izun9Avatar border
TS
izun9
Nambah Ilmu dengan mengetahui Seluk Beluk Hak Akses / "Root"
JANGAN REPOST TULISAN INI DAN PASTINYA SAYA TIDAK REPOST DISINI.

Malam para kaskuser dimana pun anda berada,
Om Swastiastu







Pernah mendengar kata "Root" bukan, sebuah kata yang tidak asing didengarkan lagi, sejak munculnya perangkat android smartphone. Sebenarnya root ini sendiri berati akar dalam bahasa inggris, namun dalam dunia komputasi, arti root telah memiliki perbedaan maksud. "Root" dalam dunia komputasi berarti "Perizinan Hak Akses", dalam kata lain yaitu, memberikan akses lebih terhadap perangkat yang anda miliki.



Dalam perjalanannya root telah lama dikenal oleh para pengguna Operating System(OS) Linux, pada OS Windows sendiri biasa disebut dengan System as Administrator / Sysadmin, walaupun tidak seratus persen mendapat hak aksesnya. Pada perangkat bersistem IOS pun juga dikenal dengan sebutan Jailbreaking, walapun sedikit berbeda seperti pada perangkat berbasis linux.



Android disini sebenarnya sebuah OS yang berbasis Linux, dikembangkan oleh Android.inc untuk perangkat layar sentuh, seperti telepon pintar dan komputer tablet. Dibeli Google pada tahun 2005, diresmikan pada 2007, dan merilisnya pertama kali di perangkat HTC Dream pada 2008 silam. Yaa, bukan Samsung yang mengawali, melainkan HTC, LOL.



Bagi saya sendiri, "android tanpa root, bagaikan makan tanpa minum", kenapa begitu, karena pembatasan yang dikeluarkan oleh pemroduski smartphone, menghalagi segala kegiatan dilakukan dengan penuh, padahal mereka memang memberikan hak akses ini dengan sengaja. Sebenarnya apa sajakah keuntungan dan kekurangan dari mendapatkan hak akses ini di Android.



Kelebihan :
  1. Bebas Mengontrol Kernel dan CPU
    Dengan melakukan kontrol Kernel dan CPU agan dapat melakukan overclock (mengoptimalkan & memaksimalkan kinerja procesor) dan menghemat Batrei dan Ram dengan meminimalkan kinerja procesor.

  2. Menghindari Wakelock
    Wakelock adalah keadaan dimana sistem terbangun oleh aplikasi-aplikasi yang terus menerus berjalan di background. Beberapa aplikasi bawaan sistem selalu menyebabkan kondisi ini. Dampaknya, Android kamu jadi boros baterai dan RAM karena adanya aplikasi yang menggunakan resource smartphone kamu walaupun sedang tidak digunakan.

  3. Mengedit Build.prop
    Salah satu cara untuk memaksimalkan kinerja smartphone android Android kamu adalah dengan cara mengedit file build.prop yg terletak di /system/build.prop. Direktori ini hanya bisa diakses dengan menggunanakan file manager yang dilengkapi kemampuan untuk mengakses direktori root, seperti Root Explorer.

    Di build.prof, kamu bisa mengubah tampilan About, melakukan tweak baterai, memori, dan lainnya lagi untuk memaksimalkan kinerja Android agan.

  4. Hapus Aplikasi Bawaan
    Aplikasi bawaan atau dikenal juga sebagai bloatware adalah aplikasi bawaan sistem yang disematkan vendor pada smartphone Android kita. Dampaknya, tentu smartphone kita jadi memiliki jatah ruang penyimpanan yang lebih sempit dari semestinya. Nah, dengan melakukan root Android, maka kamu bisa menghapus bloatware ini dengan mudah. Jadi memori Android kamu pun lebih lega.

  5. Pasang Custom Recovery
    Semua smartphone Android pasti dibekali Recovery Mode yang akan memudahkan kamu untuk melakukan berbagai perintah khusus pada sistem Android kamu. Namun Recovery Mode bawaan sistem sangat terbatas, makanya kamu sebaiknya menggunakan Custom Recovery.

    Lewat Custom Recovery kamu jadi bisa dengan mudah memasang aplikasi sistem, melakukan perubahan sistem dan lain sebagainya. Banyak Custom Recovery yang mungkin sudah sering kamu dengar, seperti TWRP, Phillz Recovery, CWM, dan lainnya. Dan kamu butuh akses root untuk memasang custom recovery di Android kamu.

  6. Ganti / Custom ROM
    Bosan dengan Android kamu yang lama karena tampilannya gitu-gitu aja dan udah gak dapat dukungan update sistem operasi terbaru lagi? Kamu bisa gunakan Custom ROM untuk merasakan pengalaman menggunakan ROM smartphone lain di Android kamu.

    Dengan Custom ROM, kamu bukan hanya akan mendapatkan tampilan baru, tapi juga bisa menggunakan sistem operasi terbaru (sesuai ROM), hingga fitur sistem yang dibawa oleh Custom ROM yang kamu gunakan. Contoh; hape ane Samsung, tapi boot logo-nya HTC, dan system-nya MIUI keluaran Xiaomi.

  7. Keuntungan Lainnya
    Hapus iklan, backup & restore Aplikasi, cheat games, dll




Kekurangan :
  1. Garansi Hilang
  2. Kerusakan Sistem, Error, Bootloop, Softbrick, dan HardBrick
  3. Keamanan Menurun dan Terancam Malware
  4. Yang jelas keuntungan dan kekurangan pasti sudah menjadi resiko, dan sepertinya kekuranganya juga gk penting-prnting amat, jadi yaa mending di root aja gan.

    Quote:








Dan Seperti Biasa, Ane Gak berharap apapun, cuman kalo dikasi
Cendol Gan Alhamdulilah.

Dan bila dikasi
Lempar Bata pun Alhamdulillah saya terima dengan lapang dada. dan bila berkenan mampir lah ke blog ane disini. untuk menjadi warga negara yang CERDAASSS. wkwkwkwkwkwkwkk....


TESTIMONI AGAN KASKUSER YANG BAIK,

Quote:







Diubah oleh izun9 08-04-2018 15:00
0
15.6K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan