Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zeropasifikAvatar border
TS
zeropasifik
6 Alasan Untuk Tidak Lelah Berbuat Baik
Setiap orang tua menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang baik. Meski standar baik bisa saja berbeda-beda. Setiap orang ingin memiliki teman yang baik. Meski dengan standar baik yang berbeda. Begitu pun dengan pasangan, pasti menginginkan pasangan yang terbaik.
Pernah merasa kecewa karena perbuatan baik tidak direspon dengan baik? Ada kalanya hati merasa lelah, dan bosan dengan situasi yang terus diulang. Hingga terbesit dalam fikiran untuk berhenti berbuat baik, “ah, capek jadi orang baik”.
Meski demikian, jangan lelah untuk terus berbuat baik, kenapa? Berikut alasanya.1.
1. Melegakan hati
Hati kecil tidak pernah berbohong. Sepandai apaun seseorang berbohong, hati kecilnya akan berkata sebaliknya. Berbuat baik tidak hanya menguntungkan orang yang menerima kebaikan, melainkan untuk diri sendiri. Hati akan lebih cenderung lega dan tenang saat melakukan kebaikan. Tidak ada hal yang memberatkan hati dan penyesalan. Coba tanya hati kecil anda, apakah anda bahagia saat melakukan kebaikan pada orang lain?
2.  Memupuk sifat dasar manusia
Bayi yang terlahir suci, maka bisa dibilang sifat dasar manusia itu baik. Beberapa faktorlah yang menyebabkan perubahan sifat manusia. Jika anda menyerah sekarang, maka akan sulit untuk kembali nanti saat penyealan datang.
3.  Memberi manfaat
Saat anda berbuat baik, anda adalah pemberi manfaat. Anda menjadi orang yang berguna. Anda membantu mengurangi penderitaan dunia. Bukankah derita berasal dari perbuatan tidak baik.
4.  Wujud rasa syukur
Salah satu wujud sukur adalah berbuat baik. Memanfaatkan waktu bahwa anda masih diberi kesempatan untuk melakukan itu. Bersyukur bahwa hidup anda berjalan baik, bisa jadi hal ini juga karena kebaikan orang lain.
5.   Menjaga orang-orang tersayang
Saat anda menjadi orang baik, akan berdampak pula untuk orang-orang sekitar. Mereka akan ada yang menyayangi dan menerima kebaikan dari orang-orang yang berterimakasih atas kebaikan anda.
6.  Menjaga diri sendiri
Orang baik selalu banyak yang menyayangi. Meski banyak ujian dan berat, itu hanya kan membuktikan tingkat kebaikan anda. Anda tidak sendiri. Banyak orang yang berbuat baik, jadi tidak perlu khawatir tidak ada yang bersikap baik kepada anda. Nanti anda pasti akan menemukanya.
 
Demikian sahabat. Berbuat baiklah dari hati. Baik belum tentu benar, maka berbuatlah baik dan benar.
 
Sumber: pengalaman pribadi

Nb: Artikel ini telah terbit pada Uc News dengan judul yang sama





0
1.4K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan