Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Negara Ini Punya Cara Salam yang Unik Gan!
Kenalan sama orang baru atau ketemu sama temen, hal pertama yang paling sering dilakukan orang di Indonesia itu ya jabat tangan, cium tangan kalo ke orang lebih tua atau saling peluk dan cipika cipiki. Tapi ternyata, kalo Agan lagi jalan-jalan ke berbagai negara, gestur menyapa orang-orang itu beda loh Gan.

Di International Happiness Day yang jatuh tepat di hari ini, 20 Maret, ane mau kasih tau Agan beberapa cara menyapa orang di berbagai belahan dunia:

1. Julurin Lidah di Tibet


Foto: The InsureandGo UK Blog

Coba deh kalo Agan baru kenalan sama orang terus dia julurin lidahnya ke Agan, pasti dianggap nggak sopan. Tapi di Tibet, inilah sapaan tradisional versi mereka. Sejarahnya, dulu di abad ke-9, ada raja bernama Lang Darma yang punya lidah hitam. Setelah Darma meninggal, banyak orang yang percaya kalo raja ini reborn alias terlahir kembali, jadi mereka julurin lidah buat buktiin kalo mereka bukanlah reinkarnasi sang raja.

2. Hongi di New Zealand


Foto: BT.com

Jangan coba-coba ngasih hongi ke orang-orang di toko pas lagi nongkrong di New Zealand, karena hongi ini biasanya dilakuin ke orang Maori dan di upacara-upacara tertentu. Ibaratnya jabat tangan, hongi ini adalah saat 2 orang nempelin hidung dan jidatnya bersamaan Gan. Berani coba?

3. Kunik di Greenland


Foto: unaantropologaenlaluna.blogspot.com

Kunik ini bisa dibilang sapaan yang lebih hangat, untuk orang-orang terdekat kayak saudara atau keluarga, jadi jangan cobain ke orang yang baru dikenal ya. Caranya, Agan hanya perlu nempelin hidung dan bibir atas Agan ke orang yang Agan ajak kunik-dan bernafaslah ke dia.

4. Menunduk di Jepang


Foto: Japan Info

Tau kan kalo orang Jepang sering banget menunduk/ bowing waktu ketemu orang lain? Menunduk ini punya banyak makna di Jepang, salah satunya adalah sebagai sapaan. Intinya sih menunduk ini semacam saling menghormati. Kalo mau tau macam-macamnya, ada nih guidenyadi sini.

5. Cium 3 kali di Ukraina


Foto: WorldwithTJ

Ini tipsnya, kalo Agan lagi di Ukraina, jangan buru-buru udahan pas cipika-cipiki. Di sana itu mereka harus cipika cipiki 3 kali. Dimulai dari pipi kiri ke kanan dan balik lagi ke kiri sampai 3 kali.

6. Mano di Filipina


Foto: Philippine Primer

Mau nyapa orang yang lebih tua di Filipina? Agan harus menunduk dan menekan jidat Agan ke sela-sela jarinya. Agan juga bisa bilang "Mano po" sebelum melakukan mano supaya lebih sopan aja, artinya tuh kayak "Your hands please."

7. Double Air Kiss di Perancis


Foto: Philippine Primer

Oke kita lagi nggak ngomongin French kiss meskipun di Perancis ya, tapi ada double air kiss yang disebut la bise. Jadi Agan bisa cium pipi sebagai tanda hello atau good bye gitu Gan.

8. Menyentuh kaki di India



Foto: India Today

Sering nonton India pasti sadar kalo ada anak/ menantu yang menyentuh kaki orang tuanya/ mertuanya/ yang lebih tua kan? Jadi di India ini adalah bentuk respect ke orang yang lebih tua. Gestur ini dinamakan Pranama.

Ternyata cara nyapa orang macam-macam ya di seluruh dunia Gan. Kalo di daerah Agan, salamnya ada yang unik kah?

emoticon-Shakehand2

Referensi
0
10.9K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan