Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wiraprasta333Avatar border
TS
wiraprasta333
Xi Jimping Presiden Seumur Hidup, 9 Kalimat Ini Kini Terlarang Di China
Partai Komunis Cina yang memerintah, telah mengusulkan menghapus sebuah klausul dalam konstitusi yang membatasi kepresidenan terhadap dua periode lima tahun. Artinya, Presiden Xi Jinping dapat tetap menjadi pemimpin setelah akhir masa jabatan keduanya di tahun 2023.

Langkah kontroversial tersebut telah menyulut diskusi di media sosial Cina dan mendorong pemerintah melakukan penyensoran. Beberapa istilah kunci pun menjadi sasaran penyensoran berat di Sina Weibo, microblog Twitter Cina sejak hari Minggu lalu.

Menurut situs pemantau sensor Cina Digital Times dan Free Weibo, frasa yang disensor meliputi:

1. Saya tidak setuju
2. migrasi
3. emigrasi
4. pemilihan kembali
5. istilah pemilihan
6. amandemen konstitusi
7. peraturan konstitusi
8. memproklamirkan dirinya sebagai kaisar
9. Winnie the Pooh

Tradisi membatasi kepresidenan Cina sampai 10 tahun muncul pada 1990-an, ketika pemimpin veteran Deng Xiaoping berusaha menghindari terulangnya kekacauan yang menandai era Mao.

Sejak Xi Jinping mulai berkuasa pada tahun 2012, dia telah menunjukkan kesiapan untuk menulis peraturannya sendiri.

Namun, banyak pengamat khawatir dengan prospek Xi Xi sebagai "kaisar seumur hidup", dan para kritikus mengatakan bahwa ini dapat membuat pembangunan Cina kembali seabad.

Cina mempekerjakan, jutaan orang memantau dan menyensor aktivitas internet. Jadi tidak mengherankan bahwa secara terang-terangan posting yang kritis, diblokir.

"Butuh waktu lebih dari 100 tahun untuk menggulingkan imperialisme dan 40 tahun reformasi dan keterbukaan, kita tidak dapat kembali ke jenis sistem ini," kata Jianyuan Shunshui.

"Salah satu alasan mengapa batas kepemilikan sangat berharga dan diadopsi oleh kebanyakan negara adalah kita membutuhkan darah segar untuk menjaga keseimbangan pendapat masyarakat yang berbeda," ungkap Renzituo 2hao.

Referensi kepada kaisar dan raja abad ke-19 Kaisar Shikai, yang dengan sengaja mencoba mengembalikan monarki, juga diblokir, setelah sensor mencatat bahwa mereka adalah referensi samar untuk Xi Jinping.

"Kemarin malam mimpi untuk mengembalikan Yuan Shikai kembali ke tanah air," kata Zhang Chaoyang.

Bahkan, posting menggunakan ungkapan "emigrasi" telah disensor, setelah beberapa pengguna menuduh bahwa telah terjadi lonjakan pengguna web yang mencari "emigrasi" di mesin pencari Baidu sejak pengumuman tersebut dibuat.

Lalu kenapa Winnie the Pooh disensor? Tokoh kartun ini adalah julukan yang dimiliki pengguna media sosial untuk Presiden Xi, yang sering digunakan secara turun temurun.

Jika Anda mencari frasa "Winnie the Pooh" di Sina Weibo, situs tersebut menampilkan sebuah pesan yang mengatakan, "Menurut undang-undang, peraturan dan kebijakan yang relevan ... hasil pencarian tidak ditampilkan".

Komentar yang tersisa di microblog Sina Weibo yang populer sebagian besar adalah pernyataan bersuku dua bahasa dari pengguna hanya mengatakan bahwa mereka "menyukai" atau "menyetujui" amandemennya. [BBC]

https://www.suara.com/news/2018/02/2...innie-the-pooh

Kata migrasi disensor, berarti banyak penduduknya yg berniat kabur ya dari tuh negara emoticon-Big Grin
Diubah oleh wiraprasta333 06-03-2018 04:43
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
3.8K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan