indahairaAvatar border
TS
indahaira
Kenalin Nih Aktris Tuli Berbakat, Millicent Simmonds, di Film ‘A Quite Place’

Potongan Trailer Film 'A Quiet Place'


Udah Nonton Film ‘A Quiet Place’? Film yang menduduki tangga box office ini bisa dibilang film horor thriller yang sepanjang filmnya 80% bisu. Semua pemainnya berbicara dengan bahasa isyarat. Kenapa? Nah gue gak mau spoiler nih buat yang belum nonton.

Kalo kalian udah nonton film yang sepenuhnya menggunakan Bahasa Isyarat Amerika (American Sign Language) ini, pasti kalian tahu kan sama pemeran kakak perempuan yang tuli ini?


Millicent Simmonds ini menggemaskan banget ya.


Millicent Simmonds. Di dalam film, kita bisa tahu kalau aktris muda Amerika yang memerankan karakter Regan Abbott ini tidak bisa mendengar dan harus menggunakan alat bantu dengar di telinganya.

Tapi tahukah Agan, kalau Millicent Simmonds ini memang aslinya tuli sejak usianya 12 bulan, Gan. Meskipun dia tuli, dia sudah menjadi aktris yang diakui di Amerika sejak kemunculannya bermain di film ‘Wonderstruck’ (2017) dengan dinominasikan dalam sejumlah penghargaan untuk pemeran muda terbaik. Nominasi-nominasinya diantara lain, Critics’ Choice Movie Award for Best Young Performer, Florida Film Critics Circle’s Pauline Kael Breakout Award, Saturn Award for Best Performance by a Younger Actor, Seattle Film Critics Society Award for Best Youth Performance, Washington D.C. Area Film Critics Association Award for Best Youth Performance, dan Woman Film Critics Circle Award for Best Young Actreess.



Sedangkan film keduanya ‘A Quiet Place’ (2018) mendapat sambutan luar biasa dari para penonton. Pasalnya, karakter yang diperankan Millicent Simmonds ini menjadi kunci dalam film ‘A Quiet Place’. Kunci apa itu? Nonton sendiri deh. Selain itu, film yang disutradarai John Krasinki ini sangat menegangkan dan memiliki cerita yang unik, dengan aturan utama ‘Be Silence, Be Alive’. Sekalinya mengeluarkan suara, nyawanya terancam.

Mengapa Penulis Menyebut Tuli bukan Tuna Rungu?


Oh ya Ane mau nambahin kalo kata ‘tuli’ itu tidak kasar. Sekarang ini orang tuli (khususnya di Indonesia) lebih senang dipanggil teman tuli ketimbang tuna rungu. Mereka tidak nyaman dipanggil tuna rungu, meski orang awam menganggap tuna rungu sebagai istilah yang bagus. Namun, sebagian besar teman-teman tuli menganggap kata tuli lebih bagus, ucap salah seorang penyandang tuli-bisu di Indonesia, Adhi Kusuma Bharotorres, sebagaimana dikutip dalam Liputan6.

Banyaknya pihak yang masih menggunakan kata tuna rungu menjadi salah satu bentuk diskriminasi ke teman tuli. Sebab “kata tuna rungu pesannya masih berdasarkan kasihan, jadi istilah itu muncul dari istilah kedokteran yang menganggap bahwa ada hubungan kerusakan fisik ada tuna rungu, ada kerusakan,” sambung pria asa Jogjakarta ini.

Adhi menerangkan, sebutan tuna rungu membuat mereka terpisah dari kehidupan masyarakat normal. 


---


Salut dengan sejumlah sutradara yang menerima dengan tangan terbuka aktris tuli di filmnya. Si Sutradara film ‘A Quite Place’ memang patut diacungi jempol. Diperlukan keahlian bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan teman tuli, sehingga sutradara yang bisa melakukannya sudah pasti dipenuhi kemauan dan kesabaran mengarahkannya.

Film ‘A Quiet Place’ gak hanya sekedar kesuksesan besar dengan pendapatan mencapai $85 juta seluruh dunia. Namun film ini juga memiliki cerita yang bagus, menegangkan, dan anti mainstream. Film ini jadi pembicaraan di media sosial, tentang gimana para penonton begitu tegang dalam kesunyian di sepanjang film.



 
Spoiler for Referensi:

 
 

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast



Diubah oleh indahaira 12-04-2018 07:55
0
12.7K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan