kanadiyelAvatar border
TS
kanadiyel
PANTAK – PATUNG KERAMAT DAYAK KENAYATN
Hallo semuanya. Saya akan membahas dayak lebih dalam. Nah ini sedikit menarik
pembahasannya
emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus




Pada  zaman dahulu sebelum ada teknologifotografi untuk mendokumentasikan orang yang berjasa atau pahlawan maka orang-orang Dayak terutama rumpun Kenayatn akan membuat sebuah patung untuk menghormati tokoh-tokoh atau pahlawannya, patung ini disebut PANTAK.

PANTAK umumnya terbuat dari kayu ulin namun ada juga yang dipahat di sebuah batu berbentuk manusia lengkap dengan tangan dan kaki dengan ukuran paling kecil sebesar betis orang dewasa dan yang paling besar bisa sampai satu setengah meter tingginya dengan diamater 20-30 cm. Selain sebagai figurative dari tokoh, panglima, atau orang sakti jaman dahulu, Pantak juga dibuat sebagai batas kampung dan pelindung kampung diyakini sebagai penjaga kampung dari musuh atau wabah penaykit, .jika ada orang luar yg berniat jahat masuk dikampung maka dia tidak akan selamat.


Terdapat 3 jenis Pantak, yaitu; Pantak Panyugu Diperuntukkan bagi pemimpin pertanian,  Pantak Padagi diperuntukkan bagi tokoh perang dan pengobatan (Pangalangok atau dukun) dan juga Pantak Keluarga diperuntukkan sebagai Peneladan keluarga yang mengayomi keluarga yang bersangkutan.


Setiap PANTAK akan memiliki namanya sendiri-sendiri misal Pantak Nek Macan, Pantak Sama Dae, Temaruk Naga, Nek Ampago dsb. Pantak ini biasanya diberi pondok permanen atau disebut PENYUGU dan senantiasa dirawat dengan diberi sesaji bahkan karena sangking keramatnya setiap orang yang melewati PANTAK harus memberi salam atau TABE sebagai bentuk penghormatan kepada roh leluhur kampung tersebut. Ketika terjadi peperangan biasanya juga dibuat suatu ritual untuk meminta bantuan kepada arwah leluhur nenek moyang yang ada di PANTAK tersebut – misal ketika terjadi konflik etnis di Sambas, Kalimantan Barat pada tahun 1999, selain itu juga ada ritual meminta berkah selama proses tanam padi.

PANTAK KELUARGA courtesy Michael Yoga Anes Lidang



Saat ini keberadaan PANTAK semakin terancam sebab banyak dicuri untuk dijual atau dalam keadaan tidak terawat lagi oleh sebab itu perlu dijaga salah satu warisan budaya Dayak Kenayatn ini. Kiww!!


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Spoiler for sumber:


Diubah oleh kanadiyel 07-03-2018 15:02
0
13.7K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan