thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Baru Tau, Ini Asal Usul Nama Kuningan dan Casablanca di Jakarta


Siapa yang kerja di wilayah Kuningan, Jakarta Selatan?

emoticon-Request

Bisa dibilang Kuningan adalah salah satu kawasan bisnis di Jakarta, bahkan juga masuk dalam Segitiga Emas Jakarta yang lokasinya strategis. Salah satu jalan protokol yang terkenal adalah Jalan HR. Rasuna Said, yes kantor KASKUS ada di jalan ini Gan.

Kuningan, Jakarta ini punya kembaran nama sama dengan Kuningan, Jawa Barat. Kok bisa ya?

Asal usul nama Kuningan


Foto: Dok. Pribadi

Pernah belajar tentang Kerajaan Sunda Pajajaran dan Kesultanan Demak? Jadi waktu tahun 1526 dan 1527, pasukan Demak dan Cirebon menyerang pelabuhan Kerajaan Banten dan Sunda Kelapa. Salah satu pasukan yang diikutsertakan adalah pasukan dari Kuningan, Jawa Barat yang dipimpin oleh panglima bernama Dipati Ewangga atau yang dikenal dengan Dipati Cangkuang.

Setelah Banten dan Sunda Kalapa berhasil ditaklukkan, kemudian berubah nama menjadi Jayakarta, pasukan Kuningan menetap di Jakarta, yang dulunya masih pedalaman hingga jadi perkampungan dengan nama Kuningan. Mereka kebanyakan berprofesi sebagai peternak sapi perah.

Jalan HR Rasuna Said


Foto: Dok. Pribadi

Nama lengkapnya Hajjah Rangkayo Rasuna Said, seorang pejuang kemerdekaan Indonesia yang juga pahlawan nasional Indonesia. Asalnya dari Maninjau, Agam, Sumatera Barat. Bukan hanya pejuang kemerdekaan, HR Rasuna Said juga sangat memperhatikan kemajuan dan pendidikan kaum perempuan.

Di bidang politik, Rasuna Said sangat mahir berpidato dengan tujuan melawan Belanda sehingga ia menjadi perempuan pertama yang terkena hukum Speek Delict, hukum kolonial Belanda yang menyatakan kalau siapapun bisa dihukum jika berbicara menentang Belanda. Beliau ditangkap bersama teman seperjuangannya, Rasimah Ismail dan dipenjara di tahun 1932 di Semarang. Rasuna Said juga dikenal dengan tulisan-tulisannya yang tajam bahkan pernah menjadi pemimpin redaksi di majalah Raya, yang terkenal radikal dan menjadi tonggak perlawanan di Sumatera Barat.

Selain di Kuningan, nama Rasuna Said juga diabadikan di kota Padang, Sumatera Barat.

Plaza Festival


Foto: Dok. Pribadi

Salah satu tempat makan dan belanja di kawasan Kuningan adalah Pasar Festival, yang sekarang namanya berubah jadi Plaza Festival. Mall ini udah ada dari tahun 1995, jadi bisa dibilang mall-mall awal yang ada di Jakarta Gan.

GOR Soemantri Brodjonegoro


Foto: Dok. Pribadi

Gelanggang Olahraga Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro ini terletak satu kawasan dengan Plaza Festival Gan. GOR Soemantri ini emang milik Pemda DKI Jakarta, yang dikelola Dinas Olahraga untuk mahasiswa di masa Gubernur Ali Sadikin. Tapi mahasiswa nggak bisa ngelola terus diserahkan ke Pemda DKI. Dari tahun 90-an, GOR Soemantri dikontrak selama 48 tahun oleh Bakrie.

Siapa sebenernya Soemantri Brodjonegoro? Prof. Dr. Ir. R. M. Soemantri Brodjonegoro adalah guru besar teknik kimia ITB dan kemudian menjabat Menteri ESDM RI di tahun 1967-173. Setelah itu, beliau menjabat jadi Mendikbud RI pada tahun 1973 hingga meninggal dunia dalam masa jabatannya. Selain sebagai menteri, beliau adalah seorang guru hingga pernah menjabat sebagai rektor termuda Universitas Indonesia hingga saat ini yakni saat umurnya 38 tahun. Bahkan ia menjabat hingga 2 kali, hampir 9 tahun, sehingga disebut sebagai Rektor UI dengan masa jabatan terlama sampai sekarang.

Untuk menghormati jasanya, nama GOR di Kuningan ini dinamakan dengan nama Soemantri Brodjonegoro.

Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail


Foto: Dok. Pribadi

Tepat di sebelah Plaza Festival, ada Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail. Buat yang belum tau, Usmar Ismail disebut sebagai Bapak Film Nasional. Beliau mendirikan Perfini (Pusat Film Nasional Indonesia) dan selama tahun 1950-1970, beliau telah membuat 33 film layar lebar dengan shooting pertama filmnya pada 30 Maret 1950. Sedihnya, ada masalah saat Usmar sebagai direktur Perfini yang bekerjasama dengan International Film Company dari Italia dalam membuat film Adventures in Bali. Nyatanya, Usmar ditipu produser Italia karena namanya sebagai sutradara tidak dicantumkan di film yang beredar di Eropa.

Akhirnya buat menggaji karyawan, beliau harus menjual peralatan studio. Terpaksa ia mem-PHK 160 karyawan production house dan manajemen restoran miliknya, Miraca Sky Club yang dilikuidasi Sarinah. Malamnya adalah malam tahun baru, di mana ia mengajak keluarga dan sahabatnya ke Miraca Sky Club untuk perpisahan. Namun ada hal yang berbeda yakni dengan mengajak semua karyawannya foto bersama. Hingga besok sorenya, Usmar pingsan karena pendarahan di otak sampai meninggal pada 2 Januari 1971. Bisa dibilang salah satu penyebabnya adalah rasa kecewa dan stres akibat masalah dengan perusahaan Italia.

Sekarang, tanggal 30 Maret ditetapkan sebagai Hari Film Nasional.

Hotel Westin dan Gama Tower


Foto: Dok. Pribadi

Masih di Jalan HR Rasuna Said, Gama Tower berdiri tegak dengan ketinggian 308 meter (sebagai perbandingan, tinggi Monas 132 meter); 69 lantai ke atas dan 4 lantai basement. Gama Tower ini adalah gedung tertinggi di Indonesia dan gedung tertinggi ke-74 di dunia. Uniknya, Westin Hotel Jakarta berlokasi di Gama Tower ini, yakni menempati lantai 53 sampai lantai 66. Jadi bisa dibilang Westin Hotel Jakarta adalah hotel tertinggi di Jakarta Gan.

Jalan Casablanca


Foto: Dok. Pribadi

Hayo, orang Jabodetabek pasti tau deh mall yang pake nama Casablanca. Yes, mall ini emang letaknya di Jalan Casablanca. Kalo Agan belom ngeh, pasti tau kan Terowongan Casablanca. Jalan ini sebenernya baru dibuka tahun 1996/1997 sepanjang 5 km, tapi sekarang total jalannya udah mencapai 20 km Gan; sampai ke Roxy dan Pondok Kelapa.

Kalo Agan pernah denger nama Casablanca, iya ada kota dengan nama Casablanca di Maroko, Afrika Utara. Di tahun 90an, pemerintah Jakarta bekerjasama dengan Maroko dalam hal sister city. Jadi, di Jakarta ada nama Jalan Casablanca Gan!


Foto: Radio Silaturahim

Sekarang udah tau kan segelintir sejarah di wilayah Kuningan, Jakarta Selatan? Jangan sampai karena kita terlalu sibuk kerja atau beraktivitas, kita jadi nggak mengenal sejarah di sekitar kita Gan!

Ref: 12 3 4 5 6

Ereveld Menteng Pulo, Kuburan Korban Perang di Tengah Kota Jakarta

Baca thread ane yang lain di sini
Diubah oleh markas.kaskus 24-04-2018 10:23
0
40.5K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan