kamayteaAvatar border
TS
kamaytea
[Aneh gan!] STIPA-CAPRIONI,Pesawat KUNO Tahun 1932 “Berbentuk GENTONG”



emoticon-Keep Posting Ganemoticon-Keep Posting Gan


[Aneh gan!] STIPA-CAPRIONI,Pesawat Tahun 1932 “Berbentuk GENTONG”





Agan semua pasti familiar dong dengan bentuk pesawat diatas?
bentuknya emang mirip banget kaya gentong ya gan,atau lebih tepatnya kaya BARREL BEER emoticon-Ngakak (S)
jujur aja pertama kali ane liat model pesawat ini agak bingung aja,ini pesawat apaan sih,kok modelnya aneh banget...hahhaa
Nah,berangkat dari rasa penasaran yang besar soal pesawat ini,maka ane mau sedikit membahasnya. emoticon-Smilie


Pesawat diatas itu diberi nama Stipa-Caproni gans,
ini adalah salah satu jenis pesawat eksperimental asal Italia yang dirancang pada tahun 1932 oleh Luigi Stipa (1900-1992)
dan dibangun oleh Caproni,
dibagian tengah pesawat ini sengaja dibikin BOLONG gans,atau berongga besar,bentuknya menyerupai "GENTONG" dengan mesin dan baling-baling yang benar-benar tertutup oleh badan pesawat,
pesawat ini menggunakan mesin tunggal dan satu baling-baling yang besar.
jadi kalo agan-agan naek pesawat ini dan mengalami kendala mesin saat terbang ya pasrah aja. emoticon-Ngakak (S)

Ya,walaupun regia Aeronautica (Angkatan Udara Italia) tidak tertarik untuk mengejar pengembangan pesawat Stipa-Caproni ini,
tapi rancangan awal dari pesawat "ANEH" ini merupakan langkah penting dalam pengembangan teknologi pesawat tempur jet dikemudian hari. emoticon-Matabelo







Rancangan dasar dari mesin pesawat ini sebenarnya sangat mirip dengan mesin jet modern loh gans
dan faktanya pihak stipa pun sudah mematenkan rancangannya di Italia,jerman,dan amerika serikat pada tahun 1938,
stipa juga meyakini kalo teknologi jet amerika dan jet Jerman (terutama bom terbang V-1) telah menggunakan rancangan dari penemuannya yang sudah dipatenkan tanpa memberi kredit/royalti kepada pihak STIPA.

Ide dasar rancangan dari Stipa disebut "baling-baling intubed"
yaitu memasang mesin dan baling-baling di dalam badan pesawat yang membentuk tabung venturi meruncing,
kemudian menekan aliran udara baling-baling dan knalpot mesin sebelum keluar dari saluran pada ujung pesawat,
pada dasarnya rancangan ini menerapkan prinsip pergerakan cairannya "Bernoulli" untuk membuat mesin pesawat lebih efisien.







Pesawat Stipa-Caproni pertama kali melakukan tes terbang pada tanggal 7 Oktober 1932 dengan pilot uji coba
caproni domenico antonini.
pengujian tahap awal menunjukkan bahwa rancangan mesin "baling-baling di dalam" memang meningkatkan efisiensi mesin seperti yang telah dihitung oleh Stipa,dan dengan tambahan tekanan yang diberikan airfoil dari interior saluran itu sendiri memungkinkan kecepatan pendaratan yang sangat rendah hanya 68 km / jam (42 mph) dan membantu Stipa-Caproni dalam mencapai tingkat daya angkat yang lebih tinggi daripada pesawat lain yang memiliki kekuatan dan pemuatan sayap serupa. emoticon-Matabelo





Penulis : kamaytea
Refensi : nwsvingate dan pemikiran pribadi
foto : Google


emoticon-Rate 5 Star emoticon-Nyepi emoticon-Nyepi emoticon-Rate 5 Star

anasabila
4iinch
feraldi2001
feraldi2001 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
20.7K
187
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan