Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hijongAvatar border
TS
hijong
Tips Diet Untuk Gansis, Anti Nolak Nasi


emoticon-KissAyo merapat dimari untuk GanSis yang lagi berencana melakukan diet. Semoga rencana dietnya bukan hanya rencana semata ya, be healthy for a better life is a must. Disini saya akan bahas tips diet yang saya jalani, metodenya mudah dan menyenangkan. Pasti turun ga nih ? Jawabannya tergantung sama GanSis yang melakukannya, karena sejatinya diet tergantung setiap individu. Karena setiap individu itu unik, memiliki banyak perbedaan dari mulai sistem metabolisme tubuh sampai dengan pembentukan ototnya.emoticon-Kiss




1. ANTI NOLAK NASI


Kenapa anak judulnya saya pertegas ? Karena banyak pelaku diet yang jadi musuhan sama nasi. Padahal nasi menawarkan manfaat lebih untuk diet terutama jika dikonsumsi saat sarapan. Bisa menambah tenaga dan memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga kemungkinan lapar hingga menjelang siang menjadi berkurang.
Tepatnya jangan menghilangkan nasi dari daftar diet, tapi mengurangi porsi nasinya dan memperbanyak sayuran dan proteinnya
Pembagian yang saya gunakan dalam setiap makan adalah :

Persis seperti di atas, saya dapetin petunjuk makan seperti di atas dari dokter gizi saya, jadi saya ga asal nentuin porsi makan. Untuk jenis beras yang saya olah sebenarnya masih beras putih, karena saya kurang suka olahanan beras merah. Padahal beras merah lebih bermanfaat dalam diet dibanding beras putih. Jadi Gansis pakenya beras merah aja ya biar lebih joss, jangan kaya saya.

Saat melakukan diet, jangan sampai GanSis merasa kelaparan. Karena saat terjadi kelaparan, tubuh akan otomatis menyesuaikan diri dengan kelaparan tersebut. Sehingga lemak yang seharusnya terbakar, malah disimpan oleh tubuh sebagai cadangan akibat kelaparan tersebut. Ini menjadi salah satu faktor kenapa diet tapi berat badan GanSis turunnya sedikit atau bahkan tidak turun. Selain itu kelaparan juga menyebabkan nafsu makan tidak terkendali, akibatnya saat masuk jam makan selanjutnya tanpa sadar kita memenuhi keinginan untuk menuntaskan rasa lapar tersebut. Akibatnya ? Ya udah deh percuma aja dietnya, jadi jangan sampe kelaparan ya.



2. Oat untuk sarapan

Nah yang satu ini boleh banget ngeganti nasi untuk sarapan. Saya sendiri kalau lagi males masak nasi, sarapannya diganti pake oatmeal. Menurut saya pribadi, rasa kenyangnya lebih lama sebenernya daripada nasi. Cuma rasa oatmeal memang ga seenak nasi, jadi nasi tetep jadi pilihan utama. Kandungan penting pada oatmeal :
• Serat : 5.1 gr/100 gr
• Protein : 16 gr

Nah diliat dari kandungannya saja, kalau dibandingkan dengan beras merah ataupun putih memang lebih unggul oat ya.



3. Tetap ngemil emoticon-Ngakak

Mantap ga tuh tetap bisa ngemil ? Cara saya tetap bisa ngemil selama diet pake taktik GanSis. Saya ngemil saat masuk makan siang, dengan syarat hanya menuntaskan rasa penasaran. Karena semakin ingin kita mengunyah suatu makanan, jika tidak terpenuhi makan sinyal otak akan mengirim pesan untuk makan lebih banyak pada makanan pelampiasan. Which is bukan makanan yang kita inginkan. Makanya saya tetap ngemil satu atau dua kali dalam seminggu. Ngemilnya sedikit banget, misalnya saya pengen beng-beng. Saya cuma makan satu gigitan sebelum sendokan pertama makan siang, sisanya saya kasih orang lain (kebetulan temen-temen saya penadah makanan semua). Bagian ngemil ini memang tidak dianjurkan oleh ahli diet manapun (kayanya). Jadi boleh di skip ya GanSis, ini cuma cara saya aja buat ngeredam "ngidam".



4. Buah dan Sayur(wajib)

Ini makanan wajib ada selama diet, karena seratnya bermanfaat banget untuk menunda rasa lapar. Selain itu biasanya selama diet kita akan memangkas asupan kalori kan ? Nah risiko kita kena penyakit menular kaya flu misalnya jadi lebih tinggi juga. Karena bisa jadi tubuh kita yang masih adaptasi sama proses diet, menyebabkan daya tahan tubuh turun juga. Maka dari itu vitamin dari buah dan sayuran penting banget, untuk membantu kita menjaga daya tahan tubuh.



5. Air Putih

Nah ini bagian yang susah buat sebagian orang karena banyak alasan. Padahal minum air putih manfaatnya segudang, sebutlah salah satunya menjaga kelembaban kulit kita jadi resiko penuaan dini bisa sedikit diredam. Ayo GanSis yang masih malas minum air putih, usahan kemana-mana bawa air putih ya. Karena sebenarnya ketika kita haus, sinyal dari otak kita bisa mengaburkan perintah. Yang mestinya haus adalah minum air, malah timbul rasa lapar (nahloh). Makanya harus disadari, bener laper atau karna haus ? Kan tubuh kita 70%nya air, wajar jika konsumsi airpun harus banyak minimal 1.5 L perhari. Selain itu minum segelas air sebelum makan siang juga membantu mengurangi makan terlalu banyak.



6. Jalan yuk ?

Saya dapet ilmu jalan kaki untuk pelaku diet dari dokter gizi saya dan dari kuliah gizi yang saya dapatkan. Karena menurut beberapa penelitian, olahraga yang bikin ngos-ngosan seringnya bikin cepat bosan meskipun kalori yang dibakar lebih banyak. Selain itu jalan kaki minim risiko cedera maupun stress, mudah dilakukan dimanapun jadi tidak ada alasan untuk tidak jalan kaki. Saya jalan kaki setiap hari selama 30-40 menit. Selain jalan kaki, kita juga combine dengan olahraga lain tergantung target dan tujuannya.



7. Cheating day

Nah pasti pada pernah denger dong cheating day yang dilakukan sama para pelaku diet ? Saya juga melakukan cheating day satu hari setiap weekend, inget ya cuma sehari aja. Itupun cheatingnya tidak kebablasan dan seenaknya. Inti dari cheating day adalah untuk memberi reward kepada diri sendiri karena berhasil melewati 6/7 proses diet. Sistem cheating day yang saya gunakan adalah, hanya memakan makanan yang saya inginkan pada hari-hari sebelumnya dalam jumlah yang "sedikit lebih banyak"daripada jam ngemil yang saya adaptasi. Misalnya pada hari biasa saya ingin makan mie instant, maka saat cheating day saya akan makan mie tersebut. Tapi tetap jangan serakah ya, yang penting kita bisa lepas dari rasa jenuh diet agar diet bisa berlangsung lama sampai target terpenuhi.




Selama nerapin metode di atas, saya udah turun 8 kg selama 3 bulan. Buat beberapa orang memang ga banyak ya, tapi saya puas sama hasilnya. Karena timbangan saya stabil, tidak pernah naik meskipun saya makan banyak saat cheating day. Selain itu penurunan 8 kg tersebut disertai dengan peningkatan massa otot saya, jadi hasil kehilangan lemak dan peningkatan massa otot adalah 50:50. Sejujurnya saya udah banyak nyoba metode diet, mulai dari minum obat diet racikan, minum teh jati, akupuntur, sound therapy, pijet langsing, yang terakhir ke dokter gizi. Hasilnya ? Semua gagal kecuali metode yang dokter gizi saya ajarkan ke saya. Sayangnya saya berenti dateng ke dokter gizi karena waktu itu masa ospek. Boro-boro bisa kontrol ke dokter gizi, bisa pulang terus tidur aja udah syukur. Akibatnya selama masa ospek sampai 5 semester berat badan nambah. Setelah tahu bahwa tubuh kita mulai menumpuk lemak di pembuluh darah sejak usia kita 20 tahun. Saya langsung mulai diet lagi, karena terlalu banyak risiko yang mengancam kesehatan kita saat kita memiliki berat badan yang berlebih. Jadi untuk GanSis yang lagi melalui masa-masa sulit diet, ayo semangat ya ! Meskipun ukuran tubuh bukan tolak ukur kecantikan ataupun ketampanan seseorang, tetapi perlu di ingat bahwa kesehatan lebih mahal daripada junk food yang bisa kita beli.



[URL=http://childhoodobesitywales.blogspot.com/
Foto epid]Child Obes[/URL]

[URL=[youtube]QPnGLjweKGQ[/youtube]]Youtube[/URL]

Sumber bacaan :
Hello Sehat
Hello Sehat
Life Hack
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
10.9K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan