sambuzhAvatar border
TS
sambuzh
NOSTALGIA MAGIC THE GATHERING KUY! (NEW OR RETURNING CASUAL PLAYER)


Permisi gan masih inget Magic The GatheringTrading Card Game?

Buat yg belom tau soal Magic The Gathering, ini adalah Trading Card Game PERTAMA dan TERTUA yg diciptakan oleh perusahaan Wizards of the Coast pada tahun 1993. memiliki player terbanyak diseluruh dunia dari anak muda sampai orang dewasa tercatat pd tahun 2015 sebanyak 20.000.000 player MTG (singkatan dr Magic The Gathering) yg tersebar dr seluruh dunia.
Setiap tahun nya diselenggarakan Magic The Gathering Pro Tour, MTG Grand Prix. bahkan setiap hari Jumat Malam di beberapa lokal game/card shop diseluruh dunia diselenggarakan Friday Night Magic dengan format Booster Draft. MTG sendiri juga terkenal dengan Art yg sangat indah menghiasi setiap kartu-kartunya. tidak seperti Pokemon dan Yugioh yg sangat terlihat kartun dan kekanak-kanakan. bahkan Pokemon dan Yugioh pun menggunakan basic permainan dari MTG ini sendiri, secara MTG adalah Trading Card Game pertama dan tertua didunia. orang yg menciptakan Magic The Gathering bernama Richard Garfield. saking legendnya ini orang sampai dibikin kartunya di set Magic The Gathering Unhinged (dimana set Unhinged dan Unglued adalah set kartu-kartu yg dibuat untuk totally fun and jokes gameplay dan tidak diperbolehkan untuk dipakai pada tournament official MTG)



Konsep dari MTG sendiri dapat dijelaskan dengan kalimat berikut,
Setiap permainan mewakili pertarungan antara player sebagai penyihir yang dikenal sebagai "Planeswalker", yang menggunakan spells, artifacts, dan creatures yang digambarkan pada setiap kartu Magic untuk mengalahkan lawan mereka.

berikut sedikit banyak preview dr kartu-kartu dr MTG, siapa tau bisa mengobati kerinduan agan-agan yg dulu pernah main


Booster Pack



5 warna yg menjadi simbol energy 'mana' pada MTG


Spoiler for Land Cards sebagai UANG di game:


Spoiler for Planeswalker Card:


Spoiler for Creature Card:


Spoiler for Sorcery Cards:


Spoiler for Instant Cards:


Spoiler for Artifact Cards:


Spoiler for Enchantment Cards:


Spoiler for Token Cards:


Buat yg returning player, ini ada artifact tipe baru semenjak set Kaladesh akhir tahun 2016 kemarin

Spoiler for Artifact Vehicle:


beberapa preview kartu dari set Unhinged dan Unglued yg lucu-lucu
Spoiler for Unhinged / Unglued:


untuk mengerti apa aja sih bagian2 dr sebuah kartu magic, berikut penjelasan singkatnya


Keliatannya seperti permainan anak kecil ya.. eits tunggu dulu.. permainan ini tidak semudah yg agan-agan kira.. bahkan menurut saya anak kecil akan kesulitan untuk memahami permainan ini terutama yg kurang lancar berbahasa inggris. karena ini permainan yg sangat amat kompleks. dan bahkan beberapa kartu bisa menjadi investasi dibeberapa tahun kedepan, tidak ada yg menyangka sebuah kartu magic bisa seharga $20000. magic bukan?
cekidot link berikut jika tidak percaya >> BLACK LOTUS $20000

Deck dari Magic The Gathering sendiri dapat dibuat berdasarkan beberapa format yang sudah ditentukan oleh Wizard of the Coast sebagai perusahaan yang menciptakan game legendaris ini, apa saja sih format yg ada dan apa sih yg dimaksud dengan format?
Official formats
>Standard
>Modern
>Legacy
>Vintage
>Commander
>Block Constructed
>Sealed Deck
>Booster Draft
>Cube Draft
>Dll masih banyak lagi..
yang paling sering digunakan adalah format Standard atau jaman saya dulu main sebelum hiatus standard format juga disebut sebagai format Type 2. Expansion Set dan Block apa aja sih yg masuk kedalam format standard?
Spoiler for Standard Format:


Spoiler for MODERN FORMAT:

saya akan menjelaskan format lainnya dikesempatan lain waktu emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Bagaimana cara saya untuk memulai main MTG?
- Modal pengetahuan bahasa inggris yg cukup untuk mengerti tulisan pd kartu.
- Tentu saja siapkan uang untuk membeli pre-constucted deck yg sudah siap main. jika anda belum pernah main MTG sama sekali.
- Jika anda adalah returning player, pilihannya adalah membeli booster pack/box atau single cards dr toko online maupun lokal game store. karena pre-constructed deck akan membuat anda merasa decknya kurang asik, tapi itu pilihan anda.
- untuk pre-constructed deck Wizards of the Coast sudah menyediakan banyak pilihan antara lain (silahkan di google / dicek di toko online) Planeswalker Deck, Intro Pack, Duel Decks, atau deck builders toolkit. produk tersebut adalah produk siap main.
- Hindari untuk membeli product2 berikut : Planechase Anthology, Nicol Bolas Archenemy, dan Commander Deck dikarenakan 3 produk ini memiliki format dan tipe permainan yg sangat berbeda dr MTG normal.
- Hindari juga membeli Booster Pack, Bundle Pack, dan Pre-release pack jika anda belum memiliki deck sama sekali, dikarenakan akan sangat sulit untuk merancang sebuah deck dari produk2 diatas.
- jika sudah memiliki deck, sangat dianjurkan untuk membeli sleeve card nya, tapi ga harus kok.biasanya merek UltraPro.
- untuk cara mainnya? banyak tutorial di youtube gan.
- untuk mengetahui lebih dalam tentang skill2nya? di youtube juga ada gan, tapi andalan gw sih search aja 'Judge's Corner MTG' di youtube.

intinya sih gan,
Saya sendiri adalah returning player, dulu main tahun 2008-2010, dan skrg lg main lagi gan, deck saya juga deck jadul belom format standard, lg nyicil sedikit2 menuju standard. dan saya lg nyari temen main Magic the gathering disekitaran Depok - Jakarta Selatan nih.. mau ngajak main di sekitaran Cinere - Pondok indah/Pondok Indah Mall, kali aja mau sekalian beli booster pack di toys city PIM 1 ada jual booster set-set terbaru, dikarenakan lebih banyak pemain mtg berbase camp di Jakarta Barat-Jakarta Timur, makanya saya ingin buat playgroup basis jaksel nih. saya main santai aja kok, ga perlu pake format standard, totally just for fun bahkan kalau agan mau pake kartu proxy juga saya ayo aja, selama jangan 100% proxy aja.. hehehe.. yg berniat main bareng boleh add LINE saya dengan IDnya sama kaya ID kaskus saya atau reply di thread ini, nanti kita tinggal atur jadwal ketemuan aja..

Thanks gan emoticon-Big Grin

Quote:
Diubah oleh sambuzh 28-06-2019 03:33
jekpayy
tata604
tata604 dan jekpayy memberi reputasi
2
12.8K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan