Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

annisaputrieAvatar border
TS
annisaputrie
[Korupsi eKTP] SBY: Tuduhan Novanto ke Ibas Ganjil dan Menggelikan..
SBY: Tuduhan Novanto ke Ibas Ganjil dan Menggelikan..
ESTU SURYOWATI
Kompas.com - 06/02/2018, 17:41 WIB

[Korupsi eKTP] SBY: Tuduhan Novanto ke Ibas Ganjil dan Menggelikan..
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat jumpa pers di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Selasa (6/2/2018).(ESTU SURYOWATI/KOMPAS.com)

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) mengatakan, tuduhan mantan Ketua Umum GolkarSetya Novanto terhadap putra bungsunya Edhie Baskoro Yudhoyono ( Ibas) ganjil dan menggelikan. SBY melihat tuduhan Novanto terhadap Ibas hanyalah sebuah permainan dan pihak manapun bisa melihat hal itu.


"Bagaimana dengan tuduhan terhadap EBY yang secara ganjil menggelikan ditunjukkan dalam catatan seorang Setya Novanto? Mungkin secara tidak langsung maunya enggak (bermaksud) saya. Tetapi siapapun dengan mudah (menilai) itu sebuah permainan," kata SBY di Jakarta, Selasa (6/2/2018).


SBY menyampaikan, aneh jika Setya Novanto memamerkan buku catatannya. Lebih disayangkan lagi, apa yang dipamerkan mantan Ketua DPR-RI tersebut langsung disebarkan luaskan oleh media massa dan menjadi bahan pergunjingan publik. SBY pun mengatakan, Ibas akan menggunakan sendiri hak hukumnya untuk tindakan Novanto tersebut.


"Dia juga warga negara. Sudah terlalu banyak fitnah yang dialami. Mari kita berikan jalan juga bagi seorang Edhie Baskoro Yudhoyono untuk mendapatkan keadilannya," pungkas SBY.
 
Tentang nama Ibas
Setya Novanto selalu membawa buku hitamnya saat persidangan. Kepada media, Novanto menyebutkan ada catatan terkait proyek e-KTPdalam buku itu. Seperti dikutip dari Tribunnews.com, pada persidangan Senin (5/2/2018), terlihat di buku tersebut ada sebuah kalimat menonjol, yakni "Justice Collabolator", yang ditulis dengan tinta hitam dan disertai tiga tanda seru.


Selain kata "Justice Collabolator", ada juga tulisan "Nazaruddin" dengan garis ke bawah, USD 500.000. Kata lainnya adalah "Ibas" dan "Ketua Fraksi". Ditanya lebih lanjut soal apakah Ibas yang dimaksud adalah Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono?
Setya Novanto menjawab "No comment."

Ditanya soal apakah pihaknya juga akan meminta agar Puan Maharani, yang saat proyek e-KTP bergulir masih menjabat sebagai ketua Fraksi PDI Perjuangan, untuk dihadirkan di persidangan, jawaban Setya Novanto sama.
"No comment lah," ujarnya.


Setelah tersorot media soal catatan tangan di buku hitamnya, Setya Novanto menyembunyikan catatan tersebut. Dia bahkan tidak lagi menulis di buku catatan tersebut, melainkan menulis di lembaran kertas.
Mantan Ketua DPR ini mengakui dirinya trauma karena tulisan tangannya kembali terungkap di media.
 
Black Box
Pengacara Setya Novanto, Firman Wijaya, menyamakan buku hitam yang selalu dibawa kliennya itu layaknya sebuah kotak hitam (black box) pada pesawat. Firman meyakini, buku hitam yang mirip buku agenda tahun terbaru itu berisi catatan penting terkait kasus korupsi dalam pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP).


"Buku yang digunakan itu saya menyebutnya kalau pesawat itu jatuh, itu pasti black box harus dicari," ujar Firman seusai mendampingi Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (5/2/2018). Firman tidak mengetahui alasan mantan Ketua DPR RI itu memilih buku berwarna hitam. Begitupun dengan isi yang ada di dalamnya. Meski demikian, menurut Firman, tulisan tangan Novanto di dalam buku hitam itu patut diduga sebagai catatan penting. Ia menduga ada hal-hal yang ingin diungkap Novanto dalam persidangan.


Saat ditanya kaitan buku hitam dengan pengungkapan pelaku lain, Firman mengatakan, hal itu masih terus dimatangkan oleh Novanto dan kuasa hukum. Menurut dia, pada waktunya hal itu akan diungkap oleh Novanto.
"Beliau mengambil buku yang berwarna hitam. Ya saya tidak tahu kenapa pilihannya itu. Tapi di dalam kamus hukum ada yang namanya black law dictionary. Bisa saja ini kamus yang Beliau ingin sebutkan dikasus e-KTP," kata Firman.

http://nasional.kompas.com/read/2018/02/06/17411221/sby-tuduhan-novanto-ke-ibas-ganjil-dan-menggelikan

Setnov Tunggu Perkembangan untuk Bongkar Nama Ibas                  di Kasus E-KTP

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 12:09 WIB


[Korupsi eKTP] SBY: Tuduhan Novanto ke Ibas Ganjil dan Menggelikan..




JAKARTA - Terdakwa perkara dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP, Setya Novanto (Setnov) mengaku masih menunggu perkembangan persidangan untuk membuka adanya dugaan nama Ibas dalam perkara korupsi e-KTP.
"Ya nantilah lihat perkembangan (persidangan) nanti," kata Setnov sebelum menjalani‎ idang lanjutan perkara dugaan proyek e-KTP sebagai terdakwa di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2018).

Mantan Ketua DPR RI tersebut beberapa waktu belakangan ini memang kerap membawa buku berwarna hitam setiap menghadiri persidangan. Buku hitam itu selalu didalam dekapannya dan baru dibuka saat proses persidangan berlangsung.


Setnov sering menuliskan beberapa catatan-catatan yang menurutnya penting, saat sejumlah saksi memberikan keterangan di persidangan. Tak ayal, dalam buku hitamnya Setnov juga diduga dituliskan sejumlah nama pihak yang kecipratan uang panas e-KTP.


Belakangan, diketahui terdapat nama anak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edi Baskoro Yudhoyono (Ibas), dan anak Megawati Soekarno Putri, Puan Maharani dalam buku hitam Setnov. Namun, Setnov masih merahasiakan isi sebenar-benarnya dalam bukunya itu.


KPK sendiri telah meminta agar Setnov mau membongkar rahasia di dalam buku hitamnya itu. ‎Namun, KPK meminta agar buku hitamnya itu dibuka saat proses persidangan berlangsung agar bisa dianalisis dengan bukti-bukti yang lain.


Setnov pun berencana akan mempertanyakan langsung pernyataan KPK tersebut ke Febri Diansyah selaku Juru Bicara KPK. "Yaudah nanti saya tanya Pak Febri dulu, nanti kita lihat deh," pungkasnya.
Diketahui, setnov sendiri memang sedang berupaya untuk mendapatkan status Justice Collaborator (JC) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Salah satu persyaratan untuk mendapatkan JC tersebut, Setnov harus mampu mengungkap keterlibatan pihak lain yang lebih besar di kasus ini.


Selain itu, Setnov haruslah bukan pelaku utama jika ingin mendapatkan JC di perkara dugaan korupsi proyek e-KTP.‎ Namun, hingga ini belum ada nama besar yang dibeberkan Setnov untuk mendapatkan JC itu. Sejauh ini, KPK masih mempertimbangkan permohonan JC yang diajukan oleh Setnov. ‎KPK masih menunggu perkembangan yang signifikan dari Setnov untuk mendapatkan status JC.

https://news.okezone.com/read/2018/02/15/337/1859945/setnov-tunggu-perkembangan-untuk-bongkar-nama-ibas-di-kasus-e-ktp

Nama Ibas di Buku Hitam Setya Novanto, 
KPK: Sampaikan di Persidangan


14 Feb 2018, 00:55 WIB
[Korupsi eKTP] SBY: Tuduhan Novanto ke Ibas Ganjil dan Menggelikan..



Tangan istri terdakwa dugaan korupsi pengadaan e-KTP Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Kamis (8/2). Sidang mendengar keterangan saksi, salah satunya Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)



Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak mau menanggapi lebih jauh soal buku catatan hitam milik terdakwa kasus dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto (Setnov). Dalam buku catatan yang sempat diperlihatkan Setnov sebelum menjalani sidang e-KTP tertulis nama Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin.



“Siapapun bisa punya buku, dan siapapun bisa menulis bukunya, tapi informasi itu baru berharga apabila itu disampaikan di proses persidangan atau dalam proses penyidikan,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2018).



Febri mengatakan, pihak lembaga antirasuah akan menelisik kebenaran keterlibatan Ibas dalam proyek yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun jika Setnov membongkarnya di hadapan hakim atau penyidik KPK.
“Jadi saya kira tidak perlu, jangan sampai kita terjebak dengan istilah buku hitam. Kalau itu hanya ditulis dalam buku tersebut tentunya itu tidak akan mempunyai kekuatan hukum, kecuali jika disampaikan pada penyidik dalam proses pemeriksaan misalnya, ataupun diproses persidangan,” kata dia.
 


Buku Hitam Setya Novanto

Terdakwa kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP Setya Novanto alias Setnov, menolak disebut menyeret nama Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas dalam pusaran korupsi pengadaan e-KTP. Awalnya, wartawan sempat bertanya kepada mantan Ketua DPR RI tersebut soal dirinya yang sengaja memperlihatkan catatan dalam buku hitam. Dalam catatan tersebut tertulis nama Muhammad Nazaruddin dan Ibas.

"Kamu kali yang ngomong (Ibas diduga terlibat)," ujar Setya Novanto sebelum menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (8/2/2018). Dalam sidang e-KTP pada Senin, 5 Februari 2018, Setnov sempat membuka buku catatan yang tertulis nama Nazaruddin dan Ibas. Namun, setelah awak media melihat, mantan Ketua Umum Partai Golkar langsung menutupnya.

Saat kembali didesak soal peran Ibas, Setya Novanto tak mau menjelaskan lebih jauh. "Tanya sama Pak Nazaruddin dong," kata dia. Penasihat hukum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Ferdinand Hutahahean menganggap terlalu jauh jika mengaitkan proyek e-KTP Ibas.


“Kita mengaitkan Ibas di proyek e-KTP ini agak janggal, karena dari banyak saksi yang diperiksa, nama Ibas kan tidak pernah ada disebut. Memang kita mengakui ada beberapa nama dari Fraksi Demokrat dulu, tetapi nama Ibas enggak ada karena pada saat itu Ibas tidak ada di komisi II,” kata dia.


"Ibas waktu itu bukan di komisi II, jadi yang ditulis itu omong kosong saja dan itu bukan Mas Ibas,” imbuh Ferdinand.

http://news.liputan6.com/read/3284743/nama-ibas-di-buku-hitam-setya-novanto-kpk-sampaikan-di-persidangan

---------------------------------

Like father, like son ....

[Korupsi eKTP] SBY: Tuduhan Novanto ke Ibas Ganjil dan Menggelikan..
0
3.4K
37
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan