Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cangcimen26Avatar border
TS
cangcimen26
Bensin Motor Sering Boros? Ini Dia Penyebab dan Cara Ngatasinnya!


Hi Agan & Sista,


Setiap orang pasti punya alasan ketika ingin membeli motor yang ia punya, bisa dari fitur atau tipe dari motor itu sendiri. Percaya atau nggak salah satu yang menjadi alasan orang membelinya seberapa irit motor tersebut, betul apa nggak nih gan? (Kalo ane sih begitu gan hehe)

Motor yang irit memang menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan yang memproduksi sepeda motor. Meskipun, kita semua tau jika ingin motor lebih bertenaga maka harus memperbesar konsumsi bensin. Tapi, pernahkah agan-agan ngerasain bensin motor yang seringkali boros?

Jika agan pernah atau sedang mengalami hal tersebut, sebaiknya agan cari tahu masalah utamanya. Karena, bensin motor yang boros dipicu oleh beberapa hal. Nah, disini ane mau sharing sedikit nih ke agan tentang penyebab dari bensin motor yang boros dan cara ngatasinnya.


Ada apa  aja tuh penyebab dan cara ngatasinnya? Cekidot dulu deh, gan! emoticon-Big Grin




1. Settingan karbu yang kurang tepat


Salah satu penyebab bensin motor cepat boros adalah settingan karbu pada motor agan yang kurang tepat. Karburator adalah komponen dalam mesin yang mencampur udara dan bensin menjadi satu. Pada karburator motor sendiri, terdapat dua buah sekrup yakni sekrup pengatur angin dan pengatur idle RPM.


Pemasangan dua buah sekrup tersebut harus benar-benar sesuai dengan settingan dari pabriknya. Jika ada posisi yang kurang tepat, akan sangat berpengaruh pada turunnya performa, dan borosnya bahan bakar. Settingan yang kurang tepat juga akan menghambat kuantitas angin yang melewati venturi karburator.

Untuk mengeceknya, agan bisa memutar sekrup pengatur angin pada level maximal dan idle RPM pada level minimal atau pergi ke bengkel resmi motor untuk di cek oleh tenaga yang ahli. Perbandingan setelan ini akan membawa peforma mesin yang irit namun juga tidak mudah mati.




2. Sistem pengapian


Yang satu ini juga menjadi salah satu penyebab bensin motor menjadi boros. Sistem pengapian berpengaruh tak hanya berpengaruh bagi sistem pemanasan di dalam seluruh bagian motor, tapi seberapa banyak bensin motor yang dikeluarkan. Dalam hal ini, yang mengatur sistem pengapian dalam motor adalah busi. Jika busi menghasilkan api yang kecil, maka pembakaran juga menjadi kurang ideal hasilnya tenaga mesin menjadi kurang. Ketika tenaga menjadi kurang, agan pun akan otomatis menarik gas dalam-dalam agar motor berlari kencang yang otomatis mempengaruhi pemakaian bahan bakar yang keluar.

Makanya gan, komponen mesin yang satu ini tidak boleh dibiarkan untuk mengalami aus atau berkarat. Dimulai dengan mengecek seberapa besar percikan api yang dihasilkan dari busi. Caranya pasang busi pada chopnya, lalu dekatkan ke dalam blok mesin, setelah itu gerakkan kick starter/engkol atau nyalakan electric starter. Jika api masih memercik berarti keadaan busi masih cukup baik.




3. Kerak karbon yang menumpuk


Penyebab lainnya yang membuat bensin motor menjadi boros adalah kerak karbon yang menumpuk pada salah satu bagian mesin motor. Kerak karbon sendiri merupakan sisa – sisa dari pembakaran motor. Banyaknya kerak ini bisa menghambat pada performa mesin dan membuat bensin jadi boros. Kerak yang satu ini biasanya menumpuk di bagian ruang bakar mesin.

Kerak karbon ini muncul karena penggunaan bahan bakar yang berkalitas buruk dan juga tidak sesuai dengan spesifikasi mesin motor. Untuk mengatasinya sendiri, agan bisa melakukannya dengan beberapa hal. Dimulai dengan membersihkan kerak karbon pada bagian ruang pembakaran dan juga head, serta piston motor agan menggunakan pertamax, ataupun carb cleaner setiap melakukan servis rutin.

Cara lain untuk membersihkan kerak juga adalah menggunakan pertamax atau bahan bakar beroktan 92. Dan, jangan lupa mengganti jenis bahan bakar sesuai spesifikasi motor. Usahakan sebelum agan membeli dan menggunakan motor tanya apa bahan bakar yang sesuai dengan motor yang ingin beli.




4. Suhu mesin kurang dari suhu kerja


Salah satu penyebab bensin motor sering boros adalah suhu mesin. Mengapa demikian? Saat suhu mesin bensin akan mudah bercampur dengan udara yang masuk tapi jika mesin rendah, maka bensin akan mengendap ke dinding intake manifolfd karena suhu diluar cenderung lebih besar.

Ini yang menyebabkan campuran yang lebih miskin, sehingga power yang dihasilkan juga rendah. Efeknya membuat agan harus sering menarik gas dan menghabiskan banyak bahan bakar.Apalagi, pendingin pada motor otomatis bekerja ketika mesin hidup meski suhunya masih dingin. 

Oleh sebab itu dengan kapasitas sama, motor matic lebih boros dari pada motor-motor bebek. Untuk memimalisir hal pemborosan bensin, memanaskan mesin motor sekitar 1 menit sebelum digunakan.




5. Tutup tangki tidak rapat


Hal yang satu ini juga jadi penyebab bensin motor agan boros. Bensin atau bahan bakar berminyak adalah cairan yang sangat mudah menguap, bahkan bensin bisa menguap pada suhu kamar kecil sekalipun kecuali berada pada tempat yang tertutup rapat.

Hal ini seringkali terjadi pada tangki motor. Komponen yang satu ini bersifat tertutup rapat tapi ada mekanisme ventilasi untuk menetralkan tekanan didalam tanki. Bensin bisa saja keluar dari ventilasi ini apabila mekanisme katup ventilasinya rusak. Jika bensin seringkali keluar dari ventilasi, maka penggunaannya pun akan makin cepat boros.

Solusi untuk masalah yang satu ini gan, dimulai dengan mencari ujung dari ventilasi itu sendiri. Biasanya ujungnya mengarah ke dalam karbu dan jika agan menemukan ada bekas tetesan bensin yang lumayan banyak maka mekanisme katup ini rusak, berarti agan harus segera menggantinya.





Nah, itu dia penyebab bensin motor sering boros dan cara ngatasinnya. Kalo dari agan sendiri, tahu penyebab lain dan cara ngatasin agar bensin motor gak jadi boros? Boleh banget nih, share pengalamannya di komentar!


0
40.8K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan