idjoAvatar border
TS
idjo
Tertarik Bekerja di Bidang Entrepreneur e-Sport? Pekerjaan Menjanjikan Lho...
Beberapa tahun lalu (mungkin sekarang juga masih ada sih), banyak yang nyinyir sama kita-kita yang tiap hari kerjaannya main game mulu. Tapi ga nyangka yah gan, kalau sekarang ini gamers berevolusi dengan bisa menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan. Sepertinya udah bukan rahasia lagi deh, di dunia dan di Indonesia pun khususnya udah berderet gamers yang sukses dengan dapetin doku alias duit dari menggeluti sesuatu yang mungkin awalnya cuma sekedar hobi. Agan bisa browsing deh di mbah google, banyak gamers yang bisa mendulang kesuksesan dari menekuni hobinya main game. Mungkin dari agan sista di mari ada yang nanya, e-sport itu apa sih? Secara mungkin nih kata lagi heboh-hebohnya jadi bahan pembicaraan.


Nah, kalau dari penalaran ane sih gan, e-Sport adalah kepanjangan electronic sport, merupakan bidang olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif utama. Sebenarnya secara historisnya, e-Sport sendiri udah ada bahkan sebelum internet lahir, namun masih menggunakan metode penilaian skor tertinggi (highscore). Hingga akhirnya sekarang olahraga ini berjalan berbantukan koneksi Internet. Kalau mungkin dulunya nge-game hanya di depan PC, sejalan dengan perkembangan jaman pun akhirnya game juga membidik pengguna ponsel yang tiap hari makin membludak. Makanya jangan heran kalau industri e-Sport sekarang ini jadi salah satu industri yang seksi dan tumbuh berkembang pesat.

Suburnya pertumbuhan pasar e-Sport ini pun ga cuma neyenengin yang punya game dong, tapi kita-kita yang tiap hari demen ngabisin waktu mainin game pun bisa ikut ngerasain enaknya gan! Pasalnya nih gan, dari tumbuh kembangnya e-Sport pun memungkinkan kita bisa secara penuh menggeluti dengan jadi entrepreneur e-Sport. Pekerjaan yang enak itu tentu pekerjaan yang kita jalani sebagai hobi bukan? Nah, berikut job yang bisa kalian geluti di bidang entrepreneur e-Sport.

Manager Tim e-Sport

Kalau agan ngerasa kurang jago dalam hal teknis memainkan sebuah game e-Sport, bukan berarti agan ga bisa terjun bekerja menjadi entreprenuer e-Sport. Kalau memang agan punya skil management yang baik, ga ada salahnya agan menjadi manager dari sebuah Team. Karena faktanya, makin banyak perlombaan dan makin melambung nama sebuah team maka pastinya tim tersebut akan butuh sebuah manager yang berfungsi mengatur segala sesuatu urusan tim. Belum lagi kalau ada brand yang mau endorse tim, secara otomatis akan butuh peran manager dalam mengatur segala sesuatunya, mulai dari pembagian hak dan kewajiban yang akan diperoleh masing-masing anggota tim. Untuk jadi manager sebuah tim e-Sport, tentu saja agan kudu paham banget dengan seluk beluk game tersebut dan pastinya harus pintar dalam me-manage segala sesuatu berjalan dengan lancar.

Community Manager

Dari laporan dari SuperData eSport menghasilkan US$1,5 miliar pada tahun 2017, pendapatan eSport global diprediksi akan tumbuh 26% pada 2020 dengan bakal bisa menarik lebih banyak lagi penonton. Ini dia nih gan peluang lagi buat agan sista yang mau jadi entrepreneur e-Sport, menjabat community manager jadi salah satu yang bisa agan gelutih. Secara nih gan, memasarkan produk di jaman now sudah banyak di tempuh dengan cara gerilya ke komunitas -komunitas. Buktinya game-game ini pun besar dari komunitas ke komunitas, makanya publisher ataupun developer game pun akan membutuhkan seseorang yang mampu me-maintain segala komunitas yang ada. Kalau agan orangnya yang suka kumpul-kumpul, suka bersosialiasi, dan lebih seneng kopdar, maka agan sista orang yang tepat buat jadi Community Manager dengan bekerja di publisher atau developer game. Yang pasti juga minimal tau nge-game lah gan..

Jadi Pemain (Player)

Pertumbuhan e-Sport makin cetar membahana, ini dibuktikan dengan salah satunya makin banyaknya kompetisi e-Sport, baik yang besar ataupun kompetisi kecil sebagai wadah buat para player mengasah kemampuannya secara tim. Menjadi Player merupakan salah satu pekerjaan di entrepreneur e-Sport yang bisa digeluti oleh agan sista yang hobi game. Apalagi sekarang ini banyak kompetisi eSport yang menawarkan hadiah yang fantastis. Syaratnya rajin latihan aja gan, banyakin battle bareng temen satu group yang akhirnya membuat kita nemuin satu chemistry, dan pastinya kudu siapin koneksi internet yang oke. Kalau maininnya dari Handphone, pastikan gunakan Internet 4G dan ga berat di kantong kalo beli paket datanya.

Siapa bilang nge-game ga menghasilkan, buktinya sederet pekerjaan di atas bisa agan sista ambil bagi yang kepingin menekuni jadi entrepreneur e-Sport. Mulai sekarang rajin-rajin deh nge-Game, bebaskan diri agan nge-Game tanpa ada hambatan apapun! Kalau terkendala urusan Internet handphone yang lelet, coba dulu BRONET 4G OWSEMyang cocok banget buat agan penggila gaming mobile biar nge-gamenya makin awesome tapi dompet ga mlempem!

Kalau ada yang mau share pekerjaan menjanjikan di dunia gaming, boleh deh gan share di sini. Komentar terindah akan ane angkut ke Pejwan.

Diubah oleh idjo 01-02-2018 09:39
0
22K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan