Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bisnismenarikAvatar border
TS
bisnismenarik
Cara Membuat Keripik Pepaya Muda, Renyah, Enak, dan Nagih
Cara Membuat Keripik Pepaya Muda – Pernahkah anda mengkonsumsi buah pepaya? Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah pernah mengkonsumsi buah pepaya.

Namun, pernahkah anda mengkonsumsi keripik pepaya muda? Pasti sebagian dari anda belum pernah mencicipinya. Sebagian dari anda mungkin malah bertanya, “Memangnya ada keripik dari buah pepaya?”, “Bagaimana cara membuat keripik pepaya muda?”. “Lalu bagaimana rasanya?”



Jawabannya, keripik pepaya muda memang ada. Cara membuatnya sangat mudah sekali. Dan rasanya sangat enak, renyah dan nagih. Keripik pepaya ini cocok sekali untuk menemani aktifitas anda seperti saat menonton televisi, bercengkrama dengan teman, atau bahkan hanya untuk ngemil-ngemil saja.

Nah, sebelum menuju ke cara membuat keripik buah pepaya, simak manfaat buah pepaya berikut ini dulu yuk!

Manfaat Buah Pepaya

Buah pepaya yang sangat mudah ditanam dan berwarna oranye itu ternyata memiliki kandungan banyak vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Vitamin itu antara lain adalah folat, vitamin A, magnesium, tembaga, vitamin B, lutein, Vitamin E, viber 3, kalsium, kalium, dan antioksidan.

Nah, kandungan-kandungan tersebut bermanfaat bagi tubuh karena anti inflamasi, menguatkan sistem imun, menguatkan tulang, baik bagi penderita diabetes, juga mencegah terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, manfaat lain dari buah pepaya untuk tubuh adalah dapat melancarkan pencernaan, mencegah degenarasi manula, mempercepat penyembuhan luka, dan mencegah asma.

Wah, banyak sekali ya manfaat buah pepaya ini. Nah, jika anda sudah tahu manfaatnya yuk langsung saja cek cara membuat keripik pepaya muda berikut ini!

Cara Membuat Keripik Pepaya Muda

Bahan-bahan
Buah pepaya muda beratnya 5 kg
Minyak goreng sawit banyaknya 2 liter

Alat-alat
Pisau
Vacuum frying
Mesin Pemisah Minyak
Alumunium foil

Cara Membuat Keripik Pepaya Muda
1. Pertama-tama hal yang harus anda lakukan adalah mengupas kulit buah pepaya. Bersihkan biji-bijinya. Buah pepaya kemudian dicuci menggunakan air yang mengalir.
2. Buah pepaya yang sudah dicuci lalu potonglah dengan bentuk sesuai selera anda. Sebaiknya buah pepaya dipotong tipis-tipis sekitar 5 milimeter. Alasannya agar mudah kering saat digoreng. Ukuran dan bentuk dapat disesuaikan dengan kreasi Anda. Anda bisa membentuknya menjadi kotak-kotak, setengah lingkaran, bulat-bulat menyerupai donat.
3. Buah pepaya yang sudah dibentuk sesuai selera bisa langsung dimasukkan ke dalam freezer. Dinginkan selama kurang lebih 24 jam.
4. Siapkan mesin vacuum frying. Mesin tersebut lalu diisi dengan minyak goreng yang jumlahnya disesuaikan dengan kapasitas mesin.
5. Keluarkan irisan buah pepaya dari freezer (tentunya setelah 24 jam). Masukkanlah irisan buah pepaya tersebut ke dalam mesin penggorengan (vacuum frying). Gorenglah pada suhu 85 derajat celcius.
6. Buah pepaya yang sudah kering dapat anda angkat dari penggorengan. Proses tearkhir, anda tinggal memasukkannya pada mesin pemisah minyak.
7. Keripik buah pepaya pun siap disajikan. Agar awet, simpanlag di tempat yang kedap udara seperti plastik yang bahannya dari alumunium foil.

Mudah kan cara membuat keripik pepaya muda ini? Masih bingung memilih buah pepaya agar keripik yang dihasilkan benar-benar enak dan sesuai ekspektasi? Cek lagi di bawah ini ya!

Pemilihan Buah Pepaya Untuk Dijadikan Keripik

Buah pepaya yang digunakan sebagai bahan keripik sebaiknya adalah buah pepaya yang berjenis pepaya Bangkok atau pepaya California. Pastikan buah pepayanya adalah buah yang muda agar estetika keripik yang dihasilkan bagus.

Begitulah cara membuat keripik pepaya muda yang enak, renyah, dan nagih. Selamat berkreasi!
Diubah oleh bisnismenarik 14-02-2017 08:54
tata604
tata604 memberi reputasi
1
59.9K
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan