Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hijongAvatar border
TS
hijong
Rumah Sakit Apung Sang Dermawan



Umumnya sebuah Rumah Sakit berdiri kokoh diatas tanah, bangunannya berupa gedung. Lain halnya dengan Rumah Sakit Apung (RSA) dr.Lie Dharmawan, adalah sebuah kapal kayu yang disulap menjadi sebuah rumah sakit. Keseluruhan operasional dilakukan diatas lautan Indonesia.





RSA dr.Lie Dharmawan berlayar untuk uji coba pelayanan medis perdananya pada 16 Maret 2013 ke Kep.Seribu dan diresmikan pada 6 juni 2013. RSA dr.Lie Dharmawan adalah Rumah Sakit Apung Swasta pertama di Indonesia. Ialah dr.Lie Agustinus dharmawan, Ph.D, Sp.B, Sp.BTKVyang merupakan tokoh dermawan di dunia Kedokteran Indonesia, ia membuat terobosan pelayanan kesehatan diatas laut. Tujuannya sederhana agar pelayanan kesehatan bisa menghampiri banyak wilayah di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, indonesia terdiri dari pulau-pulau dengan aksesnya yang masih terbatas. Sehingga target dr.Lie adalah "menjemput bola" bersama RSAnya.


Sebelum berubah wajah menjadi RSA, kapal kayu ini dulunya adalah kapal barang. Dengan panjang kapal 25.13 m, lebar kapal 6.82 m, dan draft kapal 4.00 m, kapal ini mampu mengarungi perairan indonesia. Didapatkan oleh dr.Lie di Palembang, kapal berjenis pinisi tersebut dibeli dr.Lie pada tahun 2012. Kapal ini dapat memuat barang hingga 250 ton, terbuat dari kayu ulin yang mampu bertahan hingga ratusan tahun. Pengetahuan akan jenis kayu untuk kapal tersebut didapatkan oleh dr.Lie di museum kapal laut di Seattle, Amerika Serikat.



RSA dr.Lie Dharmawan terdiri dari dua tingkat setelah perombakan. Terdiri dari ruang Rontgen, EKG, USG, Laboratorium, Kamar Bedah, Ruang Resusitasi, Ruang Dokter, Ruang Pasien dan sebagainya. Berbagai macam tindakan pernah dilakukan, termasuk bedah mayor dan bedah minor. Sekali berlayar saat bertugas, RSA memboyong belasan dokter dan memakan waktu berlayar selama 10 hari.


Quote:


Spoiler for Sosok dr.Lie Dharmawan:




Sumber
Kompas
Doctor Share
Biografiku
Wikipedia
Doctor Share
Diubah oleh hijong 03-05-2018 00:56
0
10.2K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan