carrpiratesAvatar border
TS
carrpirates
Terima kasih kepada penemu pelepas paten.
Halo agan dan sista. Tidak bisa dipungkiri kalau penemuan - penemuan di bidang teknologi memberikan kemudahan dalam kehidupan manusia. Para penemu itu bisa saja menjadi kaya raya dengan cara mematenkan penemuan mereka. Tetepi mereka para penemu yang tulus demi kehidupan manusia sengaja melepas paten penemuannya agar bisa dinikmati oleh lebih banyak orang. Thread ini ane buat untuk ucapan terima kasih kepada mereka.



Spoiler for Alhamdulillah HT:


1. Sir Tim Berners-Lee - World Wide Web

Spoiler for Foto doi:


Sir Tim Bernes-Lee merupakan penemu adalah penemu kelahiran London, Inggris 8 Juni 1955. Dia adalah penemu World Wide Webatau yang disingkat WWW pada tahun 1991. WWW sendiri adalah salah satu komponen penting untuk perkembangan internet sebagai ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global. Dia tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Masih banyak orang yang belum menyadari kekuatan penemuan pria ini. Dia memutuskan tidak mematenkan penemuannya agar bisa digunakan secara bebas.

2. John Walker - Korek api

Spoiler for Foto doi:


Hal kecil semacam korek api ternyata bisa saja membawa kekayaan bagi seseorag. John Walker, seorang kimiawan Inggris berhasil menemukan korek api gesek secara tidak sengaja saat mencampurkan potasdan antimon. Dia menolak mempatenkan penemuannya dan sebaliknya memilih untuk melanjutkan kajian ilmiahnya. Dia juga tidak memberikan komposisi pasti korek api ciptaannya.

3. Volvo - Three point seatbelt

Spoiler for Volvo:


Volvo adalah salah satu perusahaan kendaraan asal Swedia yang dibentuk pada tahun 1927. Nils Bohlin, seorang insiyur yang bekerja untuk Volvo menemukan sabuk pengaman tiga titik pada tahun 1959. Sabuk pengaman tersebut sampai saat ini masih diadopsi oleh berbagai macam mobil. Bayangkan saja berapa banyak yang didapatkan kalau Volvo memutuskan untuk membuat paten atas penemuan tersebut. Volvo sebagai perusahaan memutuskan untuk tidak mematenkan penemuan tersebut. Volvo menyatakan kalau penemuan ini terlalu penting untuk dimiliki sendiri.

UPDATE


4. Tesla - Semua paten

Spoiler for Tesla Motors:


Perusahaan Tesla milik babang Elon Musk akhirnya melepas semua hak paten nya seperti postingan mereka pada tanggal 12 Juni 2014 (baca). Mereka berpikiri kalau dengan mematenkan teknologi yang mereka miliki, mereka telah melakukan hal yang berkebalikan dengan tujuan mereka. Tesla motor sendiri bertujuan untuk mempercepat kemunculan transportasi berkelanjutan.

5. Jonas Salk - Vaksin Polio

Quote:


Spoiler for Foto doi:


Jona Salk adalah ilmuwan bekebangsaan Amerika. Dia adalah penemu vaksin polio dimana saat itu polio menjadi wabah yang menakutkan di Amerika pasca perang. Pada 1947, Salk menerima perjanjian dengan Sekolah Medis Universitas Pittsburgh. Sembari bekerja di sana, dengan National Foundation for Infantile Paralysis yang kini menjadi March of Dimes, Salk melihat peluang untuk mengembangkan vaksin yang mampu melawan polio, dan memastikan dirinya untuk melakukan pekerjaan ini delapan tahun kemudian. Dia kemudian menunjukkan rasa cinta kasihnya kepada masyarakat dengan menolak untuk mematenkan vaksin semata-mata demi keuntungan pribadinya, sebab dia berharap untuk melihat vaksin ini dapat diperbanyak secepat, seluas, dan sebanyak mungkin dan proses pematenan hanyalah akan menunda percepatan ini.


Segitu dulu ya agan dan sista sekalian yang baik hati. Kalau agan dan sista punya pendapat lain silahkan beri ane masukan lewat kolom komentar. Terima kasih pada mereka yang merelakan kerja kerasnya untuk kepentingan orang lain.

Ane gak menolak emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh carrpirates 12-02-2018 12:36
0
16.6K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan