c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kenapa Ikan Hiu Di Akuarium Tak Menyerang Ikan Yang Kecil




Ikan hiu sebagai predator di lautan lepas ini pastinya kalian sudah mengenalnya bukan, nah apakah kalian sudah pernah jalan-jalan ke wahana dengan akuarium ikan air laut yang besar, seperti seaworld yang ada di Ancol Jakarta, atau yang ada di Singapura, Jepang, Australia dan negara besar lainnya.



Tapi ketika di perhatikan predator laut yang ada di Aquarium tak menyerang ikan-ikan kecil yang ada di sekitarnya ? Terkadang ada juga penyelam yang berenang bersama hiu-hiu tersebut, sebenarnya apa yang terjadi hiu-hiu yang ganas di lautan lepas seakan jinak ??

Sebenarnya tidak jinak seperti yang kita kira ya sobat, hiu-hiu yang berada di Akuarium itu sudah dilatih jadi terkesan jinak, insting predatornya kadang juga menghilang ketika banyak jenis hiu yang di pelihara dari bayi, siklus pola makan yang berjalan membuat diri mereka merasa kenyang, untuk itu sering kita lihat para penyelam bermain dengan hiu bahkan tak menyerang ikan-ikan yang lain di Akuarium. Bahkan ada beberapa jenis hiu di laut lepas yang tak menyerang manusia.



Tapi dari banyaknya jenis hiu, untuk ukuran hiu yang besarnya bisa mencapai 1,5 meter lebih ini harus hati-hati biasanya hiu jenis predator seperti hiu macan, atau hiu putih yang paling besar. Mereka bisa saja berkelahi karena insting predatornya tetap ada walau berada di akuarium sekalipun, biasanya mereka yang ganas dan suka menyerang bukanlah anakan yang di pelihara pengelola konservasi, tapi hiu yang sudah dewasa diambil dari alam liar, jadi insting predatornya masih tetap ada.



Dikutip dari The Telegraph, sebuah percobaan mengenai hiu pernah dilakukan di Amerika Serikat Beberapa jenis hiu membiarkan tubuhnya diambil dari air dan dipeluk. Hal seperti itu juga terjadi di Sea Life Center, Inggris. Di sana sejumlah teknik pelatihan dilakukan terhadap ratusan hiu agar mereka menjadi hiu yang terlatih.

Hiu dilatih secara intensif dan berkesinambungan dengan menggunakan papan dan suara berwarna, sama seperti melatih anjing. Hiu yang terlatih akan memudahkan para petugas karena setiap hiu itu akan tahu kapan giliran mereka akan makan, semakin lama disuapin untuk mencari makan dengan insting berburu lama-lama hilang menjadi kebiasaan.

Hiu mempelajari sinyal saat mereka melihat atau mendengar sesuatu. Mereka akan mendekati penjaga yang memegang tongkat. Hiu kemudian menggosok hidung mereka melawan tongkat dan akan menunggu sampai mereka diberi makan.



Tapi tak semua hiu dapat dilatih, hiu putih yang berbeda bobot badannya dari hiu lain tak bisa dilatih, bahkan cenderung penangkaran hiu putih tak pernah berhasil karena ketika masuk akuarium hiu putih tak bisa hidup dengan lama, sudah berapa kali ujicoba hasilnya mereka mati.

Hiu putih tak bisa lepas dari insting predator, bahkan ia bernafas harus naik ke permukaan di laut lepas jadi butuh akuarium dengan jarak berapa meter untuk menangkarkan seekor hiu putih sang predator lautan luas.

Itulah sekilas thread tentang hiu, monggo yang mau coment serupuutt dolo..

emoticon-coffee



by c4punk@2018

https://m.merdeka.com/foto/dunia/409...u-005-isn.html


Diubah oleh c4punk1950... 12-04-2018 11:17
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
43.4K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan