gw.mukidiAvatar border
TS
gw.mukidi
Anies Pakai Istilah Baru: 'Naturalisasi' Bukan 'Normalisasi' Sungai
proyekan triliunan mengganti dinding alami, menjadikan sungai sebagai saluran limbah, dan idup mahal karena tergantung pompa
menggantikan bioenginering, yg alami, yg memperlambat aliran, membantu menyerapkan air ke bumi/cadangan, menyaring polutan dan menjernihkan air, menghasilkan o2, interaksi dgn alam/rekreasi, dll


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih enggan mengungkapkan kebijakannya dalam mengurangi banjir di Ibu Kota.
Ketika ditanya apakah akan melanjutkan program normalisasi untuk meminimalisasi banjir, Anies menyebut naturalisasi.

"Salah satunya (solusi) ada soal naturalisasi sungai. Bagaimana sungai itu bisa mengelola air dengan baik, bagaimana mengamankan air tidak melimpah, tapi juga ekosistem sungai dipertahankan," kata Anies di Jakarta Utara, Rabu (7/2/2018).


Terkait pro-kontra normalisasi dengan membeton sungai, Anies mengatakan enggan bicara soal solusi besar dulu. Ia mengatakan, saat ini masih berfokus menangani warga yang kebanjiran dulu.

"Enggak mau, nanti. Sampai situ dulu. Saya enggak mau berkontroversi dululah hari ini. Kita beresin dulu soal pengungsinya," ujar Anies.
Normalisasi Sungai Ciliwung dimulai pada era Gubernur Joko Widodo. Banjir besar pada 2012 membuat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama Pemprov DKI menormalisasi sungai tersebut.

Proyek normalisasi terbentang dari jembatan Jalan TB Simatupang hingga Pintu Air Manggarai yang diduduki warga dengan membangun banyak permukiman.
Hingga 2017, titik yang baru dikerjakan yakni Kampung Pulo, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Cawang Pulo

http://www.tribunnews.com/metropolit...gai-di-jakarta

naturalisasi sungai sbetulnya ide progresif yg jadi paradigma kota2 dunia
sayang pengetahuan nastak yg bagai katak dalam tempurung, bikin mereka tertawa yg gak mereka tau, bangga dan menertawakan kebodohannya
0
17.9K
220
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan