c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Bakso Malang, Nasibnya Tidak Semalang Namanya




Dingin-dingin, sambil menunggu rintik hujan reda nikmatnya adalah makan bakso, dengan kuah hangat yang khas membuat suasana di tubuh menjadi segar kembali.

Tapi tahukah kalian bila kita ke kota Malang ada bakso yang khas disebut Bakso Malang.



Sedikit cerita dari sejarah bakso malang, bahwa bakso Malang tidak lepas dari peran Abah Sugito. Nah dahulu abah ini menjajakan bakso keliling sejak tahun 1977.



Walau sebenarnya bakso itu bukanlah makanan asli lokal namun dari negeri seberang. Dan bakso itu awalnya dari bahasa hokian yang disebut daging giling.



Nah kembali ke abah Sugito, seiring berjalannya waktu abahpun akhirnya mendirikan warung bakso di belakang gedung bioskop President Malang. Hingga akhirnya warung Bakso itu pun hingga kini dikenal dengan nama Bakso President.

Walau saat ini gedung bioskop tersebut sudah berganti menjadi Departemen Store sejak tahun 1990. Nah bakso Malang Asli buatan Abah Sugito ini sendiri berbeda dari bakso pada umumnya, bakso buatan abah Sugito terdiri dari empat isian yaitu mie kuning, tahu, siomay basah atau kering.



Sedangkan untuk zaman now bakso malang sudah berkembang dan isinya pun bervariasi. Dengan keberhasilan Abah Sugito inilah kemudian ada beberapa orang di kota Malang yang memulai usaha bakso malangnya.



Seperti sosok sukses di Malang yang satu ini, bisnis kulinernya disebut Bakso Kota Cak Man, kini gerainya punya cabang di mana-mana, nah awal mula usaha bakso udah dimulai sama Bapak Abdul Rahman Tukiman, sang owner, sejak tahun 1980 dengan berjualan bakso pikul keliilng.

Hingga karena rasanya yang khas Bakso Kota Cak Man pun berkembang hingga mereka punya tempat makan yang cukup luas, hingga kini cabangnya juga semakin banyak.



Bakso ini memang menjadi favorit di kota malang karena isiannya yang lengkap bin komplit. Semangkuk penuh kalau kamu mau ambil semua isian baksonya kayaknya bakal kekenyangan. Selain bakso dan bihun, ada sate telur puyuh, sate usus, aneka goreng, jerohan, dan siomay.



Bakso malang pun kini mulai tenar dan menjadi ikon kota Malang itu sendiri, bahkan sudah merambah keseantero nusantara dan menjadi kuliner yang khas dan banyak dicari, bakso Malang memang nasibnya tak semalang namanya kawan, jadi bagaimana menurutmu kawan..

Serupuutt dolo gan

emoticon-coffee

By c4punk@2018

Referensi

https://www.viva.co.id/blog/sejarah/560966-sejarah-bakso-malang




Dharryzone
Dharryzone memberi reputasi
1
18.4K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan