya juga ga mengharapkan mereka jadi penari profesional, atau artis atau atlit sih emoticon-Big GrinTapi menurut saya tidak ada salahnya mencari pengalaman sebanyak mungkin. Kelak mereka akan mengingat masa kecil mereka dan berpikir, oh aku pernah ini, pernah itu. Mudah-mudahan akan jadi memori yang menyenangkan buat mereka.

2. Bisa meningkatkan keberanian dan rasa percaya diri anak
Battle 1 on 1, tampil di depan orang banyak, itu butuh keberanian dan percaya diri yang tinggi lho. Dengan membiasakan anak menumbuhkan sikap tersebut, mudah-mudahan itu bisa jadi bekal mereka memasuki dunia sosial kelak.

3. Bisa membiasakan anak berkompetisi
Spoiler for kompetisi:

sumber: nakita.id
Dalam suatu lomba, tentu lawan yang dihadapi tidak homogen. Terkadang lebih tua dari mereka, lebih besar, lebih pandai. Tapi apapun itu, bisa menumbuhkan sikap kompetitif (yang positif tentunya ya), tidak gentar sebelum bertanding. Mereka juga belajar, bahwa kemungkinan akan ada orang-orang yang lebih dari mereka. That's ok, berani maju itu awal dari suatu kemenangan.

4. Memupuk bakat anak sedini mungkin
Dengan seringnya anak mengikuti kegiatan macam-macam, kita jadi bisa tahu, dia unggul di bidang mana, lemah di bidang mana, sehingga kita bisa mengarahkan mereka, hal apa yang perlu mereka perdalam sehingga bisa betul-betul unggul di bidang tersebut.

Kontra
1. Menyita waktu anak
Spoiler for waktu:

sumber: astaga.com
Untuk mendapatkan suatu prestasi tentu perlu perjuangan, perlu belajar dan latihan yang mau tidak mau akan menyita waktu bermain dan beristirahat anak.

2. Dapat memberikan beban mental tersendiri bagi anak
Ketika mengikuti suatu lomba, pasti ada keinginan dan (sedikit) tuntutan untuk menang. Hal ini bisa memberikan tekanan psikis. Begitupun jika sang anak kalah, tentu dia akan merasa kecewa.

3. Perlu modal yang tidak sedikit
Spoiler for modal:

sumber: fe101.net
Tidak bisa dipungkiri, money rules, hehehe. Untuk mendorong anak berprestasi diperlukan suntikan dana yamg tidak sedikit, untuk les tambahan, peralatan dan perlengkapan lomba, uang pendaftaran dan lain-lain, yang membuat orang tua harus merogoh kocek dalam-dalam.

Jadi begitulah gan sis, plus minus nya jika orang tua gencar mendorong anak berprestasi sedari kecil, menurut pemahaman TS. Namun apapun itu, perlu diingat, anak bukan manusia dewasa versi mini yang bisa dibentuk sesuka hati. Dalam proses pendewasaannya, anak perlu diarahkan dan dibimbing, bukan semata diatur sesuai keinginan orang tuanya.
Spoiler for anak:

sumber: ibunda.id

sumber: pemikiran dan pengalaman sendiri
tata604
tata604 memberi reputasi
1
5.7K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan