kanadiyelAvatar border
TS
kanadiyel
BUAH-BUAHAN DAN KODOK, BAHAN RACUN DAMEK YANG MEMATIKAN


Kehidupan di dalam hutan melahirkan berbagai kearifan lokal masyarakat Dayak.  Elemen-elemen alam tidak lepas dalam memenuhi kebutuhan hidup maupun bertahan dari serangan musuh. Selain sebagai senjata perang, sipet (sumpit) dan damek merupakan alat yang digunakan untuk berburu





Terdapat berbagai bahanuntuk membuat racun yang dioleskan pada damek. Kali ini saya membahas bahan racun kombinasi dari buah-buahan dan bisa kodok. Karana saya sendiri pernah membuat dan mencoba sendiri benda berbahaya ini,

Damek ialah anak sipet atau peluru yang umumnya terbuat dari bambu. Bahan lain bisa berupa kayu dan lidi. Bagian ujungnya diraut runcing dan diberi racun.


Berikut sedikit Penjelasan,

Buah Super Gatal
Adalah buah yang disebut lumu atau lipu oleh masyarakat Kalimantan Tengah. Buah ini menimbulkan rasa gatal yang teramat sangat, bahkan tidak akan hilang walau kita menggaruk badan sampai kulit terkelupas.  Jaman dulu, buah tersebut digunakan sebagai pengusir monyet yang menjadi hama tanaman masyarakat. Buah ini salah satu pernah dimakan wartawan luar negeri yang ingin membuktikan katanya buah ini fiktif belaka yang tidak mungkin berpengaruh pada tubuhnya. Alhasil wartawan itu seperti kena penyakit kulit dan akhirnya Meninggal. Seharusnya lebih menghargai kebudayaan dan adat yang berlaku mister.
Quote:



Getah Panas
Quote:

Ada lagi pohon ipuh yang getahnya memiliki kekuatan racun berbeda-beda sesuai dengan tipe pohon. Jika getah ipuh terkena kulit, rasanya seperti tersiram air panas. Ini pernah dibuktikan kejadian perkelahian antara keluarga di daerah pangkalan banteng kalimantan tengah. Karana si adik sakit hati sama kaka kandungan si adik menyiram air getah ini pada saat sang kaka tidur. Hasilnya sang kaka seperti binatang yang tertabrak dijalanan. Gelisah kepanasan atau gerak tubuh seperti orang kesurupan kesakitan



Kodok Beraku
Kodok jenis ini merupakan hewan beracun di tanah Kalimantan. Pada kulitnya terdapat bintik-bintik berwarna hitam tempat racun bersarang. Bagian inilah yang diambil untuk racun damek.
Kejadian pernah terjadi dialami almarhum kakek saya. Beliau mengumpulkan racun ini untuk diminumkan ke penjajah dahulu yang sempat menjajah indonesia di pulau kalimantan.
Quote:


Dari bahan tersebutlah lalu dimasak dengan cara khusus (hanya ahlinya yang tahu) di luar rumah.

Kombinasinya membentuk cairan hitam kebiruan. Ekstrak buah lumu mempercepat proses penyerapan racun oleh tubuh. Sasaran pun menjadi kejang-kejang dengan badan kebiruan. Kekuatan racun ini disebut-sebut lebih kuat dari bisa kobra dan racun tikus.


Untuk kalian yang percaya atau tidak itu hak masing-masing. Yang pastinya saya share pengetahuan yang pernah terjadi dan memang kebenarannya. Untuk masyarakat kalimantan tengah mungkin tau dengan Racun ini.


Semoga Artikel ini bisa nambah wawasan kalian semua. TERIMAKASIH




Refrensi :

1

2

3


Diubah oleh kanadiyel 07-03-2018 15:27
0
13.6K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan