kanadiyelAvatar border
TS
kanadiyel
"KPI" Jauhkan Anak Dari Kartun Ini (Dan Acara ALAY)



Banyaknya film kartun yang tersiar di berbagai media televisi membuat para orangtua harus bijak dalam memilih tontonan yang cocok buat buah hati tercinta. Hal ini dikarenakan tontonan yang diperlihatkan dalam film kartun sekalipun belum tentu cocok untuk anak-anak. Dan mengingat sebagian besar film kartun yang tayang di televisi kita merupakan kartun dari luar negeri, maka bisa jadi terjadi perbedaan nilai-nilai antara negara kita dan negara luar. Hal seperti ini seringkali menjadi perhatian para orangtua agar mereka dapat melindungi anak-anak mereka dari tayangan yang kurang pantas.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengumumkan tayangan kartun anak yang masuk dalam kategori BERBAHAYA (lampu merah) dan HATI-HATI (lampu kuning). Daftar ini dibuat berdasarkan pandangan dari para pakar dan pemerhati anak yang memiliki kompetensi dalam bidangnya, yaitu Kak Seto Mulyadi (Komnas Anak), B. Guntarto (YPMA), Elly Risman (Yayasan Kita dan Buah Hati), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), perwakilan Deputi Perlindungan Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, perwakilan dari KOWANI dan Muslimat. Selain itu daftar ini juga dibuat berdasarkan keluhan dan masukan dari para orangtua.



Tayangan kartun anak ini masuk dalam kategori tidak layak ditonton anak-anak. karena memiliki muatan-muatan yang berdampak buruk bagi perkembangan fisik dan mental anak. Tayangan yang masuk kategori ini adalah tayangan yang menampilkan, antara lain:

👉Kekerasan fisik (mencekik, menonjok, menjambak, menendang, menusuk dan memukul)

👉Kekerasan terhadap hewan

👉Penggunaan senjata tajam dan benda keras untuk menyakiti dan melukai seperti pisau, balok, dan benda-benda lainnya

👉Kata-kata kasar

👉Adegan-adegan berbahaya

👉Perilaku yang tidak pantas seperti membuka celana dan memperlihatkan ke teman-teman dan merusak benda-benda

👉Sifat-sifat negatif (emosional, serakah, pelit, rakus, dendam, iri, malas, dan jahil)

👉Muatan porno

👉Unsur-unsur mistis



3 (tiga) tayangan anak dan kartun yang termasuk dalam kategori BERBAHAYA (lampu merah) antara lain adalah:

Bima Sakti – ANTV

Bima Sakti adalah sebuah serial komedi-petualangan animasi India. Pertama kali ditayangkan secara perdana pada 2008 di Pogo TV, serial tersebut berfokus pada petualangan seorang anak laki-laki yang bernama Bima & teman-temannya dalam kota-negara fiksi Dholakpur. Di Indonesia, serial tersebut ditayangkan di antv.


Little Krisna – ANTV

Little Krishna adalah serial animasi komputer 3D (tiga dimensi) yang merupakan kreasi bersama antara BIG Animation dan The Heritage Foundation India (dipromosikan oleh ISKCON, Bangalore).

Little Krishna adalah hiburan dari Kepribadian Agung Ketuhanan, Batara Krishna. Cerita-cerita berputar di sekitar Little Krishna, tanah Vrindavan dan kehidupan penduduk desa di sana. Little Krishna adalah karakter nakal tetapi dicintai dan selalu membantu teman-temannya dan masyarakat desa.

Saat ini ada 13 episode di seri. Setiap episode 23 menit memberikan hiburan memikat, menampilkan sebuah penggabungan dari keduanya, kejenakaan humor ringan dari Krishna serta kehebatannya sebagai prajurit. Menggunakan cerita tradisional petualangan anak Kresna sebagai dasar bagi moral inspirasi hiburan anak-anak, tonalitas cerita yang ringan-hati, energik dan mencengkeram.

Berdasarkan kisah lelucon paling dicintai dari Little Krishna, seri merupakan hasil dari tujuh tahun riset dengan dua setengah tahun kerja produksi oleh BIG Animation. Ditulis oleh pemenang Emmy Award Jeffrey Scott dan diteliti oleh India Heritage Foundation, serial ini memiliki gaya visual, yang menggabungkan desain motif India dengan gaya klasik Barat. CEO BIG Animation Ashish Kulkarni bersama, Tim desain di BIG Animation telah meninggalkan perubahan dalam meneliti setiap aspek gaya dari tanah 'Vraj', di mana kisah-kisah ini terjadi tahun 5000 lalu. Latar belakang, seni arah tombol warna, dan semua elemen lain yang diteliti secara menyeluruh rincian atas, setiap referensi mungkin menggali dan akhirnya memutuskan desain yang akan sesuai dengan format kontemporer. Seri telah diciptakan terutama dalam bahasa Inggris, tetapi juga telah dikenal dalam beberapa bahasa India lainnya, termasuk bahasa Hindi. Walaupun terutama ditujukan pada kelompok umur 7-9 tahun dan untuk pasar global pada itu, di seluruh seri akan menjadi penghibur keluarga. Di bawah kepemimpinan Prafull Gade (Associate Producer), yang rajin mengawinkan ekonomi dengan kreativitas dan Ravi Mahapatro (Line Producer) yang bertanggung jawab untuk mengelola operasi sehari-hari, seri ini ditulis oleh pemenang Emmy Award Jeffrey Scott. Sebuah tim dari 280 seniman telah bekerja pada proyek ini yang sedang diarahkan oleh tim tag Vincent Edwards yang sebelumnya bekerja di Spider Man: TV Seri dan R. Balasubramaniam sedangkan musiknya telah diberikan oleh Varaprasad. Serial ini akan membahas banyak cerita yang sangat menarik di luar yang dikenal dari kehidupan Krishna, orang yang belum pernah disajikan kepada penonton, sehingga memastikan konten yang benar-benar superior dan eksklusif


Tom & Jerry yang tayang di tiga stasiun TV: ANTV, RCTI, dan Global TV

Tom and Jerry adalah sebuah serial animasiAmerika Serikat hasil produksi MGM yang bercerita tentang seekor kucing (Tom) dan seekor tikus (Jerry) yang selalu bertengkar. Seri animasi ini telah memenagkan penghargaan Academy Award (Piala Oscar) dan membentuk dasar dari seri sukses studio Metro-Goldwyn-Mayer (MGM). Cerita pendek mereka ini diciptakan, ditulis dan disutradarai oleh dua orang animator bernama William Hanna dan Joseph Barbera (mereka kemudian terkenal sebagai Hanna-Barbera).

Seri animasi ini diproduksi oleh MGM Cartoon Studio di Hollywood pada tahun 1940 hingga 1957 saat unit animasi studio tersebut ditutup. Pada tahun 1960, MGM mempekerjakan Rembrandt Films (pimpinan Gene Deitch) di Eropa Timur untuk memproduksi seri Tom and Jerry ini.

Produksi Tom and Jerry kembali ke Hollywood pada tahun 1963, dikerjakan oleh Sib-Tower 12 Productions pimpinan Chuck Jones. Seri produksi ini berlangsung hingga tahun 1967.

Tom and Jerry muncul kembali di acara kartun televisi hasil produksi Hanna-Barbera (1975-1977; 1990-1993) dan Filmation Studios (1980-1982). Film animasi pendek produksi MGM karya Hanna dan Barbera dikenal karena telah memenangkan tujuh Academy Award, sama dengan prestasi Silly Symphonies karya Walt Disney. Dua karya ini adalah karya animasi seri yang paling banyak menerima penghargaan.


Sedangkan 2 (dua) tayangan anak dan kartun yang masuk dalam kategori HATI-HATI (lampu kuning) adalah:

Crayon Sinchan – RCTI


Spongebob Squarepants – Global TV



Atas pelanggaran-pelanggaran tersebut, KPI dengan tegas telah menjatuhkan sanksi administratif kepada stasiun TV yang menyiarkan dan menginstruksikan stasiun TV untuk menghilangkan muatan-muatan kekerasan dan adegan berbahaya serta tidak pantas ditiru oleh anak-anak. KPI juga menghimbau anak-anak dan orang tua agar selektif dalam memilih tayangan anak dan kartun. Untuk 5 (lima) tayangan di atas, agar orang tua melarang anak-anaknya menonton.


Selain itu, dalam siarannya ini KPI juga  memberikan apresiasi terhadap program anak dan kartun yang menginspirasi dan kaya muatan edukasi, yaitu :

Adit & Sopo Jarwo – MNC TV & TRANS TV

Adit Sopo Jarwo adalah sebuah serial animasi Indonesia untuk anak-anak yang dirilis pada 27 Januari 2014 di Indonesia dan disiarkan di Trans TV. Film ini diproduksi oleh MD Animation.[1][2] Serial ini pertama kali disiarkan di MNCTV. Selain di MNCTV, serial ini juga sempat ditayangkan di Global TV, dan pada tahun 2017, serial animasi Adit Sopo Jarwo pindah ke Trans TV mulai tanggal 20 Maret 2017, setiap Senin-Minggu pukul 17.00 WIB, dan tayang Setiap Senin-Jumat pkl 13.00 WIB. Kemudian pindah jam tayang lagi menjadi Pukul 13.30 WIB di Trans TV dikarenakan jam 13.00 WIB ada program berita CNN Indonesia Viral mulai tanggal 31 Juli 2017. Mulai 10 September 2017, episode baru dan lama ditayangkan kembali di MNCTV, karena di Trans TV telah memenuhi kuota program yang tidak mencukupi shift jadwal dari program animasi ini.


Laptop Si Unyil – Trans 7

Laptop Si Unyil tayang pertama kali di Trans7 mulai tanggal 19 Maret 2007 setiap hari senin s/d jumat pukul 13.00 WIB, dan kemudian dilanjutkan dengan Buku Harian Si Unyil Yang ditayangkan setiap hari sabtu dan minggu.

Perbedaan karakteristik dari kedua program ini adalah pada tayangan laptop si unyil lebih menggali mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi serta membahas juga mengenai permainan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. sedangkan buku harian si unyil lebih mengajak anak-anak untuk berwisata serta mengenal permainan yang menjadi ciri khas suatu daerah tertentu, atau yang bersifat menghibur tapi tetap mendidik.

Di dalam kedua tayangan ini si unyil akan bertindak sebagai seorang pengamat yang akan bertutur dan bercerita kepada pemirsanya mengenai apa yang sedang dibahas setiap episodenya. si unyil sendiri biasanya akan aktratif di dalam setiap tayangannya entah itu peci-nya yang jatuh, atau unyil terjepit di antara "barang-barang".

Selain itu dalam tayangan laptop si unyil ada segmen animasi yang bertutur melalui bentuk tayangan kartun serta ada seorang ipat, satu-satunya anak yang bisa berkomunikasi serta berinteraksi dengan si unyil

Namun Unyil tidak meninggalkan teman-temannya dahulu seperti Usro atau melani. Makanya dalam tayangan Laptop Si Unyil masih menampilkan sesi panggung yang menceritakan interaksi Unyil dengan kawan-kawannya serta tokoh lainnya seperti Pak Ogah dan Pak Raden.


Curious George – ANTV

Curious George adalah serial televisi tahun 2006 berdasarkan serial buku anak-anak Curious George dan filmnya. Serial ini memiliki 108 episode. Di Indonesia, serial ini ditayangkan oleh stasiun televisi Antv sejak tahun 2008 hingga 2018.


Thomas and Friends – Global TV

Animasi benda mati yang berbicara ini mendapatkan apresiasi dari KPI karena animasi ini menyampaiakan pesan kehidupan sehari hari.


Disney Junior – MNC TV

Disney Junior merupakan saluran televisi anak-anak yang tayang 24 jam, saluran ini dapat dinikmati melalui televisi berbayar. Disney Junior yang diluncurkan pada tanggal 14 Februari 2011. Saluran ini sebelumnya dikenal sebagai Playhouse Disney (yang pertama kali disiarkan pada tanggal 8 Mei 1997). Disney Junior tersedia di Singapura, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, Brunei, Papua Nugini, Vietnam, Filipina, dan beberapa negara lainnya. Di Indonesia, beberapa program kartun Disney Junior sempat disaksikan di MNCTV. Pada tahun 2017 program kartun Disney Junior sempat disaksikan di ANTV dan Global TV.


Semoga dengan siaran ini membuat para orangtua selalu waspada bahwa tidak semua tayangan anak dan kartun layak untuk ditonton anak-anak. Juga bagi pengelola televisi agar ikut bertanggung jawab dalam memikirkan dampak dari tayangan TV terhadap perkembangan mental anak-anak.


emoticon-Keep Posting Ganemoticon-Keep Posting Gan


Mungkin saya sedikit setuju apa yang dibilang Dedy corbuzer. Yang sempat viral beberapa hari yang lalu melalui video yg diunggahnya di Youtube, Dedy menyinggung acara tv ALAY. Yg tidak mendidik. 90% acara di TV tidak mendidik isinya joget-joget dan hanya kaum alay.


HIDUP PERTELEVISIAN INDONESIA


emoticon-Shakehand2emoticon-No Sara Pleaseemoticon-Shakehand2


refrensi :

Laporkan keluhan kalian terhadap acara pertevisian di http://kpi.go.id/index.php/id/

terimakasih untuk www.wikipedia.com

terimakasih juga https://www.duniaku.net/

dan www.google.comselalu memudahkan mencari gambar

www.youtube.com media informasi update



emoticon-Jempol


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus

emoticon-No Sara Please

Semoga TRIT singkat ini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya ya gan..


kaskuuser yang baikemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Staremoticon-Kissemoticon-Jempolemoticon-Blue Guy Cendol (L) , jangan lemparin ane emoticon-Blue Guy Bata (L) ya agan - agan...



Pendapat Netizen

Quote:


Quote:



Quote:


Quote:



Quote:


Quote:


Quote:



Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh kanadiyel 20-03-2018 08:14
0
26.6K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan