thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Bukan Cuma di Sini, Orang Bule Ternyata Doyan Jeroan Juga

Foto: Waktuku.com

Agan suka makan jeroan?Ane sih suka Gan. Jeroan emang enak sih ya, apalagi di soto atau sop, ya digoreng doang juga enak sih. Tapi hati-hati Gan, jangan kebanyakan makan jeroan karena kadar kolesterolnya tinggi.

Ane kira, yang suka jeroan itu cuma orang Indonesia karena setau ane di beberapa negara lainnya itu jeroan dianggap sebagai makanan hewan. Waduw.

Eh pas ane baca-baca lagi, orang Italia ternyata suka makan babat, yes babat si jeroan itu Gan! Kalo Agan taunya makanan khas Italia itu pizza atau pasta, ternyata babat itu terkenal sebagai makanan tradisional Italia loh.


Testaccio Market di Roma, Italia/ Foto: Eric Parker

Sejarahnya, sekitar 1 abad lalu, ada penulis buku masak Italia namanya Pellegrino Artus, meskipun dia orang yang berkecukupan, tapi dia berpikir kalau babat itu bahan makanan buat masakan keluarga, bukan jenis makanan untuk menjamu tamu. Di era itu, babat tuh harganya cukup murah jadi orang-orang bisa beli seminggu sekali atau lebih lah (sampai tahun 1950an, orang Italia itu masih susah buat beli daging karena nggak ada uang; bahkan kemiskinan mereka disebut miseria dan inilah yang bikin banyak orang Italia mulai merantau ke luar negeri), dan si babat ini jadi makanan yang umum di beberapa bagian kota.

Bahkan kaldu babat juga gampang ditemuin di Italia. Jadi buat orang-orang yang bahkan nggak punya uang buat beli babat, masih bisa ngerasain rasanya dengan beli kaldunya.

Sampai akhirnya, banyak hal yang berubah dan orang-orang nggak beli kaldu babat lagi, yang juga jadi susah ditemuin di pasar. Sekarang, babat seringnya ada di restoran fancy yang emang punya spesialisasi makan tradisional Italia. Bedanya lagi, sekarang babat juga udah bisa jadi makanan yang disajikan buat tamu, bukan lagi cuma makanan rumahan.



Kedai penjual babat di Fiorentina/ Foto: nuovatripperiafiorentina.it

Beragam olahan babat di Italia dan beberapa negara lainnya emang beda banget sama di Indonesia. Ini dia beberapa masakan yang bahannya babat Gan:

Busecca - Milanese Tripe Soup
Sup kacang yang cocok banget buat diakan pas lagi musim dingin.


Foto: Pinterest

Trippa alla Romana
Sering ditemui di restoran, makanan ini sebenernya adalah babat saus tomat yang dikasih topping keju parmesan/ pecorino.


Foto: Cucina - Roba da Donne

Tripes à la mode de Caen
Ini salah satu makanan dari Perancis, tepatnya dari Normandy. Aslinya, makanan berkuah ini bahan utamanya babat sapi, usus (tapi udah dilarang di Perancis sejak tahun 1996), tulang sapi serta sayuran dan cider serta calvados. Paling enak dimakan saat musim gugur Gan.


Foto: Wikipedia

Lampredetto
Lampredetto, sebutan babat di kota Florence, biasanya dibuat jadi jajanan ala street food, kayak ini nih sandwich dengan isian babat.


Foto: Nicolas Mirguet

Trapizzino
Ini bisa dibilang makanan kekinian. Terdiri dari panino/ panini (sandwich) tapi bentuknya unik yakni segitiga atau cone dengan filling. Filling/ isinya biasanya coda all vaccinara (buntut) atau trippa alla romana (babat).


Foto: Panoram Italia

Ravioli lampredotto
Ini cara baru buat nikmatin lampredotto alias babat. Jadi kalo biasanya ravioli, yang semacam dumpling ini, isinya saus pasta, ada restoran yang jual ravioli dengan isi babat yang dipadu dengan saus bawang Tropea.


Foto: kendalljenner.fun

Ternyata banyak juga olahan jeroan babat di Eropa ya GanSist, nggak cuma di Indonesia aja. Meskipun bumbunya kurang sesuai sama lidah ane, tapi kayaknya kalo ane bisa ke sana pasti pengen cobain sih. Kapan lagi kan makan babat tapi fancy?

emoticon-Malu

Referensi: 1 2
1
20.9K
181
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan