mthayayayaAvatar border
TS
mthayayaya
Knocker Uppers Dan Jasanya Menggantikan Jam Alarm Pada Zamannya


Zaman sekarang rasanya sangat jarang ada orang yang tidak menyalakan jam alarm atau beker sebelum tidur. Tanpa jam alarm bangun pagi bisa berubah menjadi bangun siang. Belum lagi kalau Agan tinggal sendiri tanpa ada orang yang bisa membangunkan kamu dari alam mimpi saat pagi. Bangun pagi jadi benar-benar sulit kan Gan?

Keberadaan jam alarm sekarang memang memudahkan kita untuk membuat pengingat terhadap hal tertentu seperti soal perkara bangun tidur tadi. Tapi tau kah kamu bahwa orang-orang Irlandia dan Inggris punya cara unik tersendiri yang bisa menggantikan fungsi jam alarm di masa lampau Gan?


Foto: nowiknow


Adalah knocker uppers atau knocker up, seseorang yang bertugas untuk membangunkan orang-orang alias berperan sebagai “jam alarm” di Irlandia dan Inggris pada masa revolusi industri dahulu Gan. Knocker uppers sendiri menjadi semacam profesi di Inggris hingga tahun 1970-an.Tugasnya ya membangunkan para kliennya di pagi hari.

Cara mereka membangunkan orang-orang pun bukan seperti cara ibu kita membangunkan kita di saat harus bangun dan bersiap ke sekolah ya Gan. Cara yang dilakukan oleh para knocker uppers untuk membangunkan orang-orang adalah dengan menggunakan bilah kayu panjang yang kemudian diketukkan ke jendela atau pintu agar orang-orang bangun dan bersiap untuk bekerja.


Knocker uppers membangunkan dengan menembak biji-bijian ke jendela (Foto: bbc.com)

Penggunaan tongkat kayu panjang oleh para knocker uppers sendiri dilakukan karena kamar tidur seringkali terletak di lantai atas rumah. Tapi selain menggunakan tongkat kayu, beberapa knocker uppers juga menggunakan metode lain untuk membangunkan para pelanggannya, seperti menggunakan palu, mainan kerincingan dan bahkan kacang atau biji-bijian yang dilempar ke jendela.

Saat membangunkan para pelanggan, knocker uppers juga tidak boleh asal-asal memukul jendela. Tujuannya agar hanya pelanggan yang membayar jasa mereka yang bangun dan bukannya para tetangga yang tidak membayar jasa mereka.

Lalu bagaimana caranya para knocker uppers bangun lebih pagi dari para pelanggannya? Ternyata para knocker uppers biasanya tidur saat siang dan terjaga saat malam hari.


Foto: metro


Untuk orang yang sensitif dengan suara sih sepertinya cocok menggunakan jasa knocker uppers sebagai pengganti jam alarm. Tapi untuk orang yang bahkan sukanya menunda jam alarm dengan tombol snooze sih kayaknya nggak mempan ya kalau dibangunin sama knocker uppers kayak begini Gan. emoticon-Blue Guy Peace


<<Baca thread ane lainnya di sini
0
5.7K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan