.goonersAvatar border
TS
.gooners
FESTIVAL SETSUBUN di Jepang, Adakah Korelasi Antara Pengusiran Arwah dan Kacang?.
WELCOME TO MY THREAD


Prologue:
Mumpung masih di bulan Februari niy gan, ane mau share pengalaman ane berkunjung ke Festival Setsubun 2018 yang ada di salah satu Temple dekat kosan ane. Sebelumnya, ane mau jelasin dulu apa itu Setsubun, check it out!.


SETSUBUN
Setsubun (節分?, pembagian musim) adalah nama perayaan sekaligus istilah yang digunakan di Jepang untuk hari sebelum hari pertama setiap musim. Dalam satu tahun terdapat 4 kali hari pertama setiap musim: risshun, rikka, rishū, dan rittō. Istilah "setsubun" sekarang hanya digunakan untuk menyebut hari sebelum risshun (hari pertama musim semi) sekitar tanggal 3 Februari, sedangkan hari-hari setsubun yang lain sudah terlupakan.Nah, 3 Februari 2018, jatuh pada hari Sabtu, ane ama temen-temen menyempatkan event ini untuk refreshing gan.


Ok, selanjutnya, ikutin ane nyok on the way ke TKP! emoticon-Ngacir2


Quote:


Suasana on the way ane ke Lokasi niy gan, lumayan asri dan menyejukan mata tanpa macet dan kumuh, hehe. Maaf kalo angle Pict. ane rada ga fokus, kamera di hape ga bisa di silent, jadi cenderung candid gitu.

Spoiler for Sepanjang Jalan ke Kuil:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Acara Puncak
Sebenarnya ini acara ada 2 sesi ibadah gan, jam 13:00 JST ama jam 15:00 JST, kebetulan karena crowded banget pas sesi #1, demi kontribusi di kaskus, ane ikut yang sesi #2 (nunggu 2 jam). hehe. cekidot!


Sedikit inpoh soal tradisi/acara puncak Setsubun niy gan, jadi;
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:




Makan Sushi (Lenjer Version)
Ane ga ikut gan pas prosesi ini, ane malah makan sate-satean, ane ilustrasi dari video lain aja yak.

Ane tinggal di Daerah (pulau bagian) Kansai gan. Nah, di daerah Kansai terdapat tradisi makan sushi yang disebut ehōmaki(sejenis lemper). Sushi dimakan tanpa berhenti sambil menghadap ke arah mata angin tempat bersemayam dewa keberuntungan untuk tahun tersebut. Sushi dipegang dengan kedua belah tangan dan orang yang sedang makan dilarang berbicara sampai sushi habis dimakan.


Spoiler for Prosesi #6:


Konon Katanya
Pedagang di kota Osaka yang ingin bisnisnya lancar konon memiliki tradisi makan sushi di hari setsubun. Kebiasaan ini konon sudah dimulai di akhir zaman Edo atau awal zaman Meiji. Di awal zaman Showa, iklan tradisi memakan sushi di hari setsubun (marukaburi zushi) mulai dipasang pedagang sushi di Osaka agar orang mau membeli sushi.


Seusai Perang Dunia II, tradisi makan sushi di hari setsubun sempat terhenti hingga tahun 1974. Pada tahun itu, pedagang nori di kota Osaka mengadakan lomba makan norimaki secepat-cepatnya. Pada tahun 1977, asosiasi pedagang nori Osaka kembali menghidupkan tradisi memakan sushi di hari setsubun dengan mengadakan acara promosi penjualan nori.


Demikian pengalaman ane, Semoga agan/sist diberi kesempatan untuk mampir ke event-event sejenis dikemudian hari.

Terima kasih sudah mampir ke Thread ane, sampai jumpa di thread ane lainnya, Sayonara!.


emoticon-Rate 5 StarBILA BERKENAN, MOHON RATE, CENDOL & KOMEN JUGA GAN/SIST emoticon-Toast


ARIGATOU GOZAIMASU

emoticon-Travelleremoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller


Quote:







0
6.2K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan