powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Susahnya Jadi Bule di Indonesia

HOT THREAD KE 156
*26 Maret 2018*





Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Bule, sebuah sebutan untuk turis mancanegara yang datang ke Indonesia. Meski menurut sumber di wikipedia, kata bule awalnya merupakan kata slang untuk menggambarkan orang "ganteng" atau keturunan asli Eropa/ kulit putih. Namun di masa kini, kata bule lebih merujuk pada turis mancanegara secara umum.

Kedatangan bule ke Indonesia sangat di nanti - nantikan oleh pemerintah kita. Hal ini karena dengan kedatangan mereka ke sini juga akan mendatangkan devisa yang nantinya akan di gunakan oleh pemerintah untuk pembiayaan negara. Berbagai promosi wisata, mulai dari mengikuti pameran internasional maupun melalui promosi di dunia maya gencar di lakukan agar meningkatkan kunjungan wisata dari luar negeri ke Indonesia. Keindahan alam, budaya yang unik, keramahan masyarakat menjadi nilai jual. Namun saat sudah berkunjung ke Indonesia, para bule merasakan susahnya berada di negeri ini. Ternyata ekspektasi mereka sebelum datang ke sini tak sesuai dengan realitanya.

Pertama.


Bagi bule yang ingin berwisata dengan murah, tentu mereka akan menjadi backpacker. Mencari tempat penginapan yang murah tentu banyak, meski dengan fasilitas seadanya. Namun yang menjadi masalah adalah jika mereka ingin bepergian dengan menyewa kendaraan dan mengendarainya sendiri, rambu - rambu di Indonesia ini masih sangat jarang yang menggunakan bahasa Inggris. Kalau rambu dengan lambang sih masih mudah di pahami, bagaimana dengan rambu "khusus pelat genap" atau " sedang ada hajatan", mana mereka ngerti.

Kedua.


Belum lagi oknum polisi yang suka mencari - cari kesalahan, apalagi kalau tahu bule yang mengendarai kendaraan dan pasti tak punya SIM Indonesia. Seperti pengalaman tak mengenakkan yang menimpa salah seorang bule di Bali beberapa waktu yang lalu yang merasa di palak oleh oknum polisi.

Ketiga.


Belum lagi soal makanan, Indonesia rajanya kalau soal makanan yang pedas, bersantan dan berminyak. Yang jelas sih, paati nggak cocok dengan selera dan lidah orang bule. Meski ada beberapa bule yang malah merasa tertantang nyobain makanan di Indonesia.

Keempat.


Kelakuan orang Indonesia yang norak juga kadang bikin bule kesel. Bagaimana tidak? Lagi jalan - jalan di pantai, eh di mintain foto - foto sama orang - orang di situ. Belum lagi kadang orang - orang ini suka ngegodain dengan bahasa Inggris yang seadanya. Mister..mister.. ken yu foto - foto wit mi?

Kelima.


Cuaca juga jadi tantangan tersendiri, apalagi bule yang berasal dari daerah yang dingin. Di Indonesia, mereka bakal merasa kegerahan. Meski ada sebagian bule yang malah memanfaatkannya untuk tanning/ berjemur di bawah terik matahari.

Keenam.


Bahasa juga menjadi kendala. Mengingat mayoritas penduduk Indonesia yang tak bisa berbahasa Inggris. Sehingga kalau mau numpang tanya, mereka harus menggunakan bahasa isyarat layaknya orang primitif.


Nah, itulah beberapa kendala yang di alami bule kalau sedang berkunjung di Indonesia. Mungkin ada sebagian GanSis yang bertanya - tanya, emang TS nya bule ya? Ane jawab, iya TSnya bule, bulepotan.. emoticon-Ngakak (S) Trid ini ane tulis berdasarkan opini dan pengamatan ane saja. Jika ada salah - salah mohon di maapkeun. Tapi jika ada yang mau menambahkan, monggo di persilakan.

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star



Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur : Opini Pribadi TS
Sumur Gambar : Om Google





Diubah oleh powerpunk 26-03-2018 05:18
0
21.1K
143
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan