bear89800Avatar border
TS
bear89800
Bagaimana cara Operasi Transgender?

Thread ini murni sebagai bahan pembelajaran, tidak bertujuan untuk menyudutkan atau mengajak siapapun untuk melakukan hal di bawah ini.

Okeh, mungkin kalian penasaran gimana ceritanya kok bisa cowok jadi cewek dan cewek jadi cowok? Apalagi dalam hal ini bukan hanya penampilan luarnya saja yang berubah, organ kelaminnya juga sudah berubah.

Belakangan ini fenomena transgender sudah mulai menyebar dan mulai hangat. Sebenarnya transgender bukanlah hal yang baru, tapi orang yang melakukan operasi transgender belakangan ini sudah lebih berani buka-bukaan.

Nah, mungkin kalian bertanya-tanya gimana caranya mereka merubah gender mereka? Mudah2an di thread ini kalian dapat gambarannya bre.
emoticon-Ngacir2


1. Berapa banyak orang yang melakukan operasi transgender?

Okeh, pertanyaan ini cukup susah untuk di pastikan karena tidak semua orang mau terbuka perihal operasi transgender yang mereka lakukan, terutama di dunia timur yang masih sangat berbudaya dan hal ini masih di anggap tabu.
Tapi di Amerika Serikat di perkirakan ada sekitar 500 orang yang melakukan operasi transgender setiap tahunnya.  

Marci Bowers, seorang dokter kandungan transgender di California mengaku bahwa ada 200 operasi transgender yang di lakukannya per tahun. 75% pasien yang di tangani adalah pria yang ingin berganti kelamin menjadi perempuan.


2. Bagaimana Prosedur Melakukan Operasi Transgender ?

Semua operasi yang di lakukan sepenuhnya di bawah pengawasan World Professional Association for Transgender Health (WPATH). Langkah pertama biasanya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter ahli kesehatan mental untuk melakukan diagnosis dan psikoterapi.

Setelah diagnosis gangguan gender selesai di lakukan, pasien akan mendapatkan surat rekomendasi. Nah, jika sudah mengantongi surat rekomendasi, selanjutnya pasien akan melakukan terapi hormon. 
Selama terapi hormon di lakukan, biasanya pasien akan di dampingi oleh teman/rekan lawan jenis untuk penyesuaian tingkah laku dan kondisi kejiwaan si pasien.


3. Hormon apa saja yang di gunakan dalam operasi transgender?

Hormon Androgen di berikan kepada wanita untuk mengembangkan karakteristik seksual sekunder laki-laki seperti jenggot, kumis dan juga bulu-bulu di tubuh.
Hormon Estrogen dan Anti-Androgen akan di berikan kepada pria untuk mengubah karakteristik tubuh mereka. Jika hormon ini sudah masuk, maka tubuh akan terlihat lebih feminin dan bulu tubuh juga akan berkurang.

Tapi beberapa ahli menilai bahwa hormon ini juga berfungsi untuk menghindari transgender disforia (kondisi dimana tubuh merasa tidak nyaman dengan gender yang di miliki). Sekitar 2 bulan setelah hormon ini masuk, otak dan tubuh akan mulai sejajar dan sepaham sehingga disforia gender sudah berhasil di lewati.

Ahli bedah sangat ketat dalam urusan ini, walaupun seseorang sudah selesai di operasi tapi masih wajib lapor selama satu tahun. Jadi si pasien harus menunjukkan bahwa mereka berhasil hidup dengan gender yang baru.


4. Apa yang terjadi selama Operasi pergantian Jenis Kelamin?

Operasi kelamin dari Pria ke wanita lebih murah, lebih mudah dan lebih sukses di bandingkan operasi kelamin dari wanita ke Pria. Mungkin karena itulah makanya lebih banyak pria yang berubah menjadi wanita.

Ketika operasi kelamin dari pria ke wanita, Penis dan testis akan di potong lalu uretra juga akan di potong menjadi lebih pendek. Sebagian kulit penis akan di cangkok sebagai jaringan pendukung untuk membentuk vagina yang fungsional. Wanita transgender akan mempertahankan prostat mereka, karena ini tidak di keluarkan ketika operasi.

Lain cerita ketika Operasi kelamin dari wanita ke pria, Payudara, indung telur dan rahim akan di keluarkan dari  tubuh. 
Penis akan di bentuk menggunakan jaringan yang di ambil dari lengan atau bagian lain dari tubuh yang memungkinkan untuk membangkitkan gairah seksual. Nah prosedur inilah yang mahal.
Selain itu, uretra (saluran kencing) juga harus di buat lebih panjang untuk memungkinkan si pasien BAK berdiri menggunakan organ kelamin yang baru. Setelah 1-2 tahun, penis dan testis buatan akan di cangkokkan lagi ke alat kelamin si Pria Transgender. 


5. Setelah operasi alat kelamin, apalagi yang akan di lakukan?

Pria transgender masih harus membentuk tubuhnya agar terlihat lebih kekar dan kuat sehingga benar-benar menyerupai laki-laki.
Untuk Wanita transgender biasanya harus menjalani beberapa operasi plastik untuk membuat penampilan mereka lebih feminin, termasuk hidung, mata, alis dan dagu.


6. Berapa biaya operasi Transgender?
Bower dan Ettner (dokter bedah transgender) mengatakan bahwa untuk operasi transgender dari Wanita ke Pria menghabiskan biaya 75.000 dollar sedangkan operasi transgender dari pria ke wanita menghabiskan biaya sekitar 40.000 sd 50.000 dollar.


7. Apakah ada yang menyesal setelah Melakukan Operasi?

Bower mengatakan Pasien yang menceritakan keluhannya memang banyak, tapi secara keseluruhan yang menyesal hanya 2 dari 1.300 orang yang ingin kembali ke gender sebelumnya.

Tapi ini tidak berarti bahwa disforia gender akan langsung hilang ketika sudah melakukan operasi transgender. Orang yang melakukan operasi transgender biasanya akan kehilangan pasangan, keluarga dan pekerjaan sehingga memaksa mereka pindah ke tempat baru dimana tidak ada yang tahu masa lalu mereka.

Sebuah studi Karolinska (2011) mengatakan bahwa dari 324 pasien transgender di Swedia memiliki resiko kematian yang lebih tinggi dan perilaku bunuh diri.


-The Washington Post | Google-

Sebagai catatan : TS gak setuju sama yang beginian Termasuk LGBT. Tapi gk ada salahnya dong kita tau dikit-dikit ??





Diubah oleh bear89800 31-03-2018 02:42
erycksyaputra
erycksyaputra memberi reputasi
1
40.4K
204
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan