Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

misterhunterAvatar border
TS
misterhunter
Alasan Sepak Bola Indonesia Gampang Rusuh
#HT KE 49#


Ditulis oleh : Ace Sudrajat a.k.a Misterhunter


Quote:





#1#

MINIMNYA SIKAP KEDEWASAN SUPPORTER




Buat para supporter seluruh Indonesia, kita harus paham sebelum menonton atau mendukung klub kesayangan bahwa rivalitas olahraga ini hanya 90 menit di lapangan, atau kalau ada perpanjangan waktu ya sampai saat itulah rivalitas kita.

Di luar itu kita kembali berteman, bersaudara. Kalah menang itu resiko setiap pertandingan!


Sikap dewasa inilah yang masih belum banyak supporter Indonesia miliki, rivalitas olahraga kadang terbawa dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan ada yang bermusuhan hanya karena perbedaan dukungan klub bola.


Sikap tidak dewasa ini juga terlihat dari banyaknya supporter yang tidak memiliki tiket tapi memaksa masuk sampai merusak fasilitas stadion. Parahnya, malah banyak yang bangga dengan perbuatan-perbuatan ini! emoticon-Hammer (S)




#2#

ATMOSFER PERTANDINGAN




Saya akui, atmosfer pertandingan menonton langsung di Stadion sangat jauh berbeda dengan menonton di televisi. Dengan jumlah massa yang begitu besar sangat gampang sekali terjadi gesekan.


Apalagi saat pertandingan yang menyajikan laga panas seperti PERSIB vs PERSIJA, sikap tidak dewasa ditambah atmosfer pertandingan bisa membuat pertandingan yang damai berubah jadi medan Gladiator!




#3#

WASIT YANG TIDAK ADIL




Masalah wasit masih menjadi PR besar di negara kita, menjamurnya budaya korupsi membuat wasit olahraga pun bisa disogok demi kepentingan segelintir pihak.
Gaya kepemimpinan wasit seperti ini tentu membuat gerah para pendukung klub yang dirugikan, akhirnya memudahkan para oknum suporter nakal untuk memancing keributan dengan alasan kepemimpinan wasit ini.

Padahal sejatinya, jika ada ketidak adilan dalam sebuah pertandingan ada badan hukum sendiri dalam sepakbola yang lebih berwenang untuk mengurus hal ini.



#4#

KETIDAK SIAPAN PANITIA PELAKSANA




Dalam sebuah acara yang melibatkan massa yang besar seperti pertandingan sepakbola seharusnya ditunjang juga dengan panitia pelaksana yang profesional! Semua aspek harus diperhitungkan, keamanan, ambulance, penjualan tiket dll.


Dan lagi-lagi Indonesia masih lemah dalam hal ini, saya tak perlu menjelaskan betapa semrawutnya kalau kita menonton langsung pertandingan bola di stadion, agan-agan yang sering ke stadion pasti paham apa yang ane omongin disini.


Keributan yang seharusnya bisa dicegahpun terjadi, flare masih ada yang lolos, bahkan kemarin pelatih PERSIB kepalanya terluka dan berdarah terkena lemparan benda. ini mengerikan menurut ane, bagaimana kalau yang dilempar itu pisau? lalu ada yang tewas di lapangan?




#5#

PEMAIN YANG ANARKIS




Pemicu kerusuhan bukan hanya di bangku penonton, tapi para pemain ikut andil dalam membangun situasi yang panas ini. Protes yang berlebihan pada wasit, permainan yang tidak menjungjung fair play bisa menjadi pemancing dan penyebab gejolak situasi pertandingan, akhirnya suporter terpancing dan terjadilah sesuatu yang tidak diinginkan.



Quote:



Quote:


Quote:



DATA PENULIS
EMAIL : acesudrajat1@gmail.com ll INSTAGRAM : @acedesignbdg


Diubah oleh misterhunter 19-04-2018 00:07
0
15.9K
154
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan