fauzulfaqihAvatar border
TS
fauzulfaqih
5 Kopi Yang Harus Dicoba di Tahun 2018


Di awal tahun 2018 ini banyak kopi Indonesia baru yang mulai menunjukan eksistensi nya dari berbagai penjuru pulau, dengan berbagai varietas dan rasa yang baru mungkin ini salah satu kopi yang sedang agan cari. Berikut beberapa kopi yang harus agan coba di tahun 2018 ini


Gunung Karang, Banten. Jawa Barat.
Sebenarnya kopi banten ini sudah marak di kalangan orang jawa barat sejak 2010 namun karena tangan pengolahan yang terbatas membuat sumber daya disana kurang maksimal untuk dimanfaatkan, kopi yang tepatnya ada di Gunung Karang ini cenderung disukai oleh mereka yang menyukai tipikal biji kopi yang gelap dan ber Body namun semua tergantung dari lingkungan pohon kopi yang di panen dan bagaimana profil roasting nya.

Batak Tolu, Simalungun. Sumatra Barat.
Kopi batak tolu sendiri memiliki berbagai varietas yang berbeda beda, berdekatan dengan Sidikalang kopi ini pun banyak menjadi kebutuhan bagi masyarakat sekitar nya. Kopi ini sudah ramai diperbincangkan sejak 2013 mengingat saat itu pertumbuhan penikmat kopi mulai marak peminat nya disana.

Sunda Aromanis, Bandung. Jawa Barat.
Mungkin bagi beberapa agan agan disini sudah mengenal ketenaran kopi ini namun pada tahun 2015 lalu kopi ini baru diketahui dan digandrungi oleh penikmat kopi di Jakarta. Dari nama nya kopi ini memang memiliki karakter yang kuat sampai bias disebut aromanis, Kopi ini pun pernah menjadi tuan rumah besar di event kopi yang diselenggarakan di Bandung.

Kaliau, Sambas. Kalimantan Barat.
Di Kalimantan barat, kopi ini menjadi perburuan yang sangat dicari di tanah kabupaten sambas dikarenakan memiliki aroma yang khas dan rasa yang beragam, namun dengan terbatas nya akses para petani untuk merawat perkebunan mereka disana karena banyak nya tanah yang dijadikan Sawit dan berbagai macam nya menjadikan kopi ini kurang dilihat oleh penikmat kopi di Indonesia.

Dogiyai, Kabupaten Nabire. Papua Barat.
Berdekatan dengan gunung gunung tingi di sekitar nya, kopi Dogiyai menjadi kopi yang sangat dicari di tahun 2017 lalu. Kopi dengan aroma coklat dan kacang yang kuat menjadikan kopi ini menjadi salah satu destinasi para penikmat kopi di Indonesia.

Sekian, semoga bermanfaat dan menjadi destinasi kopi tujuan untuk agan agan di tahun iniemoticon-I Love Indonesia (S)


0
13.6K
130
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan