Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kue Kaca, Banyak Disuka Kalangan Selebritis Dunia




Hi kawan hari ini kita bahas kue yuk, maklum kue itu sangat enak bila di temani secangkir kopi. Tapi kalian tahu tidak apa yang dimaksud dengan kue ?? Biar ada ilmunya sedikit saya kutip dari om wiki nih, kue itu sebenarnya kudapan atau makanan ringan yang bukan makanan utama. Kue biasanya bercita rasa manis atau ada pula yang gurih dan asin. Kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, Baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu. Nah bagaimana dah pahamkan apa yang dimaksud dengan kue !!



Nah banyak kue tradisional, seperti kue yang sering dijajakan di pinggir jalan teruta kue basah, lazim ditemukan di Indonesia, Malaysia, Singapura, serta Belanda melalui hubungan sejarahnya dengan Indonesia.

Sedangkang kata "kue" sendiri berasal dari kata serapan dari Bahasa Hokkian: 粿 koé, hal ini menunjukkan pengaruh seni memasak dari Tionghoa di Nusantara, bahkan beberapa kue memang menunjukkan asal mulanya dari China seperti kue bakpia, bakpao. Sementara beberapa kue lain diantaranya kue kering seperti lapis legit, risoles, pastel dan panekuk menunjukkan pengaruh Eropa, yaitu Belanda dan Portugis.



Oke sekarang kita masuk ke inti dari artikel, yaitu membahas kue kaca !! Nah kamu sudah tahu kue kaca itu seperti apa ??

Kue ini sedang booming saat ini, hingga para ibu-ibu hingga bapak-bapak kepo pun mengagumi kue kaca ini atau bahasa kerennya mirror cake. Tampilannya yang unik dengan lapisan yang mengkilap layaknya sebuah cermin memang menampilkan hal baru di dunia baking. Nah di awal populernya kue kaca ini terjadi karena ada salah satu orang dari negara adidaya yaitu Rusia yang memamerkan hasil karya nya melalui instagram.



Gadis cantik pembuat kue itu bernama Olga Noskova, di instagramnya banyak sekali kue kaca yang berkilau. Warna-warni yang diberikan sungguh cantik dan menggemaskan. Tak heran kalau ide kreatifnya populer dimana-dimana. Hingga banyak selebrity dunia pun kagum dengan hasil karyanya, salah satunya yaitu "Britney Spears".



Bagaimana cara pembuatannya hingga bisa membuat kue tersebut seperti kaca yang bening dan menarik, nah bahan-bahan yang dibutuhkan memang tak sulit didapat, seperti gelatin, air, sirup glukosa, gula, susu kental manis, air serta cokelat putih. Nah untuk rahasia agar kue terlihat mengkilap seperti cermin ternyata dari penggunaan gelatin di dalamnya, tapi kalian jangan khawatir carilah gelatin yang halal bagi kamu yang beragama Islam, karena banyak gelatin dari olahan daging babi, banyak sekarang tersedia gelatin halal yang terbuat dari tulang ayam, sapi dan ikan.



Nah disini saya akan kasih resep cara pembuatan lapisan kaca pada sebuah kue, ini yang membuat tampilan kue menjadi berkilau.

Disini saya akan kutip dari resepasik.com, bahan - bahan yang digunakan untuk membuat lapisan kaca berwarna coklat



* 2-4 lembar gelatin atau 8 gram (pilih yang halal misal gelatin sapi, ayam dan ikan), 1 lembar gelatin = 4 gram.

* Gula pasir halus 250 gram.

* Coklat bubuk 80 gram.

* Krim kental (Double cream) 80 ml.

* Air 150 ml.

* Coklat blok (dark cooking chocolate) cincang 50 gram (ini untuk warna coklat, jika kamu ingin buat yang bewarna gunakan coklat putih).

Kemudian Yuk Kita Lakukan Langkah Untuk Membuat Lapisan Kaca Berwarna Coklat.



* Pertama-tama rendam 8 gram lembar gelatin dalam air dingin sampai lunak. Ambil lalu peras.

* Selanjutnya campurkan gula pasir halus, coklat bubuk, krim kental dan air di dalam panci. Aduk terus hingga mendidih (aduk terus jangan ditinggal ya, agar tidak gosong adonannya). Angkat.

* Masukkan cincangan coklat blok, aduk hingga mencair dan tercampur dengan rata. Lalu tambahkan gelatinnya, aduk hingga rata lalu saring. Dinginkan menggunakan suhu ruangan.

* Coklat cermin siap digunakan, untuk melapisi sebuah kue yang sudah dibuat, mungkin saja bisa dilapisi pada kue bakpia, dan lainnya.

Dan jangan lupa kamu bisa memberikan toping diatasnya, entah itu buah-buahan atau toping yang lain.



Bagaimana kawan, kamu ingin mencoba membuatnya ?? Semoga artikel ini berguna ya kawan..

Monggo di serupuutt dolo...

emoticon-coffee

By c4punk@2018

Referensi

http://resepasik.com/2016/05/16/rese...ke-kue-cermin/








Diubah oleh c4punk1950... 27-03-2018 01:49
0
14.1K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan