Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rendyprasetyyoAvatar border
TS
rendyprasetyyo
7 Kata dan frase bersejarah yang terancam punah dizaman milenial.




Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :



Quote:


SELAMAT DATANG DI THREAD YANG LAMA HILANG!
emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah



Cerita dimulai ketika kamus perbahasa inggrisan pertama kali di perkenalkan penggunaannya. Menurut sejarah, kamus pertama yang dikenal dalam per-bahasa inggrisan dinamakan The Elementarie. Kamus ini terdiri dari 8.000 kata berbahasa inggris yang disusun oleh Richard Mulcaster dan terbit tahun 1582. Sebelum kamus ini digunakan, bahasa yang dipakai adalah bahasa latin. Dan sekarang, setiap tahunnya, ratusan kata dan ungkapan baru terus bermunculan. Contoh yang barubaru itu bisa kata "blogger", "bitcoin", bisa juga "twitter". Selain itu, beberapa kata juga mengalami pergeseran arti, contoh kata "streaming" yang sekarang artinya jauh banget dibandingkan dengan arti kata streaming 5 tahun yang lalu.

Ada yang datang dan ada yang pergi, ungkapan ini kayaknya familiar banget dikehidupan sehari-sehari. Dengan alasan munculnya beberapa kata dan frase baru tadi, kata dan frase lama terancam punah dan dilupakan penggunaannya oleh kita manusia karena satu dan lain hal. Apa aja kata-kata yang terancam punah penggunaannya yang gw maksud? cek dibawah yah. go!

Quote:




Mutt dan Jeff adalah komik strip yang terbit tahun 1907. Dibuat oleh Harry Conway "Bud" Fisher, yang memulai karir sebagai kartunis olahraga untuk San Francisco Chronicle, komik tersebut bercerita seputar karakter Augustus Mutt dan Jim Jeffries. Istilah "Mutt and Jeff" ini sebenernya mengacu pada dua orang yang sifatnya berlawanan, biasanya satu tinggi dan satu pendek atau satu berat dan satu kurus. Contoh istilah lain yang penerapannya sama adalah Abbott dan Costello,Yogi Bear dan Boo-Boo, dan Laurel dan Hardy. Dulu banget istilah ini populer dipakai untuk menjelaskan hubungan 2 orang teman yang sifatnya bertolak belakang. Sekarang?

Quote:




Selama perang dunia ke-2, ada sebuah simbol prajurit pengintip pagar yang dinamakan "killroy" yang populer dikalangan para prajurit yang sedang berperang. Killroy ini dikenal sebagai tentara pertama yang muncul disetiap peperangan, orang pertama yang mengangkat senjata, dan bisa juga dikenal sebagai orang pertama yang berlari ke garis musuh.

Asal usul nama killroy ini masih misteri. Dari semua opini yang beredar, opini yang paling masuk akal mengatakan kalau nama killroy berasal dari nama James J. Kilroy, seorang inspektur galangan kapal yang tugasnya memeriksa kapal perang yang baru dibangun. Sebagai tanda kapal sudah diperiksa, sebuah tanda tulisan "killroy was here" dibuat disetiap kapal. Para tentara yang kemudian diangkut oleh kapal perang melihat tanda ini dan mulai menyebarkannya. "Setelah itu, Tanda "killroy was here" mulai menyebar dan ditemukan pada bagian bawah Arc de Triomphe, tangan patung liberty, di tanah Bulan, dan di konferensi postdam. misterius? iya? tapi sekarang frase ini terancam terlupakan oleh perkembangan zaman.

Quote:




Dulu, kata "bedlam" digunakan untuk menandakan situasi yang benar-benar di luar kendali, kacau, dan katanya mungkin berbahaya. Kata ini berasal dari Rumah Sakit Bethlem Royal, salah satu rumah sakit jiwa paling terkenal di London yang dibangun tahun 1247 diatas sebuah bangunan sekolah yang sering mengalami banjir. Dikemudian hari, rumah sakit ini lebih familiar disebut dengan nama "Bedlam". Anehnya, rumah sakit ini tidak banyak merawat pasien dengan gangguan mental. Fungsi rumah sakit ini lebih dikenal sebagai wadah pengumpul uang sedekah untuk perang salib. Baru lah tahun 1377, rumah sakit ini benar benar dipakai untuk merawat pasien gangguan jiwa.

Awalnya pengelolaan rumah sakit dilakukan oleh pihak gereja, tetapi tahun 1600-an pihak gereja memberikan hak pengelolaan rumah sakit kepada pemerintah daerah. Setelah itu, rumah sakit ini dikabarkan melakukan teknik eksperimen berbahaya kepada pasien dalam melakukan perawatan. Pasien diikat, digantung dilangit-langit, diputar dalam lingkaran sampai muntah, dipukuli, kelaparan, diberi racun dan akhirnya banyak pasien yang tidak bisa bertahan hidup dan dikubur secara massal didekat areal rumah sakit. Sekarang rumah sakit ini masih berfungsi, tapi semua bentuk pengelolaan sudah dirombak dan benar-benar melayani pengobatan untuk pasien gangguan mental.

Quote:




Kata ini artinya mungkin lebih ke "tunggu sebentar lagi". Maksud penggunaannya secara langsung untuk menyiratkan kalau dalam waktu satu menit di kota New York itu banyak banget hal yang bisa terjadi. Katanya, host dan selebrity Johny Carson pernah mengeluarkan sarkasme bahwa yang dimaksud satu menit di new york adalah jeda waktu antara lampu lalu lintas berubah hijau dan munculnya klakson mobil dari arah belakang mobil kalian, cepet banget? iya.

Frase ini sudah digunakan sejak tahun 1967 di Texas. Awalnya kata ini digunakan oleh orang orang texas untuk sarkasme tentang apa yang bisa dilakukan orang-orang new york dalam sekejap tapi membutuhkan waktu satu menit untuk orang texas menyelesaikannya.

Quote:




Istilah ini populer dulu sebelum pakaian bisa dibeli di departemen store. Maksudnya Yard Goods ini adalah barang barang atau istilah untuk kain, plastik, dan bahan sejenis lain yang proses pembeliannya berlangsung di halaman rumah si penenun untuk selanjutnya dipakai dan dijadikan pakaian. Dulu katanya kostum halloween juga dibuat dengan metoda ini. tapi sejak toko kerajinan kain bersekala besar bermunculan, kepopuleran barang tenunan ini mulai meredup.

Quote:




Menurut beberapa gosip dibidang per-bahasa-an, kata "swell" terus mengalami pergeseran makna dari tahun ke tahun. Pada abad ke-18, swell diartikan sebagai sifat "sombong" dan kadang juga diartikan "memaksa". Pada abad ke-19, artinya bergeser dan digunakan sebagai kata sifat yang artinya berhubungan dengan kesempurnaan. Tapi akhir-akhir ini kata ini jarang dipakai kecuali untuk beberapa komen sarkastik, contohnya nih: “The washer is leaking? Oh, swell.”

Quote:




Kata Golly dulu diartikan sebagai ungkapan kaget atau "astaga". Dulu kata ini bergantian dipakai dengan 2 kata lain "gosh" dan "gee". Akhir tahun 1775, kata "gosh" dianggap sebagai eufemisme (eksperesi pengganti) untuk kata tuhan dan "gee" dianggap sebagai eufemisme untuk Yesus.

Zaman sekarang, kata "golly" diartikan sebagai ungkapan kaget yang intensitasnya ringan tanpa harus bersumpah serapah. Ungkapan ini mulai populer lagi tahun 1940an sampai 1970an. Popularitasnya semakin meningkat ketika tahun 1964 pembawa acara Jim Nabors sering menggunakan kata ini dalam acara The Andy Griffith Show.


Quote:


Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :







Diubah oleh rendyprasetyyo 06-06-2020 09:38
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
18.3K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan